5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier League

RB Leipzig meraup keuntungan besar

RB Leipzig sebenarnya baru unjuk gigi pada medio 2010-an. Dengan waktu yang sesingkat itu, Die Roten Bullen sukses menunjukkan tajinya di Bundesliga Jerman. Mereka bahkan mampu bersaing secara konsisten di papan atas klasemen.

Kebijakan transfer yang mumpuni menjadi salah satu kunci keberhasilan RB Leipzig. Mereka gemar melahirkan pemain berbakat. Beberapa di antaranya lalu berlabuh ke klub lain, khususnya English Premier League (EPL) yang dikenal sangat kompetitif.

Inilah 5 pemain terakhir yang dilepas RB Leipzig ke klub Premier League.

1. Naby Keita

5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier LeagueNaby Keita (premierleague.com)

Liverpool berhasil mendaratkan Naby Keita dari RB Leipzig. Pemain berpaspor Guinea itu resmi merapat ke Anfield pada musim panas 2018. The Reds menebusnya dengan biaya 60 juta euro atau sekitar Rp989 miliar.

Alih-alih bisa menjadi pilihan utama, kiprahnya bersama Liverpool justru angin-anginan. Keita kesulitan bersaing karena masalah cedera hingga inkonsistensi. Alhasil, dirinya baru bermain dalam 129 penampilan di semua ajang.

2. Timo Werner

5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier LeagueTimo Werner (instagram.com/timowerner)

Timo Werner memilih Chelsea sebagai klub baru yang akan dibelanya. Ia hijrah ke skuad berjuluk The Blues itu pada musim panas 2020 lalu. Saat itu, Werner direkrut dengan biaya mencapai 53 juta euro atau sekitar Rp874 miliar.

Dipenuhi dengan tekanan tinggi, Werner cukup kesulitan di Inggris. Produktivitas golnya menurun tajam saat berseragam The Blues dengan koleksi 23 gol saja. Setelah 2 musim yang sulit, Werner akhirnya pulang ke RB Leipzig pada musim panas 2022.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kembali ke Bundesliga Musim Panas 2022, Ada Timo Werner

3. Ibrahima Konate

5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier LeagueIbrahima Konate (instagram.com/ibrahimakonate)

Pemain selanjutnya adalah Ibrahima Konate. Ia resmi berpisah dengan RB Leipzig pada akhir musim 2020/2021. Liverpool menjadi klub barunya setelah ditebus dengan mahar 40 juta euro atau sekitar Rp659 miliar.

Konate memperkuat barisan lini belakang The Reds yang cukup rapuh sebelumnya. Ia mampu menggeser Joel Matip dan Joe Gomez sebagai pilihan utama. Tercatat, Konate sudah bermain dalam 48 penampilan di semua kompetisi.

4. Hwang Hee Chan

5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier LeagueHwang Hee-chan (instagram.com/hwangheechan)

Setelah gagal bersinar di RB Leipzig akibat masalah cedera, Hwang Hee Chan dilepas ke Wolverhampton Wanderers. Ia merapat ke skuad Wolves pada musim panas 2021.

Awalnya, Hwang berstatus pinjaman selama semusim penuh. Ia mampu tampil menjanjikan sehingga manajemen Wolves bersedia mempermanenkannya. Hwang ditebus seharga 17 juta euro atau sekitar Rp280 miliar. Ia dikontrak hingga Juni 2026 mendatang.

5. Tyler Adams

5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier LeagueTyler Adams (twitter.com/tyler_adams14)

RB Leipzig kembali melepas pemainnya ke klub Premier League pada musim panas 2022. Kali ini, giliran Tyler Adams yang hijrah ke Inggris. Ia bergabung dengan Leeds United usai ditebus seharga 17 juta euro atau sekitar Rp280 miliar.

Adams mengisi lini tengah The Whites yang ditinggal Kalvin Phillips. Namun, musim debutnya di Inggris cukup berliku. Adams sudah bermain sebanyak 26 kali di semua ajang. Meski begitu, timnya tengah terpuruk di papan bawah klasemen.

RB Leipzig mengikuti kebiasaan Borussia Dortmund yang menjual pemainnya dengan harga mahal. Dalam kasus penjualan kelima pemain di atas, Die Roten Bullen bahkan dapat menerima keuntungan besar hingga berkali-kali lipat.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 5 sebelum Ibrahima Konate

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya