Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Borussia Monchengladbach, Ada Reus

Deretan pemain ternama!

Borussia Monchengladbach merupakan klub kontestan Bundesliga yang mempunyai sejarah panjang sejak berdirinya. Meski begitu, Gladbach masih tertutup bayang-bayang klub elite asal Jerman lainnya macam Borussia Dortmund dan Bayern Munchen.

Di samping itu, klub berjuluk Die Fohlen ini juga pernah menjadi pelabuhan bagi sederet pemain ternama dalam menjalani kariernya. Dari sekian pesepak bola bintang tersebut, 5 pemain ini memiliki karier yang paling mencolok. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Thorgan Hazard

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Borussia Monchengladbach, Ada ReusThorgan Hazard. (goal.com)

Sebelum merumput bersama Borussia Dortmund, Thorgan Hazard sempat berkelana dengan Borussia Monchengladbach. Saudara kandung Eden Hazard itu berkiprah selama 5 musim di sana dan berhasil menyedot atensi banyak pihak. Semua bermula saat Thorgan masih berstatus sebagai pemain Chelsea.

Bersama klub London tersebut, Thorgan begitu kesulitan menembus skuad inti dan lebih sering dipinjamkan. Benar saja, ia sempat dipinjamkan ke Gladbach pada musim 2014/2015. Bersama Die Fohlen, Thorgan menunjukkan performa impresif yang membuat manajemen klub membelinya secara permanen. Ia lantas bertahan selama 4 musim setelahnya dan akhirnya dilepas ke Borussia Dortmund.

2. Dante

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Borussia Monchengladbach, Ada ReusDante. (goal.com)

Nama Dante sempat melambung tajam selama membela Bayern Munchen pada rentang waktu 2012 sampai 2015. Bek berpaspor Brasil ini menghabiskan sebagian besar kariernya dengan membela beberapa klub top di Jerman, tak terkecuali Borussia Monchengladbach. Ia bergabung dengan Die Fohlen setelah direkrut dari Standard Liege pada musim 2009/2010.

Kebersamaannya untuk Gladbach terjalin selama 3 musim dan ia sangat dipercaya tampil di jantung pertahanan dalam setiap laganya. Tercatat, pria berusia 37 tahun tersebut membuat 103 penampilan dengan torehan 8 gol. Musim 2012/2013, Dante melanjutkan petualangannya bersama Bayern Munchen dan kini membela klub Ligue 1, OGC Nice.

Baca Juga: 5 Top Skor Borussia Monchengladbach Sepanjang Sejarah, Jupp Heynckes?

3. Granit Xhaka

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Borussia Monchengladbach, Ada ReusGranit Xhaka. (goal.com)

Sebelum mekar bersama Arsenal, Granit Xhaka sempat menghabiskan 4 musim kariernya untuk membela Borussia Monchengladbach. Bersama klub Bundesliga tersebut juga Xhaka mulai menarik atensi sejumlah klub elite Eropa. Awalnya, Xhaka bergabung dengan Gladbach pada musim 2012/2013 dari FC Basel. Ia kemudian tampil impresif di lini tengah Die Fohlen dan membuatnya bertahan lama.

Secara keseluruhan, gelandang berpaspor Swiss ini mengoleksi 140 penampilan bersama Gladbach. Dari laga tersebut, Xhaka berhasil menorehkan 9 gol dan 8 assist. Kolaborasinya dengan Die Fohlen terhenti musim 2015/2016 karena Xhaka yang memutuskan hijrah ke Arsenal. Sampai saat ini, Xhaka masih bertahan bersama klub berjuluk The Gooners tersebut.

4. Marc-Andre ter Stegen

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Borussia Monchengladbach, Ada ReusMarc-Andre ter Stegen. (bleacherreport.com

Marc-Andre ter Stegen dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Hal tersebut bukan tanpa sebab mengingat penampilan impresif yang ia tunjukkan bersama Barcelona dalam beberapa musim terakhir. Menariknya, kiper berusia 29 tahun ini memulai karier sepak bolanya dengan bergabung bersama Borussia Monchengladbach.

Sejak usia 4 tahun, ter Stegen telah akrab dengan jersey klub berjuluk Die Fohlen. Debut pertamanya bersama skuad inti terjadi pada musim 2010/2011. Ter Stegen bertahan selama 4 tahun setelahnya dengan mengoleksi 127 penampilan dan mengemas 45 clean sheet. Pada musim 2014/2015, Barcelona mengangkut kiper Jerman ini ke Camp Nou.

5. Marco Reus

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Borussia Monchengladbach, Ada ReusMarco Reus. (goal.com)

Dikenal karena kesetiaannya untuk Borussia Dortmund, Marco Reus ternyata juga pernah membela klub lain sebelumnya, seperti Rot Weiss Ahlen dan Borussia Monchengladbach. Nah, terkhusus bagi Gladbach, Reus bermain di sana dalam waktu yang cukup lama, yaitu 3 musim. Ia mulai bergabung bersama Die Fohlen pada musim 2009/2010.

Beroperasi sebagai gelandang serang, Reus tampil menjanjikan selama berseragam Gladbach. Tercatat, Reus berhasil menorehkan 41 gol dan 28 assist dari 109 pertandingan yang ia mainkan. Borussia Dortmund akhirnya kepincut melihat performa Reus saat itu, dan memboyongnya ke Signal Iduna Park pada musim 2012/2013.

 

Walaupun tak setenar Bayern Munchen dan Borussia Dortmund, kehebatan Borussia Monchengladbach dalam melahirkan pemain-pemain ternama tak perlu diragukan lagi.

Baca Juga: 9 Potret Marco Reus, Kapten Borussia Dortmund yang Super Keren

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya