5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 5 sebelum Ibrahima Konate

Georginio Wijnaldum salah satunya

Ibrahima Konate merupakan salah satu bek muda yang dimiliki Liverpool saat ini. Pemuda berusia 23 tahun ini kerap mengisi pos bek tengah. Dirinya tampaknya dipersiapkan sebagai penerus bek tengah veteran, Virgil van Dijk, yang sudah memasuki usia kepala tiga.

Sejak didatangkan dari RB Leipzig pada 1 Juli 2021 lalu, Konate selalu mengenakan nomor punggung 5 di Liverpool. Ternyata, ada juga beberapa pemain yang pernah menjadi pengguna nomor punggung 5 di Liverpool sebelum Konate. Siapa saja?

1. Mark Wright

5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 5 sebelum Ibrahima KonateMark Wright (liverpoolfc.com)

Mark Wright adalah pemain Liverpool era '90-an yang sudah lama gantung sepatu dari lapangan hijau. Pria yang kini berusia 59 tahun ini pensiun pada 1 Juli 1998. Liverpool pun menjadi klub yang paling lama dibela Wright semasa aktif bermain.

Pemain berposisi bek tengah asal Inggris ini menghabiskan 7 tahun (1991--1998) berseragam The Reds dan mengenakan nomor punggung 5 saat itu. Wright pribadi membukukan 9 gol dan 8 assists dalam 210 pertandingan di semua ajang bersama Liverpool.

2. Steve Staunton

5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 5 sebelum Ibrahima KonateSteve Staunton (liverpoolfc.com)

Selanjutnya ada pria asal Irlandia bernama Steve Staunton. Sama dengan Mark Wright, dirinya juga sudah pensiun sebagai pemain sepak bola profesional. Staunton sendiri pensiun pada 1 Desember 2005.

Pria yang kini sudah berusia 53 tahun ini biasa menempati pos bek kiri, namun juga sanggup menjadi bek tengah hingga gelandang bertahan. Staunton yang memiliki 102 caps dan 8 gol bersama Timnas Irlandia memakai nomor punggung 5 pada musim 1998/1999 hingga 1999/2000.

Baca Juga: MU Masih Kalem Ketikung Liverpool dalam Perburuan Gakpo

3. Milan Baros

5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 5 sebelum Ibrahima KonateMilan Baros (liverpoolfc.com)

Milan Baros masih aktif bermain di lapangan hijau meski sudah berusia 41 tahun. Pemain berkebangsaan Republik Ceko ini kini memperkuat FK Vigantice. Jauh sebelum itu, dirinya sempat menghabiskan 3 tahun berseragam Liverpool (2002--2005).

Nomor punggung 5 pun menjadi pilihan Baros kala itu. Berposisi sebagai penyerang, Baros telah berkontribusi sedikitnya 27 gol dan 11 assists dalam 108 pertandingan di semua ajang bersama Liverpool.

4. Daniel Agger

5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 5 sebelum Ibrahima KonateDaniel Agger (liverpoolfc.com)

Berikutnya ada pemain asal Denmark bernama Daniel Agger. Pria berusia 38 tahun ini sudah gantung sepatu pada 1 Juli 2016 silam. Jauh sebelum itu, Agger sempat cukup lama memperkuat Liverpool, yakni selama 8 tahun (2006--2014) dan memakai nomor punggung 5 selama itu.

Pemain berposisi bek tengah ini telah membukukan 14 gol dan 11 assists dalam 232 pertandingan bersama The Reds. Selain itu, Agger juga berpengalaman membela Timnas Denmark dengan koleksi 75 caps dan 12 gol.

5. Georginio Wijnaldum

5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 5 sebelum Ibrahima KonateGeorginio Wijnaldum (liverpoolfc.com)

Georginio Wijnaldum menjadi pemain termuda sekaligus salah satu yang masih aktif bermain dalam daftar ini. Pria berusia 32 tahun ini kini merumput di Serie A Italia bersama AS Roma sebagai pinjaman dari klub asalnya, PSG.

Sebelum menjadi bagian dari PSG, Wijnaldum sempat bermain selama 5 tahun di Liverpool (2016--2021) dan memakai nomor punggung 5 di sana. Pemain yang biasa mengisi pos gelandang tengah ini menjadi pemilik nomor punggung 5 di Liverpool tepat sebelum Ibrahima Konate.

 

Masih berada di usia emas, Ibrahima Konate memiliki potensi besar yang bisa dieksplorasi ke depannya. Jika terus giat berlatih dan menjaga konsistensinya, bukan tidak mungkin dirinya akan menjadi bek tengah kaliber bintang di masa mendatang dan melampaui torehan para pengguna nomor punggung 5 sebelumnya.

Baca Juga: Nasib Georginio Wijnaldum, Terbuang dan Terpinggirkan oleh Keadaan

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya