5 Pemain yang Berhasil Diboyong Leeds United dari Klub Besar Eropa

Ada nama baru!

Leeds United kembali ke Premier League sejak musim 2020/2021 lalu. Berkat tangan dingin Marcelo Bielsa saat itu, The Whites menjelma tim kuda hitam yang sering kali mengejutkan tim papan atas. Hanya saja, penampilan impresif itu tak berlangsung lama.

Terlepas dari performa tim secara keseluruhan, keberhasilan Leeds United bertahan lama di Premier League tentu didukung oleh komposisi skuad yang mumpuni. Bahkan, dalam dua musim terakhir, The Whites sering memboyong pemain dari klub besar Eropa lainnya. Siapa saja?

1. Rodrigo Moreno

5 Pemain yang Berhasil Diboyong Leeds United dari Klub Besar EropaRodrigo Moreno (teamtalk.com)

Rodrigo Moreno menjadi pembelian termahal Leeds United sebelum kedatangan Brendon Aaronson. The Whites memboyong sang pemain dari Valencia dengan mahar 30 juta euro atau sekitar Rp466 miliar pada 2020 lalu. Moreno diharapkan mampu menjadi juru gedor Leeds yang produktif dan mendulang banyak gol.

Alih-alih bersinar, Moreno justru kesulitan beradaptasi di Negeri Ratu Elizabeth. Ketajaman eks pemain Benfica itu menurun saat membela The Whites. Secara keseluruhan, Moreno cuma mengoleksi 13 gol dan 3 assist dari 63 penampilan. Tak heran lini depan Leeds United sering disorot karena seret gol.

2. Junior Firpo

5 Pemain yang Berhasil Diboyong Leeds United dari Klub Besar EropaJunior Firpo (twitter.com/barcacentre)

Gagal jadi pilihan utama di Barcelona, Junior Firpo memutuskan angkat kaki. Ia berlabuh ke Leeds United dengan biaya 15 juta euro atau sekitar Rp233 miliar pada awal musim 2021/2022. Hengkang ke klub berjuluk The Whites itu setidaknya menyelamatkan karier Firpo yang nyaris tenggelam di Spanyol.

Firpo diandalkan Leeds di sisi kiri pertahanan. Tercatat ia sudah mengoleksi 28 penampilan dengan raihan 2 assists di semua kompetisi. Kesempatannya untuk bangkit kembali jelas terbuka lebar bersama The Whites. Terlebih kecepatan Firpo di sisi kiri permainan bakal dibutuhkan oleh timnya tersebut.

Baca Juga: 5 Transfer Paling Strategis pada Bursa Transfer Januari 2022

3. Jack Harrison

5 Pemain yang Berhasil Diboyong Leeds United dari Klub Besar EropaJack Harrison (teamtalk.com)

Jack Harrison bukanlah sosok asing bagi Leeds United. Ia sejatinya sudah berseragam The Whites sejak musim 2018/2019. Saat itu, Harrison dipinjam dari Manchester City. Keputusan itu berbuah manis. Harrison mampu berkembang menjadi salah satu pemain kunci Leeds di lini depan.

Durasi peminjamannya berlangsung selama tiga tahun. Puncaknya, pada musim panas 2021, Leeds United resmi mempermanenkan Harrison seharga 13 juta euro atau sekitar Rp202 miliar. Selama membela The Whites hingga sekarang, pemain asal Inggris itu sudah dipercaya tampil 165 kali di semua kompetisi.

4. Daniel James

5 Pemain yang Berhasil Diboyong Leeds United dari Klub Besar EropaDaniel James (twitter.com/Squawka)

Posisi Daniel James makin tak jelas di Manchester United. Terlebih, ia jarang diturunkan selama dua musim berkarier di Old Trafford. James akhirnya memilih pindah ke Leeds United pada musim panas 2021. Dalam proses kepindahannya itu, The Whites membayar biaya 29 juta euro atau sekitar Rp451 miliar.

Dengan pindah ke Leeds United, potensi James kembali mulai terasah. Ia dipercaya untuk tampil reguler di lini depan tim barunya tersebut. Pemain berkebangsaan Wales itu telah diturunkan dalam 37 penampilan di musim debutnya. Dari laga itu, James sukses membukukan 4 gol dan 5 assist.

5. Marc Roca

5 Pemain yang Berhasil Diboyong Leeds United dari Klub Besar EropaMarc Roca (twitter.com/LUFC)

Leeds United kembali memboyong pemain anyar di musim panas 2022. Setelah dua rekrutan baru dari RB Salzburg, kini The Whites berhasil mendapatkan jasa Marc Roca. Leeds menggaetnya dari klub raksasa Bundesliga, Bayern Munchen, dengan banderol 12 juta euro atau sekitar Rp186 miliar.

Roca bakal menambah kedalaman di lini tengah The Whites. Meskipun jarang diturunkan bersama Bayern Munchen sebelumnya, pemain Spanyol itu tetap memiliki potensi yang sejatinya masih bisa diasah lagi. Apalagi, Leeds United terancam bakal kehilangan sang gelandang andalan, Kalvin Phillips, yang diincar banyak klub.

 

Leeds United terus berbenah menghadapi musim baru yang super padat. Berkaca pada penampilannya yang nyaris terdegradasi dari Premier League musim lalu, akankah The Whites berhasil bangkit nantinya?

Baca Juga: Manchester City Ingin Rekrut Kalvin Phillips dari Leeds United

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya