Comscore Tracker

Tampil Apik, 5 Pemain Inggris Ini Berkarier di Luar Premier League

Ada dua pemain Borussia Dortmund

Inggris merupakan kiblat sepak bola dunia saat ini. Dengan kompetisinya yang bertajuk Premier League, Inggris menjadi salah satu negara dengan perkembangan sepak bola yang begitu maju. Meski begitu, Negeri Ratu Elizabeth itu juga punya masalah lain.

Karena kompetisi sepak bolanya yang begitu kompetitif, para pemain Inggris lebih memilih berkarier di negeri sendiri. Hal tersebut ternyata punya efek lain, yaitu sedikit dari mereka yang memutuskan merantau ke liga negara lain. Seperti 5 pemain Inggris berikut ini yang tampil apik di luar Premier League. Penasaran siapa saja?

1. Jude Bellingham

Tampil Apik, 5 Pemain Inggris Ini Berkarier di Luar Premier LeagueJude Bellingham. (eurosport.com)

Salah satu wonderkid fenomenal, Jude Bellingham, menunjukkan sinarnya bersama Borussia Dortmund. Baru direkrut awal musim 2020/2021 dari Birmingham City, Bellingham bertransformasi menjadi salah satu pilar penting Die Borussen. Terlebih lagi, ia mampu tampil konsisten di usianya yang saat ini baru 17 tahun.

Perannya di lini tengah Dortmund memang begitu vital. Dikenal dengan permainannya yang eksplosif dan energik, Bellingham mampu menjadi penghubung antarlini dengan sangat baik. Secara keseluruhan, Bellingham membuat 46 penampilan di semua ajang dengan raihan 4 gol dan 4 assist.

2. Ryan Sessegnon

Tampil Apik, 5 Pemain Inggris Ini Berkarier di Luar Premier LeagueRyan Sessegnon. (goal.com)

Posisi Ryan Sessegnon di sektor bek kiri Tottenham Hotspur kian terpinggirkan setelah kedatangan Sergio Reguilon. Sebelum The Lilywhites merekrut pemain Spanyol itu, Sessegnon juga cuma menjadi pelapis dari Harry Winks atau Ben Davies. Pada akhirnya ia harus mencari pelabuhan baru.

Ia akhirnya hengkang ke Hoffenheim dengan status pinjaman selama semusim. Budaya Bundesliga yang akrab dengan pemain muda tampaknya sesuai bagi Sessegnon. Ia mampu beradaptasi dengan cepat dan menjadi bek kiri utama Hoffenheim. Sessegnon mencatatkan 29 penampilan di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Top Inggris yang Tersingkir dari Skuad Timnas Inggris

3. Fikayo Tomori

Tampil Apik, 5 Pemain Inggris Ini Berkarier di Luar Premier LeagueFikayo Tomori (eurosport.com)

Setelah menjalani paruh pertama musim 2020/2021 dengan begitu membosankan di Chelsea, Fikayo Tomori mencoba petualangan baru. Tepatnya pada bursa transfer musim dingin lalu, pemain berdarah Kanada itu memilih hijrah ke AC Milan dengan status pinjaman. Kepindahannya tak sia-sia, Tomori dipercaya tampil reguler.

Beroperasi di jantung pertahanan, Tomori memainkan peran penting dengan berduet bersama Simon Kjær atau Alessio Romagnoli. Terlebih lagi, kemampuannya mematahkan serangan lawan begitu ciamik. Tak heran bila ia mampu mencatatkan banyak penampilan di Rossoneri yang menyentuh angka 22.

4. Kieran Trippier

Tampil Apik, 5 Pemain Inggris Ini Berkarier di Luar Premier LeagueKieran Trippier (skysports.com)

Menyaksikan pemain Inggris yang berkarier di LaLiga adalah sesuatu yang jarang ditemui. Maklum, di musim 2020/2021 saja nama Kieran Trippier menjadi satu-satunya pemain Inggris yang berkarier di Spanyol. Hebatnya lagi, Trippier sukses mencatatkan prestasi gemilang di Negeri Matador.

Memasuki musim keduanya bersama Atletico Madrid, Trippier kian dipatenkan sebagai bek kanan utama Los Rojiblancos. Tak hanya jago dalam urusan bertahan, ia juga dikenal rajin membantu penyerangan lewat umpan-umpan silang akurat. Trippier sukses membuat 35 penampilan di musim ini dengan raihan 6 assist.

5. Jadon Sancho

Tampil Apik, 5 Pemain Inggris Ini Berkarier di Luar Premier LeagueJadon Sancho (eurosport.co.uk)

Sejak bergabung pada musim 2017/2018 lalu, kualitas Jadon Sancho semakin berkembang sebagai seorang winger yang mematikan. Tak hanya itu, lewat kecepatan dan skill olah bolanya, Sancho sukses menjadi andalan di lini serang Die Borussen. Ia dikenal sebagai pemain dengan paket komplet di Bundesliga.

Duetnya bersama Erling Haaland merupakan salah satu yang tertajam di liga top Eropa. Berkat rentetan golnya yang terus mengalir, Sancho berhasil mempersembahkan gelar DFB Pokal untuk Dortmund musim ini. Menilik statistiknya, Sancho tampil sensasional dengan mencetak 16 gol dan 20 assist dari 38 penampilan.

 

Dikenal dengan kompetisi Premier League yang begitu digandrungi, Inggris juga memiliki cerita unik lain, yaitu para pemainnya yang jarang ditemui berkarier di luar negeri. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Dilepas Dortmund di Musim Depan, Ada Sancho!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya