Comscore Tracker

5 Pemain Aktif Inggris Ini Punya Garis Keturunan Nigeria

Banyak yang berasal dari keluarga imigran

Membuka sejarah masa lampau, Inggris dan Nigeria memiliki hubungan yang erat kaitannya dengan era penjajahan. Inggris pernah membuat koloni di Nigeria dalam waktu yang lama, khususnya pada abad ke-19 silam. Dengan begitu, tercipta suatu akulturasi budaya di antara keduanya.

Efek dari masa lalu terus berlanjut hingga sekarang. Banyak penduduk Inggris yang memiliki keturunan Nigeria, dan begitu juga sebaliknya. Di dunia sepak bola saat ini, ada beberapa pemain aktif Inggris yang punya garis keturunan Nigeria. Siapa saja mereka?

1. Fikayo Tomori

5 Pemain Aktif Inggris Ini Punya Garis Keturunan NigeriaFikayo Tomori (instagram.com/fikayotomori)

Fikayo Tomori punya ikatan darah dengan Nigeria. Pasalnya, kedua orang tuanya berasal dari negara beribu kota Lagos tersebut. Orang tua Tomori lalu bermigrasi ke Kanada demi kehidupan yang lebih baik, dan di sinilah ia lahir. Tomori menghabiskan hidupnya selama bertahun-tahun di Kanada, tepatnya di Calgary.

Di saat usianya beranjak enam tahun, Tomori dibawa ke Inggris untuk memulai kehidupan yang baru. Oleh sebab itu, ia memiliki kans yang terbukar lebar untuk membela timnas Nigeria, tetapi tawaran itu tak kunjung datang. Tomori lantas membela timnas Inggris. Debut pada 2019 lalu, ia sudah mengantongi tiga caps.

2. Ross Barkley

5 Pemain Aktif Inggris Ini Punya Garis Keturunan NigeriaRoss Barkley (twitter.com/TGoalpost)

Darah Nigeria melekat kuat di dalam diri Ross Barkley. Meski hidupnya dilalui di Inggris, Barkley sejatinya juga memiliki kewarganegaraan Nigeria.

Ia merupakan keturunan campuran Nigeria dan Inggris. Sang ayah, Peter Effanga, berasal dari Nigeria. Sedangkan ibunya adalah penduduk lokal di Negeri Ratu Elizabeth.

Pada kenyataannya, Barkley sama sekali tak pernah menunjukkan kedekatan dengan negara leluhurnya itu. Apalagi sejak kedua orang tuanya bercerai.

Pemain berusia 28 tahun itu memutuskan untuk setia dengan Inggris yang merupakan tanah kelahirannya. Barkley telah mengemas 33 caps bersama The Three Lions.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Inggris yang Memiliki Keturunan Republik Irlandia

3. Tammy Abraham

5 Pemain Aktif Inggris Ini Punya Garis Keturunan NigeriaTammy Abraham (twitter.com/Squawka)

Tammy Abraham pernah diisukan membela Timnas Nigeria. Ia berhak menerima peluang itu lantaran garis keturunan sang ayah yang berasal dari sana.

Hanya saja, Abraham menolak kesempatan itu demi bisa memperkuat timnas Inggris. Terlebih, seluruh hidupnya dihabiskan di negara ini sejak lahir pada 24 tahun silam.

Keputusannya untuk loyal bersama Inggris merupakan pilihan tepat. Abraham telah membela berbagai tim kelompok umur The Three Lions.

Puncaknya, ia menjalani debut bersama tim senior pada 2017 lalu. Pemain yang kini menjadi andalan AS Roma itu sudah dipercaya mengemas 11 caps dengan koleksi 3 gol.

4. Dele Alli

5 Pemain Aktif Inggris Ini Punya Garis Keturunan NigeriaDele Alli (twitter.com/thespursweb)

Meski lahir di Inggris, pemain bernama lengkap Bamidele Alli ini punya darah Nigeria yang kuat. Bagaimana tidak, sang ayah, yaitu Kehinde Alli, berstatus sebagai keturunan pangeran suku Yoruba, salah satu suku di Nigeria. Sementara di sisi lain, ibu Dele merupakan warga asli Negeri Ratu Elizabeth.

Dengan keturunan campuran yang diturunkan kepadanya, Dele berkesempatan membela timnas Nigeria. Akan tetapi, ia lebih memilih untuk setia bersama timnas Inggris. Dele sudah mengoleksi 37 caps dengan balutan jersey The Three Lions serta membukukan 3 gol hingga sekarang.

5. Bukayo Saka

5 Pemain Aktif Inggris Ini Punya Garis Keturunan NigeriaBukayo Saka (twitter.com/BukayoSaka87)

Bukayo Saka lahir di London pada 20 tahun silam. Ia tak benar-benar merupakan penduduk asli Inggris. Kedua orang tuanya merupakan imigran asal Nigeria yang pindah ke Inggris di saat Saka belum lahir. Oleh sebab itu, Saka punya dua kewarganegaraan berbeda yang diwarisi oleh keluarganya.

Namun, di sepanjang karier profesionalnya, Saka sudah membulatkan tekad untuk membela timnas Inggris. Hal ini terlihat dari rekam jejaknya yang sudah berseragam berbagai tim kelompok umur The Three Lions. Sementara di tim senior, Saka baru memulai debutnya pada Oktober 2020 lalu.

 

Banyaknya pemain Inggris yang memiliki keturunan Nigeria membuktikan bahwa relasi antara kedua negara tersebut sangatlah besar. Siapa pemain favoritmu yang masuk ke dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Inggris Ini Punya Garis Keturunan Negara di Kepulauan Karibia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya