5 Pemain Terakhir Olympique Marseille yang Dilepas Permanen ke Serie A

Arkadiusz Milik resmi dipermanenkan Juventus

Olympique Marseille sudah melakukan pergerakan masif pada bursa transfer musim panas 2023. Selain merekrut Ruslan Malinovskyi dan Amine Harit, Les Phoceens juga melepas beberapa pemain. Arkadiusz Milik salah satunya. Ia dilepas permanen ke Juventus.

Milik kembali ke Serie A usai bersinar di lini serang Marseille. Ia mengikuti jejak para pemain Les Phoceens lainnya yang juga hengkang ke Italia. Termasuk Milik, inilah 5 pemain terakhir yang dilepas oleh Olympique Marseille ke Serie A.

1. Mario Lemina

5 Pemain Terakhir Olympique Marseille yang Dilepas Permanen ke Serie AMario Lemina (twitter.com/LeminaM_13)

Mario Lemina mendarat ke Allianz Stadium pada musim panas 2015. Ia direkrut dengan status pinjaman dari Olympique Marseille. Tak disangka, Lemina mampu membuat manajemen Bianconeri terpikat. Jasanya lantas dipermanenkan dengan biaya 10 juta euro atau sekitar Rp164 miliar.

Selama berseragam Juventus, performa Lemina terus mengalami peningkatan. Ia mampu mengantongi 42 penampilan di semua kompetisi. Lemina hanya membela Juventus selama semusim. Meski cukup singkat, ia menjadi sumber pendapatan yang menggiurkan bagi Bianconeri saat dilepas ke Southampton.

2. Marley Ake

5 Pemain Terakhir Olympique Marseille yang Dilepas Permanen ke Serie AMarley Ake (twitter.com/juventusfcen)

Berganti klub merupakan opsi terbaik bagi Marley Ake. Ia tak mendapatkan menit bermain yang cukup di Olympique Marseille. Promosi pada awal musim 2019/2020, Ake hanya membukukan 26 penampilan di skuad utama Les Phoceens. Ia akhirnya hengkang ke Juventus pada pertengahan musim 2021/2022.

Ake tak langsung menghiasi skuad utama Juventus. Ia terlebih dahulu mengisi tim U-23 Bianconeri. Dalam beberapa kesempatan, Ake kerap mengisi daftar pemain di tim inti Juventus. Untuk memberikannya jam terbang yang lebih banyak, Bianconeri meminjamkan Ake ke Dijon pada musim dingin 2023 lalu. 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Membela Olympique Marseille pada 2022/2023

3. Maxime Lopez

5 Pemain Terakhir Olympique Marseille yang Dilepas Permanen ke Serie AMaxime Lopez (twitter.com/maximelopez)

Olympique Marseille menjual salah satu produk akademinya, Maxime Lopez, ke Sassuolo. Kesepakatan transfer ini terealisasi pada musim panas 2021 lalu. Saat itu, Sassuolo menebusnya dengan mahar 2,5 juta euro atau sekitar Rp41 miliar. Lopez dikontrak selama empat musim hingga Juni 2025 mendatang.

Kiprahnya bersama Sassuolo berjalan dengan mulus. Lopez berhasil mendapatkan satu tempat utama di lini tengah. Pemain berusia 25 tahun ini menjadi salah satu pilar penting di balik kestabilan permainan Sassuolo di papan tengah Serie A. Tercatat, Lopez sudah mengantongi 98 penampilan di semua ajang.

4. Nemanja Radonjic

5 Pemain Terakhir Olympique Marseille yang Dilepas Permanen ke Serie ANemanja Radonjic (instagram.com/n.radonjic7)

Nemanja Radonjic resmi menjadi milik Torino sepenuhnya pada musim panas 2023. Il Toro menebusnya secara permanen dari Olympique Marseille seharga 2 juta euro atau sekitar Rp33 miliar. Torino jatuh hati dengan penampilannya selama masa pinjaman. Radonjic memberikan warna baru di lini serang Il Toro.

Selama dipinjamkan, Radonjic merupakan tumpuan Torino dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan. Ia sudah mencetak 4 gol dan 3 assist dari 30 penampilan di semua kompetisi. Sayangnya, ia tak tampil penuh bersama Torino sebab menderita cedera sejak akhir April 2023 lalu.

5. Arkadiusz Milik

5 Pemain Terakhir Olympique Marseille yang Dilepas Permanen ke Serie AArkadiusz Milik (twitter.com/arekmilik9)

Arkadiusz Milik kembali menginjakkan kakinya ke Serie A pada musim panas 2023. Ia bergabung dengan Juventus usai dipinjam dari Olympique Marseille. Milik sudah tak asing dengan atmosfer Serie A sebab pernah berseragam Napoli. Tak ayal pengalamannya itu diharapkan bisa membantu Juventus agar bisa kembali bangkit.

Pada musim debutnya, Milik tak terlalu tampil mencolok. Ia hanya mencetak 9 gol dan 1 assist dari 41 penampilan di semua kompetisi. Namun, Bianconeri tetap menebusnya secara permanen. Pemain berpaspor Polandia itu dipermanenkan oleh Juventus dengan biaya 6 juta euro atau sekitar Rp98 miliar.

Mereka melanjutkan petualangannya ke Serie A usai berseragam Olympique Marseille. Namun, tak semuanya dari mereka punya perjalanan karier yang indah di Italia. Siapakah pemain Les Phoceens lain yang bakal menyusul jejak mereka nantinya?

Baca Juga: 10 Potret Arkadiusz Milik, Duet Tajam Dusan Vlahovic di Juventus

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya