5 Pemain Muda Barcelona Ini Dilepas ke Klub LaLiga Lain, Jarang Tampil

Minimnya jam terbang jadi alasan mereka pindah

Barcelona memiliki akademi yang kehebatannya begitu masyhur. Akademi yang biasa disebut La Masia ini sudah melahirkan banyak pemain hebat dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, La Blaugrana tak perlu khawatir kekurangan amunisi muda nan berkualitas.

Banyaknya pemain muda tentu bagus untuk regenerasi skuad. Akan tetapi, hal ini juga menjadi bumerang tersendiri apabila mereka kekurangan jam terbang. Setidaknya, ada sejumlah lulusan La Masia yang dilepas ke klub LaLiga lain demi bisa tampil reguler.

1. Marc Cucurella

5 Pemain Muda Barcelona Ini Dilepas ke Klub LaLiga Lain, Jarang TampilMarc Cucurella (instagram.com/cucurella3)

Jebolan akademi La Masia satu ini punya pengalaman pahit di skuad utama Barcelona. Marc Cucurella sejatinya sudah mengisi satu tempat di tim inti sejak 2018. Sayangnya, ia kesulitan bersaing dengan Jordi Alba yang nyaris tak tergantikan.

Cucurella lantas dipinjamkan ke Getafe pada awal 2019. Kepindahan ini pun berbuah manis. Dirinya mampu berkembang dengan dipercaya jadi bek kiri utama. Cucurella dipermanenkan dan sudah mengoleksi 86 penampilan bersama Getafe.

Cucurella kemudian bermain di Inggris bersama Brighton & Hove Albion sejak 2001. Ia tampil apik di sana. Cucurella pun kini menjadi incaran sejumlah klub.

2. Juan Miranda

5 Pemain Muda Barcelona Ini Dilepas ke Klub LaLiga Lain, Jarang TampilJuan Miranda (instagram.com/juanmiranda)

Dominasi Jordi Alba di pos bek kiri Barcelona berefek domino. Salah satunya mematikan asa talenta La Masia untuk berkembang.

Situasi ini tak hanya dirasakan Cucurella, tetapi Juan Miranda juga turut tak bersinar. Namanya jadi penghias skuad utama saja.

Promosi ke tim senior pada 2019, Miranda harus menjalani beberapa kali peminjaman. Ia lalu dipinjamkan ke Real Betis selama semusim pada 2020.

Miranda mendapatkan kepercayaan jadi bek kiri utama. Dirinya sudah dipermanenkan.

Baca Juga: Bojan Krkic, Legenda La Masia yang Meredup pada Usia Dewasa

3. Carles Alena

5 Pemain Muda Barcelona Ini Dilepas ke Klub LaLiga Lain, Jarang TampilCarles Alena (instagram.com/carlesalenya)

Barcelona dikenal dengan lini tengahnya yang berisikan pemain jempolan. Namun, akibat banyaknya opsi gelandang, tak semua nama bisa tampil reguler bersama La Blaugrana. Hal ini dialami Carles Alena yang terpaksa hengkang akibat minim jam terbang.

Jebolan akademi La Masia ini tak mampu jadi pilihan utama Barcelona. Alhasil, Alena sempat dipinjamkan beberapa kali, termasuk ke Getafe.

Bersama klub inilah Alena mulai menunjukkan kemampuannya. Tak ayal apabila Getafe mengikatnya secara permanen pada 2021.

4. Munir El Haddadi

5 Pemain Muda Barcelona Ini Dilepas ke Klub LaLiga Lain, Jarang TampilMunir El Haddadi (instagram.com/munirhaddadi)

Karier Munir El Haddadi perlahan tenggelam dari permukaan. Namanya sempat dicap potensial lantaran menimba ilmu di akademi sekaliber La Masia.

Sayangnya, bakatnya tak tersalurkan dengan baik akibat kesempatan bermain yang minim di skuad utama. Munir lebih banyak menghabiskan waktunya di klub lain dengan status pinjaman, seperti Valencia dan Alaves.

Tak mau terus-terusan seperti itu, Munir membulatkan tekad untuk pindah. Ia menerima tawaran dari Sevilla yang merekrutnya pada awal 2019.

5. Oscar Mingueza

5 Pemain Muda Barcelona Ini Dilepas ke Klub LaLiga Lain, Jarang TampilOscar Mingueza (instagram.com/rccelta)

Oscar Mingueza menjadi nama terbaru yang dilepas Barcelona pada musim panas 2022. Jebolan akademi La Masia ini merapat ke Celta Vigo usai dipastikan tersingkir dari skuad inti. Padahal Mingueza sempat jadi andalan La Blaugrana era Ronald Koeman.

Pemuda berusia 23 tahun itu mulai promosi ke skuad utama pada 2020/2021. Sayangnya, nasib Mingueza kurang beruntung. Kedatangan beberapa rekrutan baru ke Barcelona membuat dirinya terpaksa hengkang demi menyelamatkan karier.

La Masia memiliki reputasi bagus sebagai salah satu penghasil bakat-bakat potensial. Namun, tak semua lulusannya punya karier yang mapan di Barcelona, seperti yang dialami kelima pemain muda di atas.

Baca Juga: 10 Potret Alejandro Grimaldo, Alumni La Masia yang Bersinar di Benfica

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya