5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Diboyong dari Klub Semenjana

Bakatnya berkembang di Dortmund

Borussia Dortmund dikenal dengan reputasinya sebagai penghasil pemain berkualitas. Beberapa nama top sukses diorbitkan Die Borussen, seperti Jadon Sancho dan Robert Lewandowski.

Pada 2021/2022, Borussia Dortmund juga telah memiliki pemain andalan yang begitu dipercaya. Dari beberapa nama itu, ada yang diboyong Die Borussen dari klub semenjana.

1. Raphael Guerreiro

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Diboyong dari Klub SemenjanaRaphael Guerreiro (twitter.com/BVBBuzz)

Namanya tak terlalu disorot sewaktu diboyong Borussia Dortmund. Guerreiro dibeli dari klub Prancis, Lorient, seharga 12 juta euro atau sekitar Rp180 miliar pada 2016 lalu. Walau tak begitu diperhitungkan, Guerreiro mampu berkembang dan jadi salah satu sosok kunci Borussia Dortmund.

Ia menyegel pos bek kiri utama Die Borussen hingga sekarang. Pemain berpaspor Portugal itu telah dipercaya tampil 180 kali di semua kompetisi. Meski berposisi asli di lini pertahanan, Guerreiro juga produktif dengan raihan 32 gol dan 36 assist.

2. Gregor Kobel

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Diboyong dari Klub SemenjanaGregor Kobel (instagram.com/gregorkobel)

Borussia Dortmund tak bisa berharap lebih kepada Roman Burki. Kiper asal Swiss itu rentan dihantui cedera. Oleh sebab itu, Die Borussen memutuskan untuk merekrut kiper baru pada musim panas 2021. Nama yang dipilih itu adalah Gregor Kobel, pemuda berusia 23 tahun.

Kobel dibeli dari Stuttgart dengan biaya 15 juta euro alias Rp225 miliar. Keputusan Borussia Dortmund memboyongnya terbukti tepat. Pasalnya, Kobel dengan cepat menyegel pos kiper nomor satu di tim. Ia sudah tampil 45 kali dengan raihan 11 clean sheet di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain yang Diboyong Borussia Dortmund bareng Ousmane Dembele

3. Nico Schulz

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Diboyong dari Klub SemenjanaNico Schulz (bundesliga.com)

Pencarian Borussia Dortmund untuk menemukan kompetitor Guerreiro di pos bek kiri tertuju kepada satu nama, yaitu Nico Schulz. Alhasil, Die Borussen resmi memboyongnya dari Hoffenheim pada musim panas 2019. Schulz ditebus seharga 25,5 juta euro alias Rp383 miliar.

Hadirnya Schulz cukup memperkuat lini belakang Dortmund. Terlebih, perannya masih dibutuhkan hingga sekarang. Schulz sudah dipercaya tampil sebanyak 61 kali di semua kompetisi. Catatan itu bisa bertambah mengingat dirinya masih diandalkan Die Borussen.

4. Axel Witsel

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Diboyong dari Klub SemenjanaAxel Witsel (twitter.com/axelwitsel28)

Borussia Dortmund mengejutkan bursa transfer musim panas 2018. Bagaimana tidak, Die Borussen justru merekrut gelandang dari klub China, Tianjin Quanjian. Sosok yang didatangkan itu adalah Axel Witsel. Biayanya mencapai 20 juta euro atau sekitar Rp300 miliar.

Meski datang dari liga yang tak sekompetitif di Eropa, nyatanya Witsel mampu bersaing. Ia bahkan menjelma jadi pilar sentral Borussia Dortmund di lini tengah dengan catatan 144 penampilan. Sayangnya, pada musim panas 2022, Witsel sepakat untuk berpisah.

5. Jude Bellingham

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Diboyong dari Klub SemenjanaJude Bellingham (twitter.com/WhoScored)

Borussia Dortmund berani menginvestasikan 25 juta euro atau setara Rp375 miliar demi Jude Bellingham. Padahal ia hanyalah pemain Birmingham City, klub yang berkompetisi di Championship. Walaupun begitu, bakat Bellingham mampu dipoles Borussia Dortmund.

Di tangan Die Borussen, Bellingham bertransformasi menjadi salah satu gelandang muda terbaik. Usianya belum menyentuh kepala dua, tetapi sudah dipercaya tampil sembilan puluh kali sejauh ini. Tak ayal Bellingham masuk ke dalam daftar buruan beberapa klub top, seperti Liverpool.

Datang dari klub yang tak memiliki prestasi mencolok, kelima pemain sepak bola di atas berhasil menunjukkan kualitas terbaiknya bersama Borussia Dortmund. Hal itu menjadi bukti betapa jitu dan cerdas manajemen Borussia Dortmund dalam urusan perekrutan pemain.

Baca Juga: 5 Pemain Klub Semenjana yang Pernah Menjadi Top Skor LaLiga Spanyol

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya