5 Pemain Berpengalaman yang Direkrut Brighton Secara Gratisan

James Milner salah satunya

Pamor Brighton & Hove Albion makin melambung dalam beberapa musim terakhir. Ini tak lepas dari performa mereka yang kerap menjadi batu sandungan klub-klub besar. Tak hanya itu, beberapa pemain Brighton juga diburu klub elite Eropa.

Di sisi lain, Brighton punya rekam jejak transfer yang mumpuni. The Seagulls berhasil menggaet sejumlah pemain berpengalaman dengan status bebas transfer alias gratis. Kelima pemain ini, misalnya. Siapa saja pemain berpengalaman yang direkrut Brighton secara gratisan?

1. Tim Krul

5 Pemain Berpengalaman yang Direkrut Brighton Secara GratisanTim Krul (twitter.com/OfficialBHAFC)

Brighton & Hove Albion berhasil promosi ke English Premier League (EPL) pada 2017/2018. Oleh sebab itu, The Seagulls mempersiapkan skuadnya dengan maksimal. Brighton juga merekrut beberapa pemain, salah satunya Tim Krul. Ia awalnya dipinjam dari Newcastle United, tetapi dipermanenkan pada pertengahan musim.

Meski begitu, kariernya bersama The Seagulls hanya sebentar. Krul tak berstatus sebagai kiper utama Brighton sebab menjadi pelapis saja. Ia mencatatkan lima penampilan di semua kompetisi. Pada musim panas 2018, Krul hijrah ke Norwich City dengan status bebas transfer.

2. Adam Lallana

5 Pemain Berpengalaman yang Direkrut Brighton Secara GratisanAdam Lallana (twitter.com/officialAL20)

Setelah membela Southampton dan Liverpool, Adam Lallana melanjutkan petualangannya bersama Brighton & Hove Albion. Ia bergabung dengan skuad The Seagulls pada musim panas 2020 lalu. Lallana bergabung dengan status bebas transfer. Ia bisa melakukannya sebab kontraknya bersama Liverpool sudah berakhir.

Dengan pengalaman yang ia miliki, Lallana langsung menjadi pilihan utama di lini tengah. Ia tampil reguler bersama The Seagulls. Perannya juga cukup penting sebagai salah satu pemain senior di skuad Brighton. Hingga akhir musim 2022/2023, Lallana sudah bermain dalam 74 pertandingan di semua kompetisi, termasuk Premier League.

Baca Juga: Menanti Kejutan Baru Brighton & Hove Albion, Agresif di Bursa Transfer

3. Danny Welbeck

5 Pemain Berpengalaman yang Direkrut Brighton Secara GratisanDanny Welbeck (twitter.com/OfficialBHAFC)

Brighton & Hove Albion berhasil mendapatkan jasa Danny Welbeck secara gratis. Transfer ini terealisasi pada musim panas 2020 lalu. Saat itu, Welbeck bergabung usai tak memperpanjang kontraknya bersama Watford. Kedatangannya merupakan keuntungan besar bagi Brighton sebab pengalaman yang Welbeck miliki.

Hasilnya pun terlihat. Mantan pemain Arsenal dan Manchester United ini menjadi andalan di lini serang The Seagulls. Meski catatan golnya tak setinggi pemain lain, performa Welbeck cukup konsisten. Pemain berpaspor Inggris ini mampu mengemas 19 gol dan 10 assist dari 88 penampilan di semua kompetisi.

4. James Milner

5 Pemain Berpengalaman yang Direkrut Brighton Secara GratisanJames Milner (twitter.com/JamesMilner)

Brighton & Hove Albion berpotensi ditinggal beberapa gelandang andalannya. Usai ditinggal Alexis Mac Allister, The Seagulls juga terancam kehilangan Moises Caicedo. Oleh sebab itu, Brighton dengan cepat menemukan penggantinya pada musim panas 2023. Salah satu pemain yang baru saja direkrut itu adalah James Milner.

Milner bergabung dari Liverpool usai kontraknya berakhir. Ia dikontrak Brighton dengan durasi jangka pendek selama semusim. Kedatangan pemain seperti Milner merupakan keuntungan tersendiri bagi Brighton. Selain pengalaman dan kualitasnya, Milner juga mahir bermain di beberapa posisi yang berbeda.

5. Mahmoud Dahoud

5 Pemain Berpengalaman yang Direkrut Brighton Secara GratisanMahmoud Dahoud (instagram.com/modahoud8)

Selain James Milner, Brighton & Hove Albion juga merekrut gelandang lainnya dalam waktu yang berdekatan. Pemain yang dimaksud itu adalah Mahmoud Dahoud. Ia bergabung dengan skuad The Seagulls secara gratis. Kontrak Dahoud bersama Borussia Dortmund sudah berakhir dan tidak ada kesepakatan untuk diperpanjang.

Dilansir Fabrizio Romano, Dahoud dikontrak Brighton selama 4 musim. Ia merupakan tambahan amunisi yang penting untuk The Seagulls. Meski baru berkarier di Premier League, Dahoud dinilai bakal menjadi pemain penting Brighton yang bakal tampil di sejumlah kompetisi.

Brighton bakal berkompetisi di Liga Europa pada 2023/2024 nanti. Kehadiran beberapa nama berpengalaman, seperti Milner dan Dahoud, menjadi keuntungan tersendiri. Bisakah mereka membawa The Seagulls menjadi tim kuda hitam di kancah Eropa?

Baca Juga: Resmi! Mahmoud Dahoud Hijrah dari Dortmund ke Brighton

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya