Habis Kontrak, 5 Pemain Olympique Marseille Ini Hengkang secara Gratis

Florian Thauvin salah satunya!

Olympique Marseille merupakan salah satu klub papan atas di Ligue 1. Klub berjuluk Les Phoceens ini pernah berjaya pada medio 1980 dan 1990-an silam. Les Phoceens selalu dihuni oleh para pemain top dari musim ke musim.

Dalam beberapa musim terakhir, komposisi skuad Marseille terus berubah. Banyak pemain yang dilepas oleh Les Phoceens untuk membuat skuad tetap seimbang. Dari keseluruhan pemain itu, ada beberapa nama yang hengkang secara gratis karena kontraknya sudah berakhir. Inilah 5 pemain Olympique Marseille yang hengkang ke klub lain secara gratis.

1. Boubacar Kamara

Habis Kontrak, 5 Pemain Olympique Marseille Ini Hengkang secara GratisBoubacar Kamara (twitter.com/boubaKamara_4)

Boubacar Kamara merintis kariernya bersama Olympique Marseille. Ia sudah bergabung dengan tim akademi Les Phoceens sejak masih berusia enam tahun. Waktu demi waktu berlalu hingga namanya berhasil masuk ke skuad utama pada musim 2016/2017. Sejak saat itu, kualitasnya makin berkembang dengan pesat.

Kamara menjadi sosok tumpuan di lini tengah Les Phoceens. Meski begitu, ia memutuskan untuk berpisah pada musim panas 2022. Kamara tak memperpanjang kontraknya bersama Marseille. Ia sudah sepakat bergabung dengan Aston Villa. Kamara direkrut secara gratis oleh The Villans dan dikontrak selama lima musim.

2. Adil Rami

Habis Kontrak, 5 Pemain Olympique Marseille Ini Hengkang secara GratisAdil Rami (instagram.com/adilrami)

Adil Rami berpisah dengan Olympique Marseille pada akhir musim 2018/2019. Ia hengkang usai kontraknya bersama Les Phoceens sudah berakhir. Hal ini sekaligus mengakhiri kerja sama di antara keduanya yang sudah terjalin selama dua musim. Rami memilih pindah untuk mencoba tantangan yang baru.

Ia hengkang ke Fenerbahce dengan status bebas transfer. Namun, Rami hanya bertahan selama setengah musim. Rami tak menjadi pilihan utama Fenerbahce sebab hanya tampil sebanyak tujuh kali di semua ajang. Ia lalu memutuskan untuk pindah ke klub Rusia, Sochi, pada bursa transfer musim panas 2020.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Didatangkan Manchester City Bersama Mario Balotelli

3. Mario Balotelli

Habis Kontrak, 5 Pemain Olympique Marseille Ini Hengkang secara GratisMario Balotelli (twitter.com/EuropaLeague)

Karier Mario Balotelli bersama Olympique Marseille hanya bertahan seumur jagung. Ia bergabung dengan skuad Les Phoceens pada pertengahan musim 2018/2019. Enam bulan berselang, Balotelli memilih untuk hijrah ke klub lain. Ia sepakat untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama Marseille.

Balotelli lalu bergabung ke klub Italia, Brescia. Sayangnya, ia juga tak bertahan lama di klub ini. Balotelli berseragam Brescia hanya selama semusim penuh. Dalam waktu yang singkat itu, performanya juga biasa-biasa saja. Balotelli bermain sebanyak 19 kali dengan koleksi 5 gol di semua kompetisi.

4. Florian Thauvin

Habis Kontrak, 5 Pemain Olympique Marseille Ini Hengkang secara GratisFlorian Thauvin (instagram.com/flotov)

Nama Florian Thauvin dikenal luas sewaktu berseragam Olympique Marseille. Ia bersinar sehingga menjadi bagian dari skuad Timnas Prancis di Piala Dunia 2018 lalu. Thauvin menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Les Phoceens. Namun, ia memutuskan untuk pergi pada musim panas 2021.

Thauvin sepakat untuk tidak memperpanjang kontraknya yang habis pada akhir musim 2020/2021. Ia lalu berstatus bebas transfer dan bisa hengkang secara gratis. Thauvin pun tak butuh waktu lama mendapatkan klub baru. Ia merapat ke klub Meksiko, Tigres UANL, yang tertarik untuk merekrutnya.

5. Steve Mandanda

Habis Kontrak, 5 Pemain Olympique Marseille Ini Hengkang secara GratisSteve Mandanda (twitter.com/OM_English)

Steve Mandanda sudah dianggap sebagai salah satu legenda Olympique Marseille. Ia membela Marseille lebih dari sedekade. Meski begitu, akhir dari perjalanan kariernya justru tak dihabiskan bersama Les Phoceens. Mandanda memilih untuk hengkang ke Stade Rennes pada musim panas 2022 lalu.

Keputusannya untuk hengkang itu berbuah manis. Meski sudah berusia 38 tahun, Mandanda masih tampil kompetitif. Ia dipercaya sebagai kiper utama pada musim debutnya. Dari 42 penampilan yang ia jalani di semua kompetisi, Mandanda berhasil mengoleksi 15 clean sheet.

Kelima pemain di atas sebenarnya sangat diandalkan oleh Olympique Marseille. Mereka punya kontribusi yang besar dalam permainan Les Phoceens. Namun, karena beragam alasan, mereka enggan memperpanjang kontrak dan melanjutkan kariernya ke klub lain.

Baca Juga: 10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama Marseille

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya