5 Pemain Termahal Newcastle United dari Luar Premier League

Sandro Tonali ditebus dari AC Milan

Newcastle United memanfaatkan musim panas 2023 untuk memperkuat skuad. Itu dilakukan sebab mereka bakal kembali bermain di Liga Champions Eropa. The Magpies sudah mengamankan jasa beberapa pemain, termasuk Sandro Tonali. Ia direkrut dari AC Milan sebagai opsi utama di lini tengah.

Perekrutan Tonali masuk ke dalam sejarah The Magpies sebagai salah satu rekrutan termahal. Selain dirinya, sederet pemain mahal lainnya juga punya kesamaan. Mereka masih berusia muda dan direkrut dari luar English Premier League (EPL).

Inilah pemain termahal Newcastle United dari luar Premier League itu.

1. Alexander Isak

5 Pemain Termahal Newcastle United dari Luar Premier LeagueAlexander Isak (premierleague.com)

Alexander Isak bergabung dengan Newcastle United pada musim panas 2022. Kepindahannya dari Real Sociedad itu menelan biaya besar. Isak ditebus The Magpies seharga 70 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Itu menjadikannya sebagai rekrutan termahal dalam sejarah Newcastle United.

Dibebani tekanan besar karena label mahalnya, Isak mampu melewatinya dengan mulus. Ia berhasil membuktikan ketajamannya bersama Newcastle United. Meski sempat menepi karena cedera, Isak tetap tampil impresif. Ia sudah mencetak 10 gol dan 3 assist dari 27 penampilan.

2. Sandro Tonali

5 Pemain Termahal Newcastle United dari Luar Premier LeagueSandro Tonali (twitter.com/NUFC)

Newcastle United berhasil mendaratkan gelandang andalan AC Milan, Sandro Tonali. Perekrutan sang pemain terealisasi pada musim panas 2023. The Magpies harus menebusnya seharga 64 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Tonali dikontrak selama 5 musim ke depan.

Kehadiran Tonali sangat dibutuhkan Newcastle United. Di sisi lain, keputusan AC Milan untuk melepasnya dinilai sebagai sebuah blunder. Beragam spekulasi pun muncul. Rossoneri dikabarkan menjual Tonali demi menyeimbangkan neraca keuangan tim yang dilanda krisis finansial.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Italia yang Berkarier di Premier League, Tonali Terbaru

3. Joelinton

5 Pemain Termahal Newcastle United dari Luar Premier LeagueJoelinton (twitter.com/NUFC)

Newcastle United jatuh hati dengan aksi impresif Joelinton di TSG Hoffenheim. Tak main-main, The Magpies berani mengeluarkan biaya 44 juta euro atau sekitar Rp737 miliar demi memboyong Joelinton ke Inggris. Transfer ini akhirnya rampung pada musim panas 2019 lalu.

Hasilnya pun berbuah manis. Joelinton mampu membuktikan dirinya layak dibeli mahal. Ia menyegel satu tempat di lini serang Newcastle United. Hingga akhir musim 2022/2023, pemain berpaspor Brasil itu sudah tampil 157 kali. Dari laga itu, Joelinton sukses mencetak 22 gol dan 11 assist.

4. Bruno Guimaraes

5 Pemain Termahal Newcastle United dari Luar Premier LeagueBruno Guimaraes (instagram.com/brunoguimaraes)

Keberhasilan Newcastle United tetap bertahan di Premier League 2021/2022 tak lepas dari kontribusi signifikan para pemain barunya. The Magpies merekrut sejumlah pemain anyar pada musim dingin 2022. Selain Kieran Trippier, ada juga Bruno Guimaraes yang direkrut dari Olympique Lyon.

Untuk mendapatkannya, Newcastle United harus membayar 42 juta euro atau sekitar Rp703 miliar. Pembelian ini sepenuhnya tepat. Pasalnya, Guimaraes mampu tampil apik di lini tengah The Magpies. Ia sangat diandalkan dengan catatan 57 penampilan serta mencetak 10 gol dan 6 assist.

5. Sven Botman

5 Pemain Termahal Newcastle United dari Luar Premier LeagueSven Botman (twitter.com/NUFC)

Sven Botman berkembang pesat di Lille. Ia bersinar bersama Les Dogues sehingga diincar beberapa klub Eropa. Botman akhirnya meninggalkan Lille pada musim panas 2022. Ia sepakat untuk hengkang ke Newcastle United seharga 37 juta euro atau sekitar Rp619 miliar.

Harga mahal yang dikeluarkan The Magpies tak sia-sia. Botman berhasil menjadi tembok kokoh di jantung pertahanan timnya. Pemuda berusia 23 tahun itu sudah tampil reguler pada musim debutnya. Botman diturunkan dalam total 44 penampilan di semua ajang.

Newcastle United mengancam hegemoni klub papan atas Premier League. The Magpies membangun skuad yang matang dengan perpaduan pemain senior berpengalaman dan pemain muda berbakat. Akankah mereka bisa memberi kejutan lainnya pada musim depan?

Baca Juga: Bruno Guimaraes dan Nomor 39 yang Terinspirasi dari Sopir Taksi

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya