Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela LOSC Lille, Deretan Bintang!

Ada Eden Hazard juga, lho!

Sepak bola Prancis tentu identik dengan klub kaya rayanya, Paris Saint Germain. Namun, di balik gemerlapnya klub tersebut, masih banyak klub hebat Prancis lainnya yang tertutup dominasi Le Parisiens, salah satunya adalah LOSC Lille. Bahkan, musim ini Lille menarik banyak perhatian dengan memuncaki klasemen sementara Ligue 1.

Sepanjang sejarahnya, Lille pernah diperkuat oleh pemain-pemain top yang tengah merintis karier di masa mudanya. Salah satu pemain yang paling terkenal karena pernah bermain di Lille adalah Eden Hazard. Nah, termasuk Hazard, IDN Times sudah berhasil merangkum 5 pemain top yang pernah berkarier di LOSC Lille. Penasaran siapa saja? Dibaca sampai tuntas, ya.

1. Dimitri Payet

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela LOSC Lille, Deretan Bintang!planetfootball.com

Nama Dimitri Payet tentu sudah tak asing di telinga pencinta sepak bola. Pemain asal Prancis ini mulai dikenal saat tampil gemilang bersama West Ham United beberapa musim yang lalu. Namun, jauh sebelum itu, pemain Olympique Marseille ini ternyata pernah berkarier di LOSC Lille saat masa mudanya.

Hal itu terjadi dalam waktu 2 tahun, tepatnya dari tahun 2011 hingga 2013. Selama periode tersebut, Payet berkembang pesat sebagai winger di lini serang Lille. Secara keseluruhan, Payet mencatatkan 95 penampilan kala itu serta berhasil mencetak 19 gol dan 31 assist. Setelahnya, ia didatangkan oleh klub sesama Ligue 1, Olympique Marseille di awal musim 2013/2014 lalu.

Baca Juga: 10 Pemain LOSC Lille dengan Gaji Tertinggi Musim 2020/2021

2. Divock Origi

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela LOSC Lille, Deretan Bintang!liverpooloffside.sbnation.com

Pemain selanjutnya yang pernah membela LOSC Lille adalah Divock Origi. Saat ini, Origi bermain untuk Liverpool meski hanya berstatus pelapis. Namun, ia dikenal berkat kelihaiannya dalam beberapa laga penting The Reds. Origi sukses menjadi juru selamat berkat gol krusialnya. Menilik perjalanan kariernya, Origi pernah menimba ilmu di Lille saat masih belasan tahun.

Tepatnya pada tahun 2010 lalu, ia bergabung bersama akademi Lille dan mulai menunjukkan potensi. Perlahan, ia berhasil naik ke tim berbagai kelompok umur Lille hingga akhirnya dipromosikan pada musim 2013/2014. Total, Origi mencatatkan 89 penampilan bersama Lille dengan raihan 16 gol dan 5 assist. Setelah setahun dipromosikan, Origi dilego ke Liverpool pada tahun 2014 silam.

3. Gervinho

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela LOSC Lille, Deretan Bintang!uefa.com

Nama Gervinho mulai mekar saat direkrut Arsenal pada tahun 2011 lalu. Pemain berpaspor Pantai Gading ini memiliki kualitas olah bola yang mumpuni sebagai seorang winger. Hal itu tak lepas dari perjalanan kariernya dulu yang juga pernah merumput bersama Lille. Ia berseragam Lille selama 2 musim, dari tahun 2009 hingga 2011.

Meski kolaborasi keduanya tak berlangsung lama, Gervinho memberikan kontribusi vital bagi Lille. Bila ditotal, Gervinho membuat 93 penampilan dengan torehan 36 gol dan 20 assist. Statistik yang begitu apik hingga membuatnya diboyong Arsenal. Setelah membela The Gunners, Gervinho berpetualang di sejumlah klub, seperti AS Roma, Hebei China Fortune, hingga bersama klubnya sekarang, yaitu Parma.

4. Lucas Digne

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela LOSC Lille, Deretan Bintang!losc.fr

Beralih ke pemain bertahan, ada nama bek kiri Prancis, Lucas Digne. Pemain yang saat ini bermain untuk Everton telah malang melintang di sejumlah klub top Eropa, seperti PSG, AS Roma, dan juga Barcelona. Namun, sebelum membela ketiganya, Digne berkarier di LOSC Lille sejak masih berusia belia, tepatnya dari tahun 2005 silam.

Bersama Lille, Digne berkembang menjadi talenta berbakat Prancis hingga berhasil masuk skuad utama pada tahun 2011. Selama 2 musim di skuad senior, Digne tampil cemerlang dengan beroperasi di sisi kiri pertahanan tim. Ia mencatatkan 62 penampilan dengan raihan 3 gol dan 3 assist. Pada awal musim 2013/2014, PSG resmi merekrutnya ke Paris.

5. Eden Hazard

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela LOSC Lille, Deretan Bintang!goal.com

Status Lille sebagai penghasil pemain hebat memang tak perlu diragukan lagi. Di antara keseluruhan pemain top yang merupakan alumni Lille, nama Eden Hazard menjadi yang terpopuler. Pemain berusia 30 tahun ini pernah berseragam Lille saat merintis kariernya dulu, yaitu dari tahun 2005 hingga 2012. Ia direkrut dari klub Belgia, Tubize. Selama 3 tahun di tim akademi, Hazard sukses tampil apik dan mengasah bakatnya.

Pada 2008, Hazard promosi ke skuad utama Lille dan bertahan dalam waktu yang cukup lama, yaitu 4 tahun. Ia juga menjadi aktor penting di balik kesuksesan Lille menjuarai Ligue 1 musim 2010/2011 silam. Secara keseluruhan, Hazard mencatatkan 194 penampilan dengan torehan 50 gol dan 53 assist. Ia pun hijrah ke Chelsea pada tahun 2012 hingga diboyong Real Madrid dengan harga fantastis pada 2019 lalu.

 

Selain kelima nama di atas, terdapat beberapa pemain top lain yang juga pernah memperkuat Lille, seperti Johan Cabaye, Adil Rami, dan juga Stephan Lichsteiner. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi LOSC Lille, Ribery hingga Eden Hazard!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya