5 Pemain Muda yang Mencatatkan Debut di Liga Europa Musim 2020/2021

Ada yang masih berusia 17 tahun

Perhelatan Liga Europa musim 2020/2021 telah rampung beberapa saat yang lalu. Hasilnya adalah Villarreal berhasil menjadi kampiun usai mengalahkan Manchester United di final lewat adu penalti. Selain itu, terdapat beragam fakta dan cerita menarik di kompetisi kasta kedua di Eropa tersebut.

Salah satunya adalah tentang performa para pemain di atas lapangan. Ada yang sukses tampil impresif dan ada juga yang tampil di bawah performa terbaiknya. Selain itu, ada juga para pemain muda yang sukses membuat debut perdananya di Liga Europa musim ini. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Daniel Maldini

5 Pemain Muda yang Mencatatkan Debut di Liga Europa Musim 2020/2021Daniel Maldini (acmilan.theoffside.com)

Dinasti keluarga Maldini di dunia sepak bola terus berlanjut. Setelah  Cesare Maldini dan anaknya, Paolo Maldini, kini muncul talenta potensial dari keturunan tersebut. Dia adalah Daniel Maldini, pemain AC Milan yang baru naik kasta musim ini. Meski hanya tampil 8 kali, Maldini tetap menjadi aset berharga Rossoneri. 

Selain itu, pemain yang berusia 19 tahun tersebut juga menorehkan capaian manis lainnya, yaitu debut di Liga Europa musim ini. Ia memulai kiprah perdananya saat membantu Milan menggasak Sparta Praha dengan skor 3-0 di fase penyisihan grup Oktober tahun lalu. Meski hanya bermain 2 menit, laga tersebut merupakan momen spesial baginya.

Baca Juga: Dinasti Maldini Berlanjut di AC Milan

2. Shola Shoretire

5 Pemain Muda yang Mencatatkan Debut di Liga Europa Musim 2020/2021Shola Shoretire (90min.com)

Shola Shoretire menjalani musim ini dengan sangat baik di Manchester United. Kendati masih menjadi bagian tim U-23 Setan Merah, pemain berpaspor Inggris tersebut beberapa kali dibawa tim utama dalam suatu pertandingan. Puncaknya, ia berhasil mencatatkan debut perdana di Liga Europa.

Hal itu terjadi saat Manchester United berhadapan dengan Real Sociedad di leg ke-2 babak 16 besar. The Red Devils yang unggul jauh saat itu memasukkan pemain-pemain muda ke dalam skuadnya, tak terkecuali Shoretire. Ia dipercaya tampil sebagai pemain pengganti dan bermain selama 14 menit.

3. Teun Koopmeiners

5 Pemain Muda yang Mencatatkan Debut di Liga Europa Musim 2020/2021Teun Koopmeiners (sempreinter.com)

Masih berusia 23 tahun, Teun Koopmeiners, telah menjadi sosok penting bagi AZ Alkmaar. Selain diandalkan untuk mengisi pos gelandang jangkar, Koopmeiners juga dipercaya menjadi kapten utama. Tak mengherankan bila pemain berpaspor Belanda tersebut sukses tampil reguler di musim ini.

Selain itu, Koopmeiners juga berhasil mencatatkan debut di Liga Europa. Ia melakukannya saat AZ Alkmaar bersua Napoli di penyisihan grup F Oktober tahun lalu. Di laga tersebut, Koopmeiners tampil penuh selama 90 menit dan membawa tim kebanggaannya tersebut menang dengan skor 1-0.

4. Emile Smith Rowe

5 Pemain Muda yang Mencatatkan Debut di Liga Europa Musim 2020/2021Emile Smith Rowe (goal.com)

Emile Smith Rowe juga menjadi salah satu pemain yang mencatatkan debut di Liga Europa musim ini. Pemain berusia 20 tahun ini melakukan momen indah tersebut pada November tahun lalu. Berjumpa Molde di fase penyisihan grup, Smith Rowe bermain selama 15 menit dan sukses mencetak 1 assist.

Secara keseluruhan, performa pemain berpaspor Inggris ini terbilang menjanjikan di Liga Europa. Ia membuat 11 penampilan dengan raihan 1 gol dan 3 assist. Hebatnya lagi, Smith Rowe berperan besar di balik kesuksesan The Gunners melangkah ke fase semifinal meski akhirnya harus takluk dari Villarreal.

5. Florian Wirtz

5 Pemain Muda yang Mencatatkan Debut di Liga Europa Musim 2020/2021Florian Wirtz (bundesliga.com)

Rekor demi rekor terus dipecahkan oleh Florian Wirtz sejak naik kasta ke tim utama Bayer Leverkusen. Sebelumnya, ia menjadi pemain dan pencetak gol termuda Leverkusen di ajang Bundesliga. Musim ini pemain berusia 18 tahun tersebut kembali menyedot perhatian banyak pihak di kalangan sepak bola.

Ia sukses membuat debut di Liga Europa saat usianya masih 17 tahun dan 15 hari. Hal tersebut terealisasi saat Leverkusen bertemu Nice di fase penyisihan grup C. Bermain selama 17 menit sebagai pemain pengganti, Wirtz berhasil membantu timnya menang telak dengan skor 6-2 di akhir laga.

 

Dengan usia yang masih muda, kelima pemain di atas tentu memiliki masa depan yang cerah dalam kariernya. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 10 Potret Florian Wirtz, The Next Kai Havertz Milik Bayer Leverkusen

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya