Comscore Tracker

5 Pemain Top Ini Memilih Gunakan Nama Depannya di Jersey, Unik

Ada pemain favoritmu?

Tak melulu tentang hasil pertandingan, sepak bola juga punya banyak sisi menarik yang bisa diulik kembali. Salah satunya yaitu mengenai jersey kebanggaan setiap tim. Dengan apparel berbeda yang menaunginya, tiap klub punya ciri khas sendiri dalam menafsirkan makna dari jerseynya.

Berhubungan dengan itu, setiap jersey pemain tentu lekat akan nama dan nomor punggung. Maklum saja, tiap pemain bakal identik dengan nomor punggung yang ia pakai selama ini.

Selain itu, untuk permasalahan nama di jersey, umumnya banyak pemain yang menggunakan nama belakang. Namun, berbeda dengan kelima pemain ini yang justru memilih memakai nama depannya di jersey. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Dele Alli

5 Pemain Top Ini Memilih Gunakan Nama Depannya di Jersey, UnikDele Alli (eurosport.com)

Nama Dele Alli mulai harum sewaktu bergabung bersama Tottenham Hotspur pada tahun 2015 lalu. Diawal kedatangannya, ia sempat menggunakan nama 'Alli' di jersey. Namun, di musim keduanya atau tepatnya 2016/2017, pemain berusia 25 tahun tersebut memutuskan untuk menggantinya menjadi 'Dele'.

Menurut pengakuannya, Dele mengaku melakukan hal itu lantaran kecewa dengan sang ayah yaitu, Kehinde Alli. Semasa ia masih belia, Dele menerima perlakuan tidak mengenakkan dengan ditinggal pergi oleh sang ayah. Akibatnya, ia juga sempat diasuh oleh orang lain yang kini menjadi orangtua angkat Dele.

2. Alexis Sanchez

5 Pemain Top Ini Memilih Gunakan Nama Depannya di Jersey, UnikAlexis Sanchez (eurosport.com)

Tak ada alasan pasti mengapa Alexis Sanchez menukar namanya di jersey. Saat awal-awal kariernya, ia memang melakukan hal serupa dengan pemain lain, yaitu menggunakan nama belakang di jersey. Kebiasaan itu terus berlanjut, bahkan saat Alexis tampil di putaran final Piala Dunia 2010 lalu.

Setelahnya, hal berbeda Alexis lakukan di Barcelona. Direkrut La Blaugrana musim 2011/2012 lalu, ia memutuskan untuk memami nama depan 'Alexis' dibandingkan nama belakangnya. Sampai sekarang, Alexis masih mempertahankan kebiasaan itu, meski telah beberapa kali pindah ke klub lain.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Tidak Menggunakan Nama Aslinya, Unik!

3. Memphis Depay

5 Pemain Top Ini Memilih Gunakan Nama Depannya di Jersey, UnikMemphis Depay (talksport.com)

Pengalaman masa kecil begitu mempengaruhi karier sepak bola Memphis Depay, bahkan dalam urusan nama di jersey. Seperti yang kita tahu, ia menggunakan nama 'Memphis' ketimbang 'Depay' hingga saat ini. Usut punya usut, Memphis melakukannya karena kecewa dengan sang ayah.

Ayahnya yang bernama Dennis Depay meninggalkan Memphis di usianya yang masih 4 tahun. Akibat perlakuan suram itu, pemain berusia 27 tahun tersebut merasa sakit hati. Dengan tak menggunakan nama 'Depay', Memphis sudah merasa tak punya hubungan lagi dengan ayah kandungnya sendiri.

4. James Rodriguez

5 Pemain Top Ini Memilih Gunakan Nama Depannya di Jersey, UnikJames Rodriguez (goal.com)

James Rodriguez mulai mencuri perhatian banyak pihak karena performa impresifnya di Piala Dunia 2014 lalu. Setelahnya, nama James mulai dikenal usai diboyong Real Madrid ke Santiago Bernabeu. Meski saat ini hanya merumput untuk Everton, tetap tak bisa menghilangkan capaian apik yang sudah ia raih.

Berhubungan dengan namanya di jersey, mungkin kerap dihiraukan oleh penggemar sepak bola. Alasannya memilih nama 'James' dibandingkan 'Rodriguez' juga tak banyak disorot.

Namun, keputusannya menggunakan nama 'James' sudah tepat dikarenakan pesepak bola top bernama itu lebih sedikit dibandingkan dengan mereka bernama 'Rodriguez'. Pelafalan namanya bukan 'James' seperti di 'James Bond', ya, tapi yang benar adalah 'Hamez'.

5. Virgil van Dijk

5 Pemain Top Ini Memilih Gunakan Nama Depannya di Jersey, UnikVirgil van Dijk (90min.com)

Keadaan yang hampir serupa dengan Dele Alli dan Memphis Depay juga dialami oleh Virgil van Dijk. Akibat perlakuan sang ayah, Virgil memutuskan untuk tak lagi memakai nama 'van Dijk' di jerseynya hingga sekarang. Menilik lebih jauh, ayahnya yang bernama Ron van Dijk telah meninggalkan Virgil sedari ia masih belia.

Bukan hanya dirinya, ibu dan dua saudara kandung Virgil juga ikut ditelantarkan sang ayah. Akibat kejadian itu, Virgil harus banting tulang membantu sang ibu demi mencukupi kebutuhan keluarganya sehari-hari. Beruntungnya, kini van Dijk sudah jadi pesepak bola ternama yang begitu populer di seluruh belahan dunia.

 

Sebagian besar dari para pemain di atas menggunakan nama depan karena punya permasalahan kompleks dalam kehidupan masa kecilnya. Selain mereka, kira-kira siapa lagi pemain top yang menggunakan nama depan di jerseynya?

Baca Juga: 10 Pemain Terbaik dengan Nama Depan David, dari de Gea Hingga Beckham

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya