5 Pemain Aktif yang Telah Pensiun dari Timnas Negaranya, Ada Pique

Memilih fokus berkarier di klub!

Bagi tiap pesepak bola, bermain untuk tim nasional merupakan sesuatu yang begitu diimpikan. Namun, hal tersebut harus dilewati dengan jalan yang panjang karena bersaing bersama banyak pemain lain. Berhubungan dengan itu, ada juga masanya di saat tiap pemain memutuskan untuk tak lagi memperkuat timnas negaranya.

Dengan beragam alasan, ada segelintir pemain yang memutuskan gantung sepatu dari tim nasional. Entah karena usia yang kian menua, kalah bersaing, ataupun fokus berkarier untuk klub, setidaknya 5 pemain top ini mengalami hal tersebut. Penasaran siapa saja mereka? Berikut daftar dan ulasan lengkapnya.

1. Mario Mandzukic

5 Pemain Aktif yang Telah Pensiun dari Timnas Negaranya, Ada PiqueMario Mandzukic (90min.com)

Mario Mandzukic mengakhiri sepak terjangnya bersama timnas Kroasia pada Agustus 2018 lalu. Selepas mengantarkan negaranya menjadi finalis Piala Dunia, Mandzukic memutuskan untuk gantung sepatu dari tim nasional. Sejatinya, Mandzukic punya rekam jejak mentereng di timnas Kroasia.

Sejak menjalani debut pada 2007 lalu, pemain berusia 35 tahun itu telah mengantongi 89 caps dengan raihan 33 gol. Dengan usianya yang kian menua, Mandzukic memilih untuk tak lagi memperkuat Kroasia. Ditambah lagi, ia mengaku telah memikirkan keputusan tersebut dengan matang.

2. Gonzalo Higuain

5 Pemain Aktif yang Telah Pensiun dari Timnas Negaranya, Ada PiqueGonzalo Higuain (bleacherreport.com)

Kian jarang dipanggil, Gonzalo Higuain menyudahi perjalanannya untuk timnas Argentina pada Maret 2019 lalu. Memang, performanya bersama La Albiceleste kian menurun, yang dibuktikan dengan kegagalan Higuain mencetak satupun gol di ajang Piala Dunia 2018.

Tak hanya itu, hadirnya penyerang baru seperti Lautaro Martinez, Paulo Dybala, dan Lucas Ocampos juga membuat kesempatannya membela Tim Tango kian mengecil. Alhasil, Higuain memilih untuk pensiun dengan catatan gemilang. Ia menjadi pencetak gol terbanyak keenam Argentina, yaitu dengan raihan 31 gol.

Baca Juga: 10 Pesepak Bola Top yang Pensiun di Major League Soccer

3. Jamie Vardy

5 Pemain Aktif yang Telah Pensiun dari Timnas Negaranya, Ada PiqueJamie Vardy (skysports.com)

Piala Dunia 2018 menjadi turnamen terakhir Jamie Vardy bersama timnas Inggris. Ia memutuskan untuk pensiun dari The Three Lions dan memilih fokus bermain untuk Leicester City. Dengan usianya yang telah kepala tiga, Vardy beralasan timnas Inggris harus segera menjalani regenerasi.

Selain itu, alasannya pensiun juga dikarenakan Vardy yang kecewa karena menjadi penghangat bangku cadangan. Padahal, kiprahnya untuk The Three Lions juga terbilang cukup singkat. Vardy baru menjalani debut pada tahun 2015 lalu, dan mengemas 26 caps. Lewat catatan tersebut, pria berusia 34 tahun tersebut berhasil mencetak 7 gol.

4. Ivan Rakitic

5 Pemain Aktif yang Telah Pensiun dari Timnas Negaranya, Ada PiqueIvan Rakitic (eurosport.co.uk)

Setelah 13 tahun menciptakan catatan manis bersama rimnas Kroasia, Ivan Rakitic akhirnya gantung sepatu pada September 2020 lalu. Lewat pengumuman resmi Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS), gelandang Sevilla ini mengaku keputusan untuk gantung sepatu dari timnas adalah sesuatu yang sulit.

Maklum saja, Rakitic sukses membawa Kroasia menuju sejarah baru yaitu melenggang ke final Piala Dunia 2018 lalu. Prestasi tersebut tentu sulit untuk diulang kembali oleh generasi Kroasia selanjutnya. Sedangkan untuk Rakitic, ia telah mencatatkan 106 caps untuk Vatreni sejak menjalani debut pada tahun 2007 silam.

5. Gerard Pique

5 Pemain Aktif yang Telah Pensiun dari Timnas Negaranya, Ada PiqueGerard Pique (eurosport.com)

Gerard Pique memutuskan untuk pensiun dari timnas Spanyol usai Piala Dunia 2018 lalu. Dengan performanya yang tak sebaik dulu, bek Barcelona ini mengakui gantung sepatu dari timnas untuk lebih fokus berkarier di klub. 

Ia meninggalkan La Furia Roja dengan raihan istimewa. Sejak menjalani debut pada 2009 lalu, Pique telah mengantongi 103 caps dengan raihan 5 gol. Hebatnya lagi, duet Pique dengan Sergio Ramos di lini pertahanan Spanyol berhasil mengantarkan sejumlah trofi bergengsi, yaitu Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

 

Para pemain d iatas memilih untuk pensiun dari tim nasional pada momen yang sama, yaitu telah berusia kepala tiga. Siapa favoritmu?

Baca Juga: Selain Ibra, 9 Pemain Ini Kembali Bela Tim Nasional Setelah Pensiun

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya