5 Pemain Gratisan yang Didatangkan Barcelona dari Premier League

Andreas Christensen menjadi nama terbaru!

Barcelona mulai bergerak aktif pada bursa transfer musim panas 2022. Buktinya, La Blaugrana sudah mendapatkan dua pemain anyar, Franck Kessie dan Andreas Christensen, dengan status bebas transfer.

Christensen sendiri menyusul beberapa pemain English Premier League (EPL) lain yang hengkang ke Barcelona secara gratis. Nah, termasuk dirinya, inilah lima pemain gratisan yang diboyong Barcelona dari klub Premier League.

1. Giovanni van Bronckhorst

5 Pemain Gratisan yang Didatangkan Barcelona dari Premier LeagueGiovanni van Bronckhorst (football-espana.net)

Kembali ke medio 2000-an, Barcelona menikmati performa impresif yang disuguhkan Giovanni van Bronckhorst. Ia datang dengan status pinjaman dari Arsenal pada 2003 lalu. Ditangani Frank Rijkaard, van Bronckhorst sukses jadi salah satu pemain kunci La Blaugrana.

Giovanni van Bronckhorst menjadi milik Barcelona sepenuhnya usai kontraknya habis di Arsenal. Ia membela Barca selama 4 musim dengan catatan menjanjikan. Pemain berdarah Indonesia ini tampil 154 kali dengan sumbangan beberapa trofi bergengsi, termasuk 1 gelar Liga Champions.

2. Sergio Aguero

5 Pemain Gratisan yang Didatangkan Barcelona dari Premier LeagueSergio Aguero (twitter.com/aguerosergiokun)

Selepas Giovanni van Bronckhorst, Barcelona tak pernah merekrut pemain gratisan lagi. Hingga pada musim panas 2021, La Blaugrana kembali melakukannya. Ada beberapa rekrutan bebas transfer yang berhasil diboyong ke Camp Nou, termasuk Sergio Aguero.

Ia datang ke Barcelona usai membuat sejarah besar bersama Manchester City. Sayangnya, karier Aguero justru tak bertahan lama. Baru tampil lima kali, ia memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola akibat masalah jantung.

Baca Juga: 5 Pemain yang Direkrut Manchester City Bersama Sergio Aguero

3. Eric Garcia

5 Pemain Gratisan yang Didatangkan Barcelona dari Premier LeagueEric Garcia (twitter.com/IntChampionsCup)

Selain Sergio Aguero, ada pemain Manchester City lain yang diboyong secara gratis oleh Barcelona. Dia adalah Eric Garcia, bek asal Spanyol yang masih berusia 21 tahun. Garcia bukanlah sosok yang asing lantaran ia merupakan jebolan akademi La Masia.

Kini, ia kembali dengan membawa banyak pengalaman dari Inggris. Walaupun belum cukup matang, Garcia mampu mendapatkan tempat utama di Barcelona. Ia sudah dipercaya tampil sebanyak 36 kali di semua kompetisi.

4. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Gratisan yang Didatangkan Barcelona dari Premier LeaguePierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/CBSSportsGolazo)

Pierre-Emerick Aubameyang bergabung dengan Barcelona pada musim dingin 2022. Ia diboyong secara gratis usai sepakat mengakhiri kontraknya bersama Arsenal. Hal itu sekaligus menyudahi drama dan konflik yang ia alami saat berseragam The Gunners.

Aubameyang dinilai jadi solusi tepat untuk mengatasi krisis penyerang di Barcelona. Benar saja, ia mampu tampil moncer pada musim debutnya. Pemain berpaspor Gabon itu sudah mengoleksi 13 gol dan 1 assist dari 23 penampilan di semua ajang.

5. Andreas Christensen

5 Pemain Gratisan yang Didatangkan Barcelona dari Premier LeagueAndreas Christensen (twitter.com/FCBarcelona)

Barcelona kembali berburu pemain gratisan pada musim panas 2022. Selain Franck Kessie, La Blaugrana berhasil mendapatkan jasa Andreas Christensen. Bek asal Denmark ini diboyong Barcelona tanpa perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Kehadiran Christensen bakal memperkokoh lini pertahanan klub Catalan tersebut. Terlebih, lini belakang Barcelona sempat menuai sorotan lantaran rentan kebobolan pada musim lalu. Oleh sebab itu, Christensen diharapkan mampu tampil solid.

Dari 5 nama di atas, 4 pemain di antaranya didatangkan Barcelona dalam 2 musim terakhir. Akankah ada pemain gratisan lain yang diboyong La Blaugrana pada musim panas 2022 ini?

Baca Juga: 13 Fakta Franck Kessie, Gelandang Anyar Barcelona yang Baru Direkrut

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya