5 Pemain Bintang yang Merupakan Lulusan Akademi River Plate

Javier Mascherano termasuk!

River Plate merupakan salah satu klub tersukses di Argentina. Bersama beberapa klub lain, seperti Boca Junior, Independiente, Racing Club, dan San Lorenzo, klub berjuluk Los Millonarrios tersebut menguasai kompetisi, baik di ajang domestik maupun Copa Libertadores.

Selain itu, River Plate juga terkenal karena sukses mengorbitkan beberapa pemain top yang kini telah dikenal luas. Para pemain tersebut berhasil meraih kejayaan di Eropa yang merupakan magnetnya sepak bola saat ini. Penasaran siapa saja pemain jebolan akademi River Plate tersebut? Berikut ulasannya.

1. Erik Lamela

5 Pemain Bintang yang Merupakan Lulusan Akademi River Plategoal.com

Pemain pertama yang memulai kariernya dengan bergabung bersama River Plate adalah Erik Lamela. Ia didatangkan Los Millonarrios saat masih belasan tahun dan mulai menimba ilmu sepak bola di sana. Lamela dipromosikan ke skuad utama pada tahun 2010. Kebersamaannya untuk klub Argentina tersebut hanya bertahan semusim.

Bersama River Plate, Lamela mencatatkan 36 penampilan dengan torehan 4 gol dan 6 assist. Kepincut akan bakat yang dimiliki Lamela saat itu, AS Roma resmi membawanya ke Eropa pada bursa transfer musim panas 2011/2012. Hingga saat ini, pemain dengan spesialisasi kaki kiri tersebut masih berpetualang di Eropa dengan bermain bersama Tottenham Hotspur.

2. Lucas Ocampos

5 Pemain Bintang yang Merupakan Lulusan Akademi River Platelaligalowdown.com

Lucas Ocampos menghabiskan sebagian besar kariernya di Eropa dengan bermain untuk sejumlah klub elite, seperti Olympique Marseille, AS Monaco, dan kini bersama Sevilla. Namun, sama halnya dengan pemain berpaspor Argentina lain, awal perjalanan karier Ocampos juga dimulai di negeri sendiri. Klub pertama yang dibelanya adalah River Plate yang merupakan salah satu klub tersukses di Argentina.

Pemain yang kini berusia 26 tahun tersebut mulai dipercaya masuk skuad utama Los Millonarrios pada musim 2011/2012 dan hanya bertahan selama semusim. Ocampos membuat 27 penampilan dengan raihan 6 gol dan 3 assist. Ia melanjutkan kariernya ke Eropa dengan bergabung bersama AS Monaco pada tahun 2012. Kariernya kian menanjak setelah berhasil membawa Sevilla juara Liga Europa.

Baca Juga: 9 Pemain Asal Argentina yang Sukses Menjadi Juara Premier League

3. Javier Mascherano

5 Pemain Bintang yang Merupakan Lulusan Akademi River Platemarca.com

Meski sudah memutuskan untuk gantung sepatu pada November tahun lalu, nama Javier Mascherano tentunya bakal sulit dilupakan oleh penggemar sepak bola. Puncak kesuksesan Mascherano adalah saat bermain untuk Barcelona selama 8 musim. Namun, sebelum itu, beberapa klub lain juga pernah dibela oleh bek tangguh berusia 36 tahun tersebut.

Klub yang pernah dibela oleh Mascherano adalah River Plate, Corinthians, dan Liverpool. River Plate menjadi awal perjalanan karier sepak bola Mascherano. Ia menghabiskan masa muda kariernya dengan menimba ilmu dan promosi ke skuad utama pada tahun 2003. Bertahan selama 2 musim, Mascherano tampil dalam 25 pertandingan dan sukses mengemas 1 gol.

4. Gonzalo Higuain

5 Pemain Bintang yang Merupakan Lulusan Akademi River Plate90min.com

Gonzalo Higuain merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Argentina. Meski tertutup bayang-bayang Lionel Messi, sejatinya sepak terjang Higuain terbilang cukup sukses meski hobi berganti klub. Kegemilangan yang ia peroleh tersebut tentunya tak lepas dari peran River Plate, klub pertama yang ia bela dalam kariernya.

Terhitung sejak tahun 2004, nama Higuain mulai dipercaya untuk masuk skuad utama Los Millonarrios. Ia tampil menjanjikan selama 3 musim dengan catatan 37 penampilan serta mencetak 15 gol. Tak diduga, Real Madrid jatuh hati dan mendatangkan Higuain ke Santiago Bernabeu pada 2007. Yang terbaru, Higuain hijrah ke MLS dan bermain untuk Inter Miami.

5. Manuel Lanzini

5 Pemain Bintang yang Merupakan Lulusan Akademi River Plate90min.com

Pemain terakhir ini juga telah populer di kompetisi Premier League, yaitu Manuel Lanzini. Gelandang berpaspor Argentina tersebut telah membela West Ham United 6 tahun belakangan, tepatnya sejak musim 2015/2016. Bersamaan dengan itu, pamor Lanzini kian melambung dan menjadikannya salah satu pemain Argentina terbaik yang pernah berkarier di Premier League.

Namun, jauh sebelum itu, karier Lanzini dihabiskan di negeri sendiri bersama River Plate. Ia mulai bergabung bersama Los Millonarrios pada tahun 2002. Butuh 8 tahun setelahnya bagi Lanzini untuk promosi ke skuad utama. Ia hanya bertahan selama semusim dengan catatan 89 penampilan dan mencetak 13 gol serta 14 assist. Setelahnya, Lanzini bermain untuk Fluminense dan Al Jazira.

 

Itulah 5 pemain top yang merupakan lulusan akademi River Plate. Mayoritas pemain di atas masih aktif bermain, terkecuali Javier Mascherano yang sudah pensiun tahun lalu.

Baca Juga: 7 Penyerang Top yang Pernah Berseragam River Plate, Siapa Saja?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya