Comscore Tracker

5 Pemain yang Direkrut Manchester City Bersama Sergio Aguero

Aguero menjadi transfer termahal pada musim itu

Manchester City mengukir sejarah pada 2011/2012. Klub berjuluk The Citizens itu mampu memenangi gelar juara English Premier League (EPL) setelah sekian lama tidak meraihnya. Manchester City terakhir kali memenangi gelar juara Liga Inggris pada 1967/1968.

Kesuksesan tersebut berbuah dari pemain yang didatangkan Roberto Mancini selaku pelatih saat itu. Ada setidaknya lima pemain yang didatangkan The Citizens pada musim tersebut. Salah satunya Sergio Aguero.

1. Costel Pantilimon

5 Pemain yang Direkrut Manchester City Bersama Sergio AgueroCostel Pantilimon (skysports.com)

Costel Pantilimon menjadi pemain yang ikut merayakan gelar juara Premier League 2011/2012. Pemain asal Romania ini pada awalnya didatangkan dengan status pinjaman dari klub Romania, Politehnica Timisoara, pada 2011. Ia baru dipermanenkan The Citizens pada Januari 2012.

Selama berseragam Manchester City, Pantilimon mencatatkan 29 penampilan. Ia berhasil meraih 15 clean sheet.

Pantilimon merengkuh 2 gelar Premier League, 1 Piala Liga dan 2 Community Shield. Kebersamaannya bersama Manchester City berakhir pada 2014. Ia hijrah ke Sunderland secara gratis.

2. Gael Clichy

5 Pemain yang Direkrut Manchester City Bersama Sergio AgueroGael Clichy (skysports.com)

Gael Clichy merupakan pemain berpaspor Prancis yang didatangkan  Manchester City dari Arsenal. Ia ditebus dengan biaya mencapai 8 juta euro atau senilai dengan Rp134 miliar.

Clichy bertahan di Manchester City selama 6 musim (2011—2017). Dalam periode tersebut, ia mampu mencatatkan 203 penampilan dengan mencetak 3 gol dan 14 assist.

Berposisi sebagai bek kiri, Clichy mampu tampil apik di sektor pertahanan. Ia mampu membawa Manchester City meraih sejumlah titel bergengsi.

Baca Juga: 10 Momen Terbaik Sergio Aguero saat Berseragam Manchester City

3. Stefan Savic

5 Pemain yang Direkrut Manchester City Bersama Sergio AgueroStevan Savic (skysports.com)

Manchester City merekrut Stefan Savic dari klub asal Serbia, Partizan. Namun, pemain asal Montenegro ini dinilai tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya bersama Manchester City.

Manchester City lantas melepasnya ke Fiorentina pada musim berikutnya secara gratis. Meski demikian, ia turut serta dalam kemenangan Manchester City meraih gelar Premier League pada 2011/2012.

Savic kini merupakan penggawa Atletico Madrid. Ia memiliki kontrak hingga Juni 2024 mendatang.

4. Samir Nasri

5 Pemain yang Direkrut Manchester City Bersama Sergio AgueroSamir Nasri (skysports.com)

Manchester City membawa Samir Nasri ke Etihad Stadium dari Arsenal. Sang pemain ditebus dengan mahar 31 juta euro atau setara dengan Rp438 miliar. Pemain asal Prancis ini mampu tampil apik selama berseragam Manchester City.

Nasri sukses menjadi andalan Manchester City di lini tengah. Ia berhasil membukukan 27 gol dan 40 assist dalam 176 penampilan.

Nasri sempat dipinjamkan ke Sevilla selama 1 musim penuh pada 2016, sebelum dipermanenkan mereka pada musim berikutnya. Ia telah memutuskan pensiun sejak September 2021.

5. Sergio Aguero

5 Pemain yang Direkrut Manchester City Bersama Sergio AgueroSergio Aguero (skysports.com)

Sergio Aguero sangat pantas dikatakan sebagai salah satu pembelian terbaik Manchester City sepanjang sejarah. Pemain asal Argentina ini diboyong dengan biaya mencapai 45 juta euro atau setara dengan Rp695 miliar. Ia menjadi transfer termahal yang dilakukan City pada musim tersebut.

Aguero menghabiskan 10 musim (2011—2021) membela Manchester City. Ia berhasil mencatatkan 390 penampilan dengan mencetak 260 gol dan 73 assist. Torehan ini membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Manchester City.

Musim panas 2021 lalu, Aguero melanjutkan kariernya dengan bergabung ke Barcelona karena kontraknya bersama Manchester City telah berakhir. Namun, pada Desember 2021 lalu, ia memutuskan pensiun karena masalah kesehatan.

Hingga saat ini, Manchester City belum mendapatkan pengganti yang sepadan untuk Aguero. Akankah The Citizens mampu mendatangkan pemain yang mampu menyamai kualitas Aguero di Manchester City?

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Memakai Nomor 10 Sebelum Sergio Aguero

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya