5 Pemain Top Italia Terakhir yang Pindah ke EPL, Ada Nama Baru!

Gianluca Scamacca resmi merapat ke West Ham United

West Ham United sukses mendapatkan penyerang muda Italia, Gianluca Scamacca, pada musim panas 2022. Scamacca menjadi rekrutan keempat The Hammers sejauh ini. Sebelumnya ada Alphonse Areola, Flynn Downes, dan Nayef Aguerd.

Scamacca mengikuti jejak sejumlah pemain Italia yang hengkang ke English Premier League (EPL). Hanya sedikit pemain Italia yang kini berkarier di kasta tertinggi Inggris itu.

Termasuk Scamacca, inilah lima pemain top Italia terakhir yang pindah ke EPL.

1. Jorginho

5 Pemain Top Italia Terakhir yang Pindah ke EPL, Ada Nama Baru!Jorginho (instagram.com/jorginhofrello)

Jorginho mengikuti jejak sang pelatih di Napoli, Maurizio Sarri, untuk hengkang ke Chelsea. Proses kepindahannya ini terealisasi pada musim panas 2018. Saat itu, The Blues harus membayar biaya sebesar 57 juta euro atau sekitar Rp547 miliar.

Harga mahal yang dikeluarkan Chelsea akhirnya tak sia-sia. Jorginho menjelma jadi gelandang andalan The Blues yang masih bertahan hingga sekarang. Secara keseluruhan, dirinya sudah tampil 188 kali dengan balutan kostum Chelsea.

2. Moise Kean

5 Pemain Top Italia Terakhir yang Pindah ke EPL, Ada Nama Baru!Moise Kean (twitter.com/premierleague)

Demi mendapatkan jam terbang, Moise Kean memilih hengkang dari Juventus. Ia melanjutkan kariernya ke Everton pada musim panas 2019.

Kean ditebus dengan banderol 27,5 juta euro atau sekitar Rp418 miliar. Sayang, ia gagal bersinar bersama The Toffees.

Kean tak menjadi pilihan utama di lini depan. Ia baru mengoleksi 39 penampilan saja. Pemain berusia 22 tahun itu lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Dimulai dari Paris Saint-Germain, kemudian Juventus yang merupakan klub masa kecilnya sejak musim panas 2021 lalu.

Baca Juga: Dimakan Usia, 5 Gelandang yang Dapat Gantikan Jorginho di Chelsea

3. Patrick Cutrone

5 Pemain Top Italia Terakhir yang Pindah ke EPL, Ada Nama Baru!Patrick Cutrone (twitter.com/Wolves)

Patrick Cutrone sempat mencuat sewaktu membela AC Milan. Hanya saja, kariernya di klub ini tak berlangsung lama.

Cutrone memutuskan untuk pindah ke Wolverhampton Wanderers pada 2019. Ia dibeli seharga 18 juta euro atau setara Rp274 miliar.

Alih-alih bisa bersinar, kiprahnya di Inggris justru meredup. Cutrone kekurangan menit bermain lantaran hanya dijadikan pelapis.

Alhasil, ia harus menjalani beberapa kali peminjaman ke klub lain secara beruntun Ini dimulai dari Fiorentina, Valencia, hingga Empoli.

4. Pierluigi Gollini

5 Pemain Top Italia Terakhir yang Pindah ke EPL, Ada Nama Baru!Pierluigi Gollini (premierleague.com)

Tottenham Hotspur resmi meminjam jasa Pierluigi Gollini pada musim panas 2021. Ia didatangkan dari Atalanta untuk menjadi cadangan Hugo Lloris.

Terbukti, sepanjang 2021/2022, Gollini jarang diberikan kesempatan bermain. Kiper berusia 27 tahun itu hanya tampil sebanyak sepuluh kali bersama The Lilywhites.

Tak ayal apabila Tottenham tak tertarik untuk mengikatnya secara permanen. Gollini lantas kembali ke Atalanta dan langsung dipinjamkan ke klub Serie A lainnya, yaitu Fiorentina.

5. Gianluca Scamacca

5 Pemain Top Italia Terakhir yang Pindah ke EPL, Ada Nama Baru!Gianluca Scamacca (instagram.com/westham)

Premier League kembali kedatangan wajah baru asal Italia pada musim panas 2022. Pemain yang dimaksud adalah Gianluca Scamacca.

Ia resmi bergabung dengan West Ham United. Menurut laporan Fabrizio Romano, ia dibeli seharga 36 juta euro alias Rp547 miliar dari Sassuolo.

Scamacca dikontrak jangka panjang berdurasi 5 tahun oleh West Ham United. Hadirnya pemuda 22 tahun itu bakal menambah daya serang The Hammers.

Ia sudah ditunggu deretan penyerang West Ham lain. Sebut saja Said Benrahma hingga Jarrod Bowen. 

Kepindahan Scamacca bakal meramaikan aksi pemain Italia yang berkarier di EPL 2022/2023. Bisakah dirinya tampil tajam bersama The Hammers?

Baca Juga: 10 Fakta Patrick Cutrone, Striker Muda AC Milan yang Tampil Gemilang

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya