5 Pemain Aktif Manchester City yang Diboyong dari Sesama Klub EPL

Semuanya didatangkan dengan harga mahal

Manchester City menampilkan performa yang konsisten dalam sedekade terakhir. Terlebih sejak ditangani oleh Pep Guardiola. Prestasi yang ditorehkan The Cityzens terus mengalir. Didukung dengan keadaan finansial yang mewah, Manchester City juga tak kesulitan dalam merekrut pemain-pemain incarannya.

Pada tiap jendela transfer, The Cityzens seolah tak mau melewatkan kesempatan tersebut untuk merekrut pemain anyar. Menilik skuad Manchester City saat ini, ada lima pemain yang direkrut dari sesama klub English Premier League (EPL). Siapa saja mereka?

1. Raheem Sterling

5 Pemain Aktif Manchester City yang Diboyong dari Sesama Klub EPLRaheem Sterling (twitter.com/VBETnews)

Proses kepindahan Raheem Sterling ke Manchester City terjadi pada musim panas 2015. Ia hijrah dari Liverpool dengan banderol 63,7 juta euro atau sekitar Rp972 miliar. Transfer tersebut terealisasi lantaran Sterling memaksa hengkang dengan cara yang tak biasa. Salah satunya mangkir dalam sesi latihan The Reds.

Pindah ke Manchester City ternyata merupakan keputusan yang tepat baginya. Karier Sterling terus menanjak dan selalu diandalkan di lini depan The Cityzens. Tercatat, ia sukses membukukan 128 gol dan 93 assist dari 335 penampilan bersama Manchester City. Terlepas dari rumor kepindahannya, Sterling masih menjadi bagian The Cityzens hingga kini.

2. John Stones

5 Pemain Aktif Manchester City yang Diboyong dari Sesama Klub EPLJohn Stones (twitter.com/ManCity)

John Stones merupakan salah satu rekrutan awal Pep Guardiola selama membesut Manchester City. Ia didatangkan dari Everton dengan biaya 55,6 juta euro atau sekitar Rp849 miliar. Kehadirannya diproyeksikan mampu memperkuat lini belakang The Cityzens yang tengah bermasalah saat itu.

Stones masih bertahan dengan Manchester City hingga sekarang. Akan tetapi, perjalanannya itu tak selalu berjalan mulus. Kerap diterpa cedera hingga kedatangan sejumlah nama baru membuat Stones sempat kesulitan menembus pilihan utama. Tercatat, ia sudah dipercaya tampil 194 kali di berbagai ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Diboyong Manchester City dari Sesama Klub EPL

3. Kyle Walker

5 Pemain Aktif Manchester City yang Diboyong dari Sesama Klub EPLKyle Walker (twitter.com/TeleFootball)

Manchester City tak henti-hentinya mengeluarkan biaya mahal demi pemain incarannya. Pada musim panas 2017, giliran Kyle Walker yang menjadi salah satu rekrutan mahal The Cityzens. Ia ditebus dari klub kuat London utara, Tottenham Hotspur, seharga 52,7 juta euro atau sekitar Rp805 miliar.

Perekrutan Walker berbuah manis untuk Manchester City. Pria berpaspor Inggris tersebut sukses mematenkan tempat utama sebagai bek kanan. Posisinya nyaris tak tersentuh oleh pemain lain dan sudah mengemas 214 penampilan. Walker juga berjasa mempersembahkan sejumlah gelar, khususnya tiga titel Premier League.

4. Riyad Mahrez

5 Pemain Aktif Manchester City yang Diboyong dari Sesama Klub EPLRiyad Mahrez (twitter.com/ManCity)

Beralih ke lini serang, nama Riyad Mahrez masuk ke dalam radar target Manchester City. Proses perekrutannya dari Leicester City berlangsung pada awal 2018/2019 lalu. Saat itu, The Cityzens harus merogoh kocek hingga 67,8 juta euro atau sekitar Rp1 triliun untuk menggaet pemain Aljazair tersebut.

Penandatanganan Mahrez dinilai berhasil. Ia dengan cepat mampu tampil konsisten, meskipun harus bergantian tampil dengan nama-nama lain di lini depan, seperti Bernardo Silva hingga Leroy Sane. Mahrez telah mencetak 62 gol dan 46 assist dari 185 penampilan di semua kompetisi.

5. Jack Grealish

5 Pemain Aktif Manchester City yang Diboyong dari Sesama Klub EPLJack Grealish (twitter.com/JackGrealish)

Jack Grealish menjadi rekrutan terbaru Manchester City yang didatangkan dari sesama klub Premier League. Kedatangan Grealish dari Aston Villa mendapatkan sorotan lebih dari banyak pihak, khususnya harga yang harus dikeluarkan oleh The Cityzens. Bagaimana tidak, ia memecahkan rekor transfer Manchester City.

Grealish dibeli dengan harga fantastis, 117,5 juta euro atau setara Rp1,8 triliun. Dengan harga semahal itu, ekspektasi besar terus mengalir kepada pemain berusia 26 tahun tersebut. Namun, hingga sejauh ini, performa Grealish belum maksimal. Dari 35 penampilan, ia baru mencetak 5 gol dan 3 assist.

Secara keseluruhan, kelima pemain di atas memiliki pengaruh yang besar terhadap permainan timnya sejauh ini. Kira-kira siapakah nama selanjutnya yang bakal mengikuti jejak mereka untuk hijrah ke Manchester City?

Baca Juga: 5 Pemain yang Diboyong Manchester City dari Italia dan Nasibnya Kini

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya