Comscore Tracker

Ragam Alasan, 5 Pemain Veteran Tak Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020

Deretan pemain bintang!

Piala Eropa 2020 adalah salah satu kompetisi sepak bola antarnegara termegah di dunia tahun ini. Meski cakupannya hanya di Benua Eropa saja, Piala Eropa mampu menyedot jutaan pasang mata dari belahan dunia lainnya karena kehadiran sederet pemain bintang. Terdapat banyak pemain top yang bakal tampil di Piala Eropa 2020.

Selain itu, sejumlah pemain senior juga turut dipanggil, seperti Karim Benzema dan Cesar Azpilicueta. Namun, ternyata ada juga beberapa pemain veteran yang tak bisa berpartisipasi di Piala Eropa 2020. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Samir Handanovic

Ragam Alasan, 5 Pemain Veteran Tak Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020Samir Handanovic (twitter.com/SempreIntercom)

Samir Handanovic menjadi aktor penting di balik kesuksesan Inter Milan meraih Scudetto musim ini. Kehadirannya di bawah mistar gawang Nerazzuri nyaris tak tergantikan dan begitu diandalkan. Namun, lain halnya saat membela Timnas Slovenia. Handanovic hanya menjadi pelapis dari kiper utama, Jan Oblak.

Selain itu, kiper berusia 36 tahun tersebut juga dipastikan tak dapat tampil di Piala Eropa 2020 nanti. Bukan karena masalah cedera, melainkan Timnas Slovenia yang harus pulang lebih awal di fase kualifikasi. Tergabung di grup G bersama Polandia, Austria, dan Makedonia Utara, Handanovic dan kolega harus puas berstatus juru kunci.

2. Franck Ribery

Ragam Alasan, 5 Pemain Veteran Tak Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020Franck Ribery (goal.com)

Franck Ribery masih aktif sebagai pesepak bola di usianya yang kini sudah 38 tahun. Membela Fiorentina selama 2 musim terakhir, Ribery tampil reguler meski gagal membawa timnya bersaing di papan atas Serie A. Di Piala Eropa 2020 nanti, eks pemain Bayern Munchen tersebut juga tak dipanggil ke skuad Timnas Prancis.

Hal tersebut kian menambah panjang ketidakhadiran Ribery di skuad Prancis. Bagaimana tidak, terakhir kali ia membela timnas negaranya tersebut terjadi pada 2014 lalu di ajang persahabatan. Di Piala Eropa tahun ini, Timnas Prancis lebih memilih nama lain, seperti Kingsley Coman dan Ousmane Dembele.

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi LOSC Lille, Ribery hingga Eden Hazard!

3. Gianluigi Buffon

Ragam Alasan, 5 Pemain Veteran Tak Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020Gianluigi Buffon (goal.com)

Pesepak bola aktif dengan usia 40 tahun ke atas mungkin sesuatu yang jarang ditemui. Seperti yang dialami oleh Gianluigi Buffon, ia masih berkarier di lapangan hijau kendati sudah berusia 43 tahun. Hebatnya lagi, Buffon tetap menunjukkan aksi gemilang di bawah mistar gawang saat diberikan kesempatan tampil.

Namun, di Piala Eropa 2020 ini, nama Buffon tak dimasukkan Roberto Mancini ke dalam skuad Timnas Italia. Sang pelatih lebih mempercayai slot 3 kiper utama Gli Azzuri kepada Gianluigi Donnarumma, Alex Meret dan Salvatore Sirigu. Selain itu, karier Buffon juga tengah dalam sorotan karena memutuskan hijrah dari Juventus musim depan.

4. Sergio Ramos

Ragam Alasan, 5 Pemain Veteran Tak Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020Sergio Ramos (eurosport.co.uk)

Musim 2020/2021 menjadi musim yang penuh aral bagi seorang Sergio Ramos. Hal tersebut bukan tanpa sebab bila menilik statistiknya musim ini. Ia lebih sering menepi lantaran dibekap cedera berkepanjangan. Hal tersebut juga menjadi faktor utama Ramos tak masuk skuad Timnas Spanyol di Piala Eropa 2020.

Keputusan pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, tak memanggil Ramos sempat menuai kontroversi. Pemain berusia 35 tahun tersebut memang punya pengaruh besar di skuad La Furia Roja, terutama jiwa kepemimpinannya. Namun, kondisi fisik Ramos yang belum fit 100% membuat Timnas Spanyol memilih untuk tak memanggilnya.

5. Zlatan Ibrahimovic

Ragam Alasan, 5 Pemain Veteran Tak Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020Zlatan Ibrahimovic (eurosport.com)

Baru saja mengumumkan bakal kembali membela Timnas Swedia pada Maret lalu, Zlatan Ibrahmovic justru mengalami nasib apes. Ia mengalami cedera lutut sewaktu membantu AC Milan mengalahkan Juventus dengan skor 3-0 pada pertengahan Mei lalu. Cedera tersebut membuat Ibra harus menepi dalam waktu lama.

Tak hanya itu, penantiannya untuk membela Timnas Swedia di Piala Eropa 2020 juga harus kandas. Kehilangan Ibrahimovic tentu menjadi kerugian besar bagi Swedia. Apalagi, pemain berusia 39 tahun tersebut merupakan sosok yang punya pengaruh besar dalam skuad, baik jiwa kepemimpinan maupun kemampuannya mengangkat moral tim.

 

Dengan ragam alasan, ketidakhadiran 5 pemain veteran di atas pada Piala Eropa 2020 tentunya begitu disayangkan. Siapa favoritmu?

Baca Juga: Piala Eropa hingga Piala AFF, Acara Olahraga di Tahun 2021

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya