Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Resmi Dipermanenkan oleh Union Berlin

Karier mereka berkembang pesat di Jerman

Union Berlin seketika mencuat ke permukaan usai menjadi tim kuda hitam di Bundesliga. Klub berjuluk Die Eisernen ini mampu merangsek papan atas klasemen. Keberhasilan ini didukung oleh banyak hal, salah satunya kebijakan transfer yang mumpuni.

Dengan dukungan dana yang tak sebanyak klub besar lain, Union Berlin memanfaatkannya secara optimal. Die Eisernen kerap meminjam pemain dari klub lain. Beberapa dari pemain itu yang memberikan kontribusi signifikan langsung dipermanenkan. Kelima pemain ini, misalnya. Siapa saja mereka?

1. Keita Endo

Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Resmi Dipermanenkan oleh Union BerlinKeita Endo (fc-union-berlin.de)

Union Berlin bereksplorasi ke Benua Asia untuk menemukan bakat-bakat berkualitas. Hasilnya, Die Eisernen tertarik kepada salah satu produk akademi Yokohama F. Marinos, Keita Endo. Sang pemain dinilai punya potensi yang besar sehingga Union Berlin membawanya ke Jerman pada awal musim 2020/2021.

Endo awalnya bergabung dengan status pinjaman. Meski tak menjadi pilihan utama, pemain yang kini berusia 24 tahun itu tetap tampil menjanjikan dengan catatan 17 penampilan. Union Berlin lantas mengikatnya secara permanen. Endo ditebus dengan biaya 900 ribu euro atau sekitar Rp14 miliar.

2. Leon Dajaku

Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Resmi Dipermanenkan oleh Union BerlinLeon Dajaku (fc-union-berlin.de)

Leon Dajaku merupakan lulusan akademi Stuttgart. Ia lalu memutuskan untuk hijrah ke Bayern Munich demi meningkatkan kariernya. Sayangnya, Dajaku malah kesulitan bersinar sehingga dilepas pada musim pertengahan musim 2020/2021. Ia dipinjamkan ke Union Berlin untuk mendapatkan menit bermain yang cukup.

Kiprah Dajaku sebenarnya tak terlalu mencolok bersama Die Eisernen. Ia bahkan hanya bermain sebanyak dua kali. Namun, Union Berlin tetap mempermanenkannya dengan harga 1,5 juta euro atau sekitar Rp24 miliar. Tak berlangsung lama setelah dipermanenkan, Dajaku langsung dilepas ke Sunderland.

Baca Juga: 5 Pemain Bebas Transfer Union Berlin pada 2022/2023

3. Diogo Leite

Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Resmi Dipermanenkan oleh Union BerlinDiogo Leite (twitter.com/fcunion)

Diogo Leite merupakan salah satu pilar penting di lini belakang Union Berlin. Ia sendiri baru bergabung pada bursa transfer musim panas 2022. Die Eisernen merekrutnya dari Porto dengan status pinjaman selama semusim penuh. Tak hanya menghiasi skuad, Leite langsung membuktikan kualitas terbaiknya.

Pemain berusia 24 tahun ini menyegel satu tempat di lini belakang Union Berlin. Leite sudah tampil sebanyak 40 kali pada musim debutnya. Ia juga berjasa mengantarkan Die Eisernen melaju ke Liga Champions musim depan. Karena aksinya yang impresif, Leite dipermanenkan dengan mahar 7,5 juta euro atau sekitar Rp120 miliar.

4. Lennart Grill

Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Resmi Dipermanenkan oleh Union BerlinLennart Grill (twitter.com/fcunion_en)

Selain Leite, Union Berlin juga meminjam pemain lain pada musim panas 2022. Pemain yang dimaksud itu adalah Lennart Grill. Die Eisernen merekrutnya dari klub Bundesliga lain, Bayer Leverkusen, hingga akhir musim 2022/2023. Grill diproyeksikan sebagai cadangan dari Frederik Ronnow yang berstatus sebagai kiper utama.

Ia tak banyak tampil dengan koleksi 8 penampilan di semua kompetisi. Namun, itu sudah cukup bagi Union Berlin. Die Eisernen mengaktifkan opsi pembelian permanen untuknya. Grill resmi dipermanenkan pada musim panas 2023. Ia dinilai bisa menjadi kiper jangka panjang Die Eisernen sebab masih berusia 24 tahun.

5. Taiwo Awoniyi

Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Resmi Dipermanenkan oleh Union BerlinTaiwo Awoniyi (twitter.com/taiwoawoniyi18)

Taiwo Awoniyi hanya membela Union Berlin selama dua musim. Meski cenderung singkat, kiprahnya berjalan sempurna. Awoniyi tampil gemilang di lini serang Die Eisernen. Semua bermula pada musim panas 2020. Union Berlin meminjam jasanya yang tak terpakai di Liverpool selama semusim penuh.

Bersama Die Eisernen, Awoniyi menjelma menjadi striker tajam dengan koleksi 25 gol dari 65 penampilan di semua kompetisi. Itu sebabnya Union Berlin rela merogoh kocek yang cukup mahal untuk mempermanenkannya. Awoniyi diikat kontrak permanen dengan mahar 20,5 juta euro atau sekitar Rp328 miliar.

Kesepakatan transfer secara pinjaman makin sering dilakukan oleh klub-klub besar Eropa, termasuk Union Berlin. Die Eisernen sukses mengembangkan potensi kelima pemain di atas. Mereka mampu bersinar bersama klub ibu kota Jerman tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Union Berlin dengan Banderol Termahal pada 2022/2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya