5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal dengan Status Bebas Transfer

Arsenal gemar memutus kontrak pemainnya

Arsenal mengalami periode yang suram dalam beberapa musim belakangan. Bahkan, The Gooners gagal melaju ke putaran final kompetisi Eropa pada musim ini. Hal tersebut yang menjadi alasan kuat bagi tim London utara itu agar berbenah demi memperbaiki skuadnya.

Arsenal telah melakukan banyak perubahan di dalam komposisi skuadnya dengan merekrut pemain-pemain baru. Akibatnya, nama yang tak terpakai dipastikan menjadi korban dan dilepas ke klub lain. Dari nama-nama tersebut, kelima pemain ini justru dilepas secara gratis oleh The Gunners. Siapa saja mereka?

1. Sead Kolasinac

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal dengan Status Bebas TransferSead Kolasinac (twitter.com/FabrizioRomano)

Kebersamaan di antara Sead Kolasinac dan Arsenal akhirnya resmi terhenti. Posisinya yang semakin tergusur menjadi alarm bagi masa depan Kolasinac di klub London utara. Usai dipinjamkan ke Schalke 04, Kolasinac sepakat untuk mengakhiri kontraknya lebih cepat dengan The Gooners pada musim dingin 2022.

Pemain Bosnia-Herzegovina itu melanjutkan petualangannya bersama Olympique Marseille. Tak sia-sia, keputusannya bergabung dengan Les Phoceens sukses menyelamatkan karier Kolasinac yang nyaris terpuruk. Tercatat, hingga sejauh ini, ia sudah dipercaya tampil sebanyak 14 kali di semua ajang.

2. Dejan Iliev

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal dengan Status Bebas TransferDejan Iliev (twitter.com/Arsenal)

Dejan Iliev resmi mengakhiri masa baktinya bersama Arsenal. Ia memilih hengkang ke klub Slovakia, AS Trencin, dengan status bebas transfer pada musim dingin 2022 lalu. Kepastian ini menandakan perjalanan baru di dalam karier Iliev usai menjalani karier yang stagnan selama sedekade berseragam Arsenal.

Karier kiper berpaspor Makedonia Utara tersebut tak mengalami perkembangan pesat selama berkarier dengan The Gooners. Iliev lebih sering dipinjamkan ke klub lain secara beruntun. Namun, kepindahannya ke klub baru juga tak menjamin Iliev langsung tampil reguler. Sejauh ini, ia belum tampil sama sekali.

Baca Juga: 6 Pemain Spanyol yang Pernah Membela Arsenal, Ada Sang Pelatih

3. Calum Chambers

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal dengan Status Bebas TransferCalum Chambers (twitter.com/CalumChambers95)

Kontrak Calum Chambers bersama Arsenal sejatinya berakhir pada Juni 2022 nanti. Akan tetapi, kedua belah pihak sepakat untuk mengakhirinya lebih cepat pada pertengahan musim 2021/2022 lalu. Terlebih posisinya di lini belakang sudah tergusur akibat kedatangan Ben White dan Gabriel Magalhaes.

Usai kontraknya diputus, Chambers melanjutkan petualangan ke sesama klub Premier League, Aston Villa. Bersama The Villans, pemain berusia 27 tahun tersebut harus berjuang ekstra mendapatkan tempat utama. Chambers baru dipercaya tampil sebanyak tujuh kali akibat ketatnya persaingan di lini belakang Villa.

4. Willian

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal dengan Status Bebas TransferWillian (twitter.com/Arsenal)

Baru semusim di Arsenal, Willian memilih untuk pindah. Kontraknya yang baru berakhir pada 2023 nanti diakhiri lebih awal pada musim 2021/2022 lalu. Mengenai detail pemutusan kontrak itu, Willian secara sukarela tidak mendapatkan kompensasi apa pun sama sekali dari Arsenal.

Pemain berusia 33 tahun tersebut meneruskan perjalanannya dengan kembali ke Brasil. Willian bergabung ke salah satu klub ternama di Negeri Samba, yaitu Corinthians. Kontribusi yang ditunjukkan Willian sejauh ini memang belum maksimal. Dari 18 penampilan, ia hanya mampu mencetak 1 gol dan 3 assist.

5. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal dengan Status Bebas TransferPierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/Auba)

Masa depan Pierre-Emerick Aubameyang bersama Arsenal diselimuti berbagai drama. Performa Auba menurun hingga namanya terkena sanksi dan dibekukan akibat tindakan indisipliner. Memasuki jendela transfer musim dingin 2022, rumor kepindahannya dari The Gooners merebak kuat.

Pada akhirnya, pemain Gabon tersebut dipastikan hengkang dari Arsenal. Aubameyang hijrah ke Barcelona secara gratis usai sepakat untuk memutus kontraknya bersama The Gooners. Keputusan ini berjalan tepat lantaran Aubameyang kembali menemukan ketajamannya bersama Barca.

 

Menariknya, kepindahan kelima pemain di atas berlangsung pada musim yang sama, yaitu musim 2021/2022. Menurut kamu, apakah kebijakan transfer yang diterapkan oleh Arsenal sudah berjalan tepat demi keberlangsungan klub ke depannya?

Baca Juga: Xavi: Aubameyang Hadiah dari Langit untuk Barcelona

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya