5 Pemain Top yang Pernah Dipinjam Brighton & Hove Albion

Ada Jesse Lingard

Brighton & Hove Albion merupakan salah satu tim kelas menengah di English Premier League (EPL). Sejak promosi pada 2017/2018, klub berjuluk The Seagulls itu selalu konsisten finis di papan tengah klasemen. Meski demikian, Brighton sejatinya tak bisa dianggap remeh.

Dari segi kualitas pemain, Brighton telah menyumbang beberapa pemain hebat, seperti Yves Bissouma dan Ben White. Ada juga beberapa pemain top yang pernah singgah ke Brighton walau sebatas pinjaman.

1. Tim Krul

5 Pemain Top yang Pernah Dipinjam Brighton & Hove AlbionTim Krul (skysports.com)

Tim Krul menjalani sebagian besar kariernya bersama Newcastle United. Namun, bukan berarti kiprahnya selalu dihabiskan bersama The Magpies.

Ia harus dipinjamkan beberapa kali ke klub lain, termasuk Brighton. Kiper asal Belanda itu membela The Seagulls pada 2017 lalu.

Pindah ke Brighton, karier Krul tak mengalami peningkatan signifikan. Ia hanya jadi cadangan yang hanya tampil lima kali dalam semusim.

Usai masa baktinya berakhir, Krul langsung dilepas ke Newcastle United pada musim panas 2018. Ia pergi dengan status bebas transfer.

2. Leonardo Ulloa

5 Pemain Top yang Pernah Dipinjam Brighton & Hove AlbionLeonardo Ulloa (twitter.com/OptaJoe)

Leonardo Ulloa merupakan salah satu komponen penting Leicester City saat juara Premier League 2015/2016. Hanya saja, masa keemasannya tak berlangsung lama. Diawali dengan hadirnya pemain baru di skuad Leicester, posisi Ulloa berada di ujung tanduk.

Puncaknya, pria asal Argentina itu harus rela dipinjamkan, tepatnya ke Brighton, pada awal 2018. The Seagulls sejatinya bukan klub asing bagi Ulloa karena mereka pernah berkolaborasi. Namun, Ulloa gagal bersinar dengan hanya mencetak 2 gol dari 12 laga.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Brighton Sepanjang Sejarah, Ben White Tertinggi!

3. Jonathan Obika

5 Pemain Top yang Pernah Dipinjam Brighton & Hove AlbionJonathan Obika (twitter.com/wearebrighton)

Jonathan Obika tak seberuntung lulusan akademi Tottenham Hotspur lainnya. Alih-alih semerbak di level teratas, Obika justru menjalani karier di sejumlah klub semenjana Inggris. Ia terpaksa dipinjamkan beberapa kali karena kurangnya jam terbang.

Brighton menjadi salah satu destinasi yang pernah disinggahinya. Itu terjadi pada musim dingin 2014. Namun, belum setengah musim dipinjamkan, Obika sudah dikembalikan pada Maret 2014. Ia baru tampil delapan kali bersama The Seagulls di berbagai ajang.

4. Fikayo Tomori

5 Pemain Top yang Pernah Dipinjam Brighton & Hove AlbionFikayo Tomori (twitter.com/OfficialBHAFC)

Sebelum promosi ke tim senior Chelsea, Fikayo Tomori terlebih dahulu dipinjamkan ke Brighton. Ia didatangkan pada pertengahan 2016/2017. Walau hanya 6 bulan membela The Seagulls, Tomori sukses memberikan efek positif bagi timnya.

Ia dipercaya turun dalam sepuluh pertandingan. Hebatnya lagi, Tomori mampu membawa Brighton promosi ke Premier League usai absen dalam 3 dekade sebelumnya. Performa menjanjikan yang ia tunjukkan membuat Chelsea tak ragu memasukkannya ke skuad utama.

5. Jesse Lingard

5 Pemain Top yang Pernah Dipinjam Brighton & Hove AlbionJesse Lingard (twitter.com/OfficialBHAFC)

Kisah Jesse Lingard bersama Manchester United tak selamanya berjalan mulus. Ia beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, termasuk Brighton.

Lingard bergabung dengan The Seagulls pada pertengahan 2013/2014. Saat itu, ia masih berstatus pemain muda Manchester United.

Hasilnya terbukti positif. Lingard mampu menunjukkan permainan apik di lini tengah Brighton.

Ia sukses mengemas 4 gol dan 4 assist dalam 17 laga di semua ajang. Terpikat dengan performanya, Manchester United segera mempromosikan Lingard ke skuad inti.

Brighton & Hove Albion memang bukan tim favorit juara di Premier League. Meski begitu, klub berjuluk The Seagulls ini selalu menjadi wadah yang tepat bagi para pemain muda untuk mengembangkan kariernya.

Baca Juga: 5 Pemain Brighton dengan Banderol Termahal saat Ini

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya