5 Pemain Terakhir Ajax Amsterdam yang Dilepas ke Klub Bundesliga

Pemain Ajax memang dikenal bertalenta!

Bayern Munchen membuat manuver tak terduga dengan memboyong dua pemain Ajax dalam waktu yang nyaris berdekatan. Mereka adalah Noussair Mazraoui dan Ryan Gravenberch. Perekrutan kedua pemain tersebut tentu bakal menambah kekuatan Die Bayern.

Namun, di sisi sebaliknya, kepergian dua nama tersebut menambah deretan panjang pemain yang dilepas oleh Ajax ke Bundesliga. Nah, termasuk Mazraoui dan Gravenberch, berikut penulis sudah merangkum 5 pemain terakhir yang dilepas Ajax ke klub Bundesliga. Check this out!

1. Daley Sinkgraven

5 Pemain Terakhir Ajax Amsterdam yang Dilepas ke Klub BundesligaDaley Sinkgraven (twitter.com/bayer04_en)

Tak dapat jaminan tampil reguler di Ajax menjadi alasan kuat Daley Sinkgraven untuk hengkang. Ia memilih untuk mengakhiri kebersamaan dengan de Amsterdammers yang sudah terjalin selama 5 tahun (2014--2019). Usai bersama Ajax, Sinkgraven melanjutkan petualangannya dengan Bayer Leverkusen.

Proses transfer Sinkgraven hanya memakan biaya 5 juta euro atau sekitar Rp79 miliar. Meski cukup murah, nyatanya pemain asal Belanda itu dipercaya mengisi pos bek kiri Die Werkself. Sinkgraven sudah mengoleksi 86 penampilan bersama tim Bundesliga itu di semua ajang dengan koleksi 1 gol dan 11 assists.

2. Klaas-Jan Huntelaar

5 Pemain Terakhir Ajax Amsterdam yang Dilepas ke Klub BundesligaKlaas-Jan Huntelaar (skysports.com)

Klaas-Jan Huntelaar kembali merapat ke Schalke 04. Ia pindah secara gratis pada musim dingin 2021 setelah kontraknya habis bersama Ajax.

Hanya saja, Huntelaar tak mampu menyelamatkan tim yang pernah membesarkan namanya tersebut. Ia membela Schalke 04 selama setengah musim saja.

Datang di usia 37 tahun, Huntelaar tampil 9 kali dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist. Pemain berpaspor Belanda itu gagal menyelamatkan Schalke 04 yang harus terdegradasi dari Bundesliga setelah sekian lama. Usai kenyataan pahit itu, Huntelaar memilih untuk gantung sepatu sebagai pesepak bola.

Baca Juga: 6 Pemain Muda Ajax Amsterdam yang Berpotensi Direkrut Klub Besar Eropa

3. Jurgen Ekkelenkamp

5 Pemain Terakhir Ajax Amsterdam yang Dilepas ke Klub BundesligaJurgen Ekkelenkamp (bundesliga.com)

Baru dua musim di tim utama Ajax, Jurgen Ekkelenkamp sudah memutuskan untuk berpisah. Keputusan tersebut memang beralasan mengingat jam terbangnya yang begitu minim bersama de Amsterdammers. Selanjutnya, Ekkelenkamp merantau ke Bundesliga dengan bergabung ke Hertha Berlin.

Ekkelenkamp menjadi milik tim ibu kota Jerman itu pada musim panas 2021 dengan banderol 3 juta euro atau sekitar Rp47 miliar. Bersama klub barunya itu, pemuda berkebangsaan Belanda itu berharap bisa mendapatkan menit bermain yang cukup. Hanya saja, Ekkelenkamp baru tampil 22 kali sejauh ini di musim debutnya.

4. Noussair Mazraoui

5 Pemain Terakhir Ajax Amsterdam yang Dilepas ke Klub BundesligaNoussair Mazraoui (instagram.com/fcbayern)

Bayern Munchen menikung Barcelona terkait transfer Noussair Mazraoui. Bek asal Maroko itu memang sempat dirumorkan bakal membela La Blaugrana, tetapi Munchen berhasil menjadi klub yang beruntung untuk mendapatkan jasanya. Mazraoui diresmikan menjadi milik Die Bayern secara gratis alias berstatus bebas transfer.

Perekrutan Mazraoui bakal menambah kedalaman di pos bek kanan Bayern Munchen. Ia bisa jadi kompetitor sepadan Benjamin Pavard yang nyaris diandalkan dalam beberapa musim terakhir. Terlebih, Mazraoui punya modal bagus selama membela Ajax lantaran begitu dipercaya mengisi sisi kanan pertahanan tim.

5. Ryan Gravenberch

5 Pemain Terakhir Ajax Amsterdam yang Dilepas ke Klub BundesligaRyan Gravenberch (instagram.com/fcbayern)

Tak cukup Mazraoui, Bayern Munchen kembali menggaet pemain Ajax lainnya di musim panas 2022. Kali ini, giliran gelandang muda Belanda, Ryan Gravenberch yang berhasil diangkut ke Allianz Arena. Die Bayern hanya menebus sang pemain dengan banderol 18,5 juta euro atau sekitar Rp288 miliar.

Gravenberch mampu menghadirkan warna baru di lini tengah Munchen. Ia juga bakal mengisi pos yang ditinggalkan oleh Corentin Tolisso yang kontraknya bersama Die Bayern sudah berakhir. Mengingat usianya yang masih 20 tahun, Gravenberch dinilai cocok sebagai aset jangka panjang Bayern Munchen.

 

Menariknya, empat dari lima pemain di atas masih berusia muda. Hal ini membuktikan bahwa Ajax Amsterdam merupakan tim hebat yang mengorbitkan banyak talenta muda potensial. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Sedekade Terakhir, Jago Bisnis!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya