5 Pemain Top yang Didatangkan Manchester City Bersama Mario Balotelli

Mereka memberi kontribusi luar biasa 

Manchester City mendatangkan Mario Balotelli dari Inter Milan dengan harga 29,5 juta euro atau Rp450 miliar pada 2010. Di klub Inggris itu, penyerang asal Italia tersebut reuni dengan Roberto Mancini.

Balotelli tampil cukup apik selama membela The Citizens dengan mencetak 30 gol dan 7 assist dari 80 pertandingan. Ia juga berhasil mempersembahkan gelar English Premier League (EPL) dan Piala FA.

Jika Mario Balotelli memiliki karier yang cukup baik, seperti apa karier lima pemain top yang didatangkan Manchester City bersama Mario Balotelli?

1. Jerome Boateng 

5 Pemain Top yang Didatangkan Manchester City Bersama Mario BalotelliJerome Boateng beraksi dalam pertandingan Manchester City melawan Fulham. (mancity.com)

Jerome Boateng direkrut Manchester City dari klub Jerman, Hamburger SV. Ia ditebus dengan harga sebesar 12,5 juta euro atau Rp190 miliar. Kehadiran sang pemain ketika itu diharapkan mampu membuat lini pertahanan The Citizens makin solid.

Sayangnya, Boateng justru gagal menunjukkan penampilan terbaiknya. Ia tercatat hanya berseragam Manchester City selama semusim. Sang pemain memainkan laga sebanyak 24 kali di semua kompetisi sebelum hengkang ke Bayern Munich.

2. Yaya Toure 

5 Pemain Top yang Didatangkan Manchester City Bersama Mario BalotelliYaya Toure (twitter.com/ManCity)

Karena tersingkir dari Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola, Yaya Toure memutuskan pindah ke Manchester City. Untuk memboyong gelandang asal Pantai Gading itu, The Citizens mengeluarkan uang sebesar 30 juta euro atau Rp458 miliar.

Tak butuh waktu lama, ia langsung memainkan peran penting di lini tengah Manchester City. Selama bermain di Stadion Etihad, Toure berhasil membukukan 79 gol serta 49 assist dalam 316 pertandingan.

Ia juga turut membantu timnya meraih sejumlah gelar domestik, yakni Premier League, Piala FA, dan Piala Liga Inggris. Toure akhirnya meninggalkan Manchester City pada 2018 dan memilih Olympiacos sebagai pelabuhan barunya.

Baca Juga: 5 Pemain Top Eropa yang Kini Berlaga di Liga Turki, Ada Balotelli

3. James Milner 

5 Pemain Top yang Didatangkan Manchester City Bersama Mario BalotelliJames Milner (twitter.com/ManCity)

Penampilan apik James Milner bersama Aston Villa ternyata membuat Manchester City jatuh hati. Alhasil, produk akademi Leeds United itu diboyong ke Stadion Etihad dengan biaya senilai 22 juta euro atau Rp336 miliar.

Ia tercatat menghabiskan waktunya bersama The Citizens selama 5 musim. Pada periode tersebut, Milner mampu mencatatkan 203 pertandingan dan menorehkan 19 gol serta 45 assist.

Tidak hanya itu, sang pemain juga menyumbangkan dua trofi Premier League. Setelah kontraknya berakhir, Milner memilih pindah ke Liverpool pada musim panas 2015.

4. David Silva 

5 Pemain Top yang Didatangkan Manchester City Bersama Mario BalotelliDavid Silva (twitter.com/ManCity)

David Silva mencuat pertama kali ketika membela Valencia. Ia kemudian bergabung dengan Manchester City pada 2010.

Pemain asal Spanyol ini datang ke Stadion Etihad dengan biaya transfer senilai 28,75 juta euro atau Rp439 miliar. Selama 10 musim di Manchester City, Silva memainkan laga sebanyak 436 pertandingan.

Ia berhasil membukukan 77 gol dan 140 assist dari seluruh penampilannya tersebut. Pemain berusia 36 tahun ini juga mempersembahkan total tiga belas gelar juara. Itu termasuk empat trofi Premier League.

Silva meninggalkan Stadion Etihad pada 2010 setelah kontraknya berakhir. Ia kini membela Real Sociedad.

5. Aleksandar Kolarov 

5 Pemain Top yang Didatangkan Manchester City Bersama Mario BalotelliAleksandar Kolarov (twitter.com/ManCity)

Aleksandar Kolarov bermain di kompetisi top Eropa pertama kali bersama Lazio pada 2007. Performanya saat itu ternyata membuat Manchester City kepincut dan memutuskan merekrutnya pada 2010.

Kolarov didatangkan ke Stadion Etihad dengan mahar sebesar 24 juta euro atau Rp366 miliar. Ia tercatat membela Manchester City selama 7 tahun. Dari 247 pertandingan, ia berhasil membukukan 21 gol dan 37 assist.

Kariernya bersama The Citizens berakhir pada 2017. Sang pemain memilih hengkang ke AS Roma.

Sederet pemain di atas berhasil memberikan dampak yang luar biasa bagi Manchester City. Kini hanya tersisa James Milner yang masih aktif bermain di Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Dilepas Manchester City Secara Gratis ke Klub Lain

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya