5 Pemain Aston Villa dengan Nomor Punggung 14 sebelum Pau Torres

Ada Philippe Senderos

Aston Villa berhasil merekrut Pau Torres dari Villarreal. The Villans harus membayar 33 juta euro atau sekitar Rp554 miliar untuk menebus jasanya. Torres sendiri dikontrak selama 5 musim untuk menambah kedalaman di lini belakang Aston Villa. Ia juga bakal bekerja sama kembali dengan sang pelatih, Unai Emery.

Kualitasnya sudah teruji di LaLiga Spanyol, Torres bakal dipersiapkan sebagai tandem Tyrone Mings di jantung pertahanan. Bersama Aston Villa, ia dipastikan memakai nomor punggung 14. Torres mengikuti jejak beberapa pemain The Villans yang memilih nomor tersebut.

Siapakah pemain Aston Villa dengan nomor punggung 14 sebelum Pau Torres? Seperti apa kiprah mereka bersama The Villans?

1. Brett Holman

5 Pemain Aston Villa dengan Nomor Punggung 14 sebelum Pau TorresBrett Holman (avfc.co.uk)

Brett Holman mulai berseragam Aston Villa pada awal musim 2012/2013. Kariernya bersama The Villans berjalan singkat, yaitu hanya semusim. Dalam kurun waktu itu, Holman memakai nomor punggung 14. Nomor ini tersedia usai ditinggal oleh pemilik sebelumnya, Nathan Delfouneso.

Holman sebenarnya rutin dimainkan. Pemain yang beroperasi sebagai gelandang serang ini mampu mengemas 2 gol dan 7 assist dari 29 penampilan. Meski begitu, Holman sepertinya tak mau berlama-lama di Inggris. Ia langsung hengkang pada musim panas 2013 dengan hijrah ke klub Arab Saudi, Al-Nassr.

2. Antonio Luna

5 Pemain Aston Villa dengan Nomor Punggung 14 sebelum Pau TorresAntonio Luna (avfc.co.uk)

Nomor 14 ditinggal Brett Holman. Namun, nomor tersebut langsung dimiliki pemain baru. Dia adalah Antonio Luna. Aston Villa berhasil mendatangkannya dari Sevilla pada musim panas 2013. Luna pun akrab dengan nomor punggung tersebut selama membela The Villans.

Sayangnya, karier Luna tak berjalan mulus. Ia hanya tampil sebanyak 18 kali sebagai bek kiri Aston Villa. Luna hanya bertahan selama semusim. Setelah itu, ia dipinjamkan ke klub lain, seperti Hellas Verona dan Spezia. Luna lalu pindah secara permanen ke Eibar pada musim panas 2015.

Baca Juga: 4 Rekrutan Terakhir Aston Villa dari Klub LaLiga, Pau Torres Teranyar

3. Philippe Senderos

5 Pemain Aston Villa dengan Nomor Punggung 14 sebelum Pau TorresPhilippe Senderos (twitter.com/AVFCOfficial)

Kepemilikan nomor punggung 14 Aston Villa dengan cepat berganti. Saat Antonio Luna menjalani masa peminjaman, nomor ini dipakai Philippe Senderos. Ia berstatus rekrutan The Villans pada musim panas 2014. Senderos menggunakan nomor punggung tersebut selama 1,5 musim.

Meski pernah membela beberapa klub Inggris sebelumnya, karier Senderos bersama The Villans malah berliku. Ia tak diandalkan sebagai pilihan utama. Mantan pemain Arsenal ini hanya tampil sebanyak sembilan kali. Puncaknya, Senderos hijrah ke Grasshoppers Club Zurich pada awal 2016.

4. Rudy Gestede

5 Pemain Aston Villa dengan Nomor Punggung 14 sebelum Pau TorresRudy Gestede (avfc.co.uk)

Rudy Gestede menjadi pemilik nomor punggung 14 Aston Villa berikutnya. Ia bergabung dengan skuad The Villans pada musim panas 2015. Gestede sebenarnya terlebih dahulu memakai nomor punggung 39. Namun, ia menggantinya menjadi nomor 14 setelah kepindahan Senderos.

Gestede memakai nomor punggung 14 selama setengah musim. Ini waktu yang cenderung singkat. Ia tampil dalam 55 pertandingan dengan koleksi 10 gol dan 4 assist di semua ajang. Gestede lalu memutuskan hengkang ke Middlesbrough pada pertengahan musim 2016/2017.

5. Conor Hourihane

5 Pemain Aston Villa dengan Nomor Punggung 14 sebelum Pau TorresConor Hourihane (premierleague.com)

Estafet kepemilikan nomor punggung 14 Aston Villa berlanjut ke tangan Conor Hourihane. Berbeda dengan keempat nama sebelumnya, Hourihane cenderung memakainya lebih lama. Ia menggunakan nomor tersebut sejak bergabung pada musim dingin 2017 lalu.

Hourihane dan nomor punggung 14 Aston Villa saling terkait selama 4 tahun. Dalam kurun waktu itu, Hourihane menjadi andalan The Villans. Ia tampil sebanyak 151 kali. Namun, posisinya tergusur nama-nama baru. Hourihane pun dipinjamkan ke Swansea City dan Sheffield United.

Nomor punggung 14 Aston Villa kini dimiliki Pau Torres. Ia datang dengan harapan besar untuk membawa The Villans bisa bersaing lebih jauh di berbagai kompetisi yang dihadapi. Bisakah ia memenuhi ekspektasi tersebut?

Baca Juga: 7 Pemain Terakhir yang Didatangkan Aston Villa dari LaLiga

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya