5 Eks Pemain Olympique Lyon yang Melanjutkan Kariernya ke Serie A

Houssem Aouar resmi berlabuh ke AS Roma

Bursa transfer musim panas 2023 telah menyajikan sejumlah kepindahan pemain ke klub barunya. Houssem Aouar salah satunya. Ia bergabung dengan AS Roma setelah kontraknya bersama Olympique Lyon habis pada akhir musim 2022/2023.

Aouar menjadi mantan pemain Les Gones terbaru yang hijrah ke Serie A. Ia mengikuti jejak beberapa pemain lain yang memilih untuk berkarier di kompetisi tertinggi Italia tersebut. Termasuk Aouar, inilah 5 mantan pemain Lyon yang melanjutkan kariernya ke Serie A. 

1. Ishak Belfodil

5 Eks Pemain Olympique Lyon yang Melanjutkan Kariernya ke Serie AIshak Belfodil (herthabsc.com)

Ishak Belfodil mengakhiri petualangannya dengan Olympique Lyon pada musim panas 2012. Ia memutuskan untuk berkarier di Italia. Parma menjadi tujuan selanjutnya dalam karier pemain berpaspor Aljazair tersebut. Belfodil berseragam Parma selama musim dengan catatan positif.

Selama membela klub Serie A itu, Belfodil tampil apik dengan koleksi 9 gol dan 8 assist dari 57 penampilan. Aksinya itu mengundang minat dari Inter Milan. Belfodil lalu direkrut oleh Nerazzuri pada musim panas 2013. Sayangnya, performa Belfodil menurun drastis sehingga hanya bertahan selama semusim.

2. Maxime Gonalons

5 Eks Pemain Olympique Lyon yang Melanjutkan Kariernya ke Serie AMaxime Gonalons (twitter.com/ASRomaEN)

Olympique Lyon merupakan klub masa kecil Maxime Gonalons. Ia sudah akrab dengan seragam tempur Les Gones sejak masih belasan tahun. Namanya mulai promosi ke skuad utama pada musim 2009/2008. Sejak saat itu, Gonalons menjadi salah satu andalan Les Gones yang selalu tampil penuh pada tiap musim.

Namun, keduanya tetap berpisah. Gonalons memilih hengkang ke AS Roma pada musim panas 2017 lalu. Sayangnya, keputusan yang ia ambil ini justru keliru. Karier Gonalons hanya bertahan seumur jagung di Italia. Gonalons gagal bersinar setelah hanya mencatatkan 23 penampilan selama semusim.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Pergi dari AS Roma pada Musim Panas 2023

3. Nicolas N'Koulou

5 Eks Pemain Olympique Lyon yang Melanjutkan Kariernya ke Serie ANicolas N'Koulou (twitter.com/ChampionsLeague)

Musim 2016/2017 merupakan musim satu-satunya Nicolas N'Koulou berseragam Olympique Lyon. Ia lalu hijrah ke Torino pada musim berikutnya. N'Koulou sebenarnya bergabung dengan Il Toro melalui kesepakatan pinjaman. Namun, jasanya dipermanenkan karena performa N'Koulou yang cukup konsisten di Italia.

N'Koulou menjadi bek utama yang diandalkan oleh Torino selama tiga musim beruntun. Ia tampil solid dengan catatan 135 penampilan di semua kompetisi. Kebersamaannya dengan Torino berakhir pada musim panas 2021. N'Koulou sepakat untuk hengkang karena kontraknya sudah tak diperpanjang.

4. Ciprian Tatarusanu

5 Eks Pemain Olympique Lyon yang Melanjutkan Kariernya ke Serie ACiprian Tatarusanu (twitter.com/acmilan)

Ciprian Tatarusanu hanya membela Olympique Lyon selama semusim. Itu terjadi pada musim 2019/2020 lalu. Usai bersama Les Gones, Tatarusanu melanjutkan kariernya ke Italia. Ia bergabung dengan AC Milan. Dalam kepindahannya ini, Tatarusanu ditebus oleh Rossoneri dengan biaya 1 juta euro atau sekitar Rp16 miliar.

Tatarusanu tak terlalu banyak berkontribusi dalam permainan AC Milan. Ia hanya menjadi kiper pelapis dari Gianluigi Donnarumma serta Mike Maignan. Secara keseluruhan, Tatarusanu baru bermain dalam 37 pertandingan. Kontraknya pun bakal segera kadaluarsa pada akhir Juni 2023 mendatang.

5. Houssem Aouar

5 Eks Pemain Olympique Lyon yang Melanjutkan Kariernya ke Serie AHoussem Aouar (twitter.com/ASRomaEN)

Houssem Aouar resmi meninggalkan Olympique Lyon. Ia sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak yang habis pada akhir musim 2022/2023. Terkait klub barunya, Aouar memilih untuk hijrah ke AS Roma. Ia bergabung ke skuad asuhan Jose Mourinho itu dengan status bebas transfer.

AS Roma mengontraknya selama lima musim hingga Juni 2028 mendatang. Aouar bakal memperkuat lini serang Il Giallorosso. Dengan kualitas yang ia miliki, Aouar dinilai bisa menjadi suntikan amunisi yang penting bagi AS Roma. Ia juga diharapkan mampu beradaptasi secepat mungkin dengan gaya permainan klub barunya itu.

Tak banyak pemain Olympique Lyon yang hengkang ke Serie A. Bahkan dalam sedekade terakhir, hanya kelima pemain di atas yang melakukannya. Akankah ada nama baru yang mengikuti jejak mereka nantinya?

Baca Juga: 9 Fakta Houssem Aouar, Rekrutan Anyar AS Roma untuk 2023/2024

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya