Comscore Tracker

Sempat Pindah, 5 Pemain Top Ini Putuskan Kembali Berseragam Ajax

Seolah tak bisa lepas dari kostum Ajax

Meski tak bermain di liga top Eropa, Ajax sejatinya mampu bersaing dengan klub papan atas lain. Tak hanya dari segi prestasi, klub ibu kota Belanda ini juga dikenal mahir dalam mengorbitkan pemain-pemain jempolan yang kini sudah dikenal luas.

Ajax pun bahkan memiliki beberapa pemain loyal. Setidaknya, ada sejumlah nama yang sempat pindah ke klub lain, tetapi akhirnya kembali pulang ke Ajax. Penasaran siapa saja mereka? Simak daftar dan ulasannya berikut ini, ya!

1. Ryan Babel

Sempat Pindah, 5 Pemain Top Ini Putuskan Kembali Berseragam AjaxRyan Babel (instagram.com/ryanbabel)

Tak hanya sekali, Ryan Babel pernah kembali ke Ajax sebanyak dua kali. Jebolan akademi Ajax ini sejatinya sempat berkelana ke beberapa klub top Eropa, seperti Liverpool dan Hoffenheim. Namun, pada musim panas 2012, ia memutuskan untuk pulang ke Ajax.

Babel hanya semusim di Ajax saat itu. Setelahnya, ia bertualang ke beberapa klub lain, dimulai dari Kasimpasa, Besiktas, hingga Galatasaray. Puncaknya, pada awal 2020, Babel akhirnya kembali ke Ajax. Ia hanya berstatus pinjaman dari Galatasaray selama 6 bulan.

2. Davy Klaassen

Sempat Pindah, 5 Pemain Top Ini Putuskan Kembali Berseragam AjaxDavy Klaassen (twitter.com/DavyKlaassen)

Davy Klaassen menemukan jati dirinya bersama Ajax. Promosi ke skuad utama pada 2012 lalu, ia mampu membawa Ajax konsisten di papan atas Eredivisie selama 5 musim. Sayangnya, Klaassen memilih untuk hijrah ke Everton pada musim panas 2017.

Pindah ke Inggris sepertinya bukanlah pilihan yang tepat. Performa Klaassen menurun sehingga dilepas ke Werder Bremen. Di klub ini, permainan Klaassen kembali meningkat. Usai 2 musim di Bundesliga, Klaassen akhirnya kembali ke Ajax pada 2020 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax Amsterdam ke Klub Ligue 1

3. Daley Blind

Sempat Pindah, 5 Pemain Top Ini Putuskan Kembali Berseragam AjaxDaley Blind (twitter.com/BlindDaley)

Awal karier Daley Blind dihabiskan bersama Ajax. Ia berhasil promosi ke tim senior pada musim 2009/2010 silam. Blind menjalani 5 musim yang menjanjikan lantaran jadi andalan di lini belakang de Amsterdammers. Tak heran klub sekelas Manchester United tertarik dengannya.

Blind akhirnya pindah ke kota Manchester pada 2014 lalu. Bersama Setan Merah, karier Blind selama 4 musim tak sepenuhnya berjalan buruk. Usai membawa Manchester United meraih beberapa trofi, Blind memutuskan untuk pulang ke Ajax pada musim panas 2018.

4. Klaas-Jan Huntelaar

Sempat Pindah, 5 Pemain Top Ini Putuskan Kembali Berseragam AjaxKlaas-Jan Huntelaar (twitter.com/Squawka)

Klaas-Jan Huntelaar menikmati perjalanan yang mulus bersama Ajax. Berstatus sebagai pemain akademi, ia memulai karier profesionalnya di skuad utama Ajax pada 2006 silam. Saat itu, Huntelaar tampil moncer di lini depan de Amsterdammers selama tiga musim.

Performa impresifnya dipantau oleh Real Madrid. Huntelaar lantas hijrah dari Ajax dan mulai berkelana bersama klub-klub lain. Selain Real Madrid, ia juga sempat membela AC Milan dan Schalke 04. Puncaknya, pada 2017 lalu, Huntelaar pulang ke Ajax secara gratis.

5. Bryan Brobbey

Sempat Pindah, 5 Pemain Top Ini Putuskan Kembali Berseragam AjaxBryan Brobbey (twitter.com/FabrizioRomano)

Terbaru pada musim panas 2022, Ajax memulangkan pemain mudanya, Bryan Brobbey. Ia dikembalikan dari RB Leipzig usai bertualang di Jerman selama semusim. Untuk membawanya kembali, Ajax harus membayar 16 juta euro alias Rp245 miliar.

Kedatangan pemuda 20 tahun itu cukup krusial. Pasalnya, Brobbey dinilai pas untuk mengisi lini depan Ajax musim depan. Apalagi, de Amsterdammers baru saja kehilangan penyerang andalannya, Sebastien Haller, yang merapat ke Borussia Dortmund.

 

Kembalinya kelima pemain di atas ke Ajax semata-mata bukan sebatas perjalanan karier saja. Ada loyalitas dan kecintaan yang besar terhadap Ajax yang membawa mereka untuk kembali ke klub asalnya.

Baca Juga: 10 Potret Brian Brobbey, Mesin Gol Muda asal Belanda

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya