Dibeli Mahal, 5 Pemain Ini Masih Belum Mampu Tampil Apik di Klubnya

Apakah blunder merekrut mereka dengan harga mahal?

Dalam beberapa musim terakhir, perputaran uang antarklub top Eropa kian tak terbendung. Hal ini bisa dilihat dari mudahnya tiap klub mendatangkan pemain incaran mereka dengan harga selangit. Terlebih lagi, momen ini kerap terjadi sesudah saga transfer Neymar yang hijrah ke PSG musim 2017/2018 lalu.

Ada beberapa pemain yang hengkang ke klub lain dengan harga mahal meski kualitas dan kemampuannya belum begitu teruji. Dari nama-nama itu ada pula yang berhasil tampil apik, tapi ada juga sederet pemain yang gagal bersinar di klub barunya. Berikut 5 pemain yang belum mampu tampil maksimal meski direkrut dengan harga mahal.

1. Nicolas Pepe

Dibeli Mahal, 5 Pemain Ini Masih Belum Mampu Tampil Apik di KlubnyaNicolas Pepe (eurosport.com)

Dalam urusan transfer pemain, Arsenal tak terlalu jor-joran untuk mendatangkan pemain berharga tinggi. Namun, The Gooners pernah mengubah prinsipnya itu saat merekrut Nicolas Pepe di musim panas 2019. Manajemen Arsenal rela mengeluarkan dana 80 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun demi membawa Pepe dari Lille.

Pemain Pantai Gading itu memang masih berstatus sebagai bagian dari skuad The Gooners, tetapi Pepe gagal tampil menjanjikan di lini depan timnya. Ia juga acap kali inkonsisten yang berdampak ke produktivitas Arsenal yang menurun. Ia cuma mencetak 24 gol dan 15 assist dari 89 penampilan di semua kompetisi.

2. Kepa Arrizabalaga

Dibeli Mahal, 5 Pemain Ini Masih Belum Mampu Tampil Apik di KlubnyaKepa Arrizabalaga (90min.com)

Chelsea seolah melakukan panic buying saat merekrut Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao. Usai kehilangan Petr Cech, The Blues tanpa pikir panjang langsung merekrut Kepa dengan harga fantastis, 80 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun. Padahal, kiper Spanyol itu dinilai belum teruji untuk tampil di level teratas Negeri Ratu Elizabeth.

Benar saja, Kepa gagal memenuhi ekspektasi manajemen Chelsea akibat performa buruknya. Sempat menjadi kiper utama The Blues dalam dua musim pertamanya, Kepa acap kali membuat blunder dan mati langkah saat menghadapi tembakan lawan. Situasi makin rumit karena kini ia cuma berstatus pelapis dari Edouard Mendy.

Baca Juga: Bakal Hengkang dari Chelsea, Kepa Arrizabalaga ke Atletico Madrid? 

3. Eden Hazard

Dibeli Mahal, 5 Pemain Ini Masih Belum Mampu Tampil Apik di KlubnyaEden Hazard (eurosport.com)

Kehilangan Cristiano Ronaldo berdampak besar terhadap pundi-pundi gol Real Madrid yang menurun drastis. Demi mengatasi paceklik gol itu, Madrid akhirnya mendatangkan nama baru untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Ronaldo. Pemain itu adalah Eden Hazard, eks penggawa Chelsea yang bersinar selama 7 musim di Inggris.

Saat menggaet Hazard, biaya yang dikeluarkan Madrid adalah sebesar 115 juta euro atau sekitar Rp2 triliun. Namun, Hazard justru tak tampil istimewa selama berseragam Los Blancos. Pemain berpaspor Belgia itu bahkan cuma membuat 43 penampilan sejauh ini akibat dari cedera panjang yang terus menghantuinya selama di Spanyol.

4. Joao Felix

Dibeli Mahal, 5 Pemain Ini Masih Belum Mampu Tampil Apik di KlubnyaJoao Felix (eurosport.co.uk)

Joao Felix mencuri atensi dengan penampilan apiknya saat menjalani musim debut di tim utama Benfica. Banyak klub top Eropa mulai memantaunya. Pada akhirnya, Atletico Madrid berani membayar mahal Felix dengan biaya 127,2 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun.

Atletico yang baru saja ditinggal Antoine Griezmann saat itu tentu berharap banyak pada Felix. Akan tetapi, ia belum mampu tampil maksimal dan menyamai harga mahalnya itu. Felix  baru mencetak 19 gol dan 9 assist dari 76 penampilan. Tak hanya itu, kehadiran Luis Suarez membuatnya harus bekerja ekstra keras demi mendapatkan tempat utama.

5. Ousmane Dembele

Dibeli Mahal, 5 Pemain Ini Masih Belum Mampu Tampil Apik di KlubnyaOusmane Dembele (eurosport.fr)

Uang hasil penjualan Neymar digunakan Barcelona untuk merekrut pemain anyar. Salah satu pemain yang didatangkan Barcelona saat itu adalah Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund. La Blaugrana rela mengucurkan biaya 135 juta euro atau sekitar Rp2,3 triliun. Oleh karena itu, nama Dembele masuk sebagai jajaran rekrutan pemain termahal Barcelona.

Memiliki posisi yang sama dengan Neymar, sejatinya Dembele diproyeksikan untuk mengisi tempat yang ditinggal pemain Brasil itu. Kendati demikian, penampilan Dembele hingga saat ini masih jauh dari kata memuaskan. Ia sering menepi lama dari lapangan hijau akibat cedera berkepanjangan yang terus menghantui karier sepak bolanya.

 

Diwarnai beragam alasan, kelima pemain di atas justru tak mampu bersinar meski diboyong dengan harga selangit. Namun, tak menutup kemungkinan bagi mereka untuk menjadi andalan klubnya bila mampu memperbaiki penampilan dan performa dan diatas lapangan.

Baca Juga: Diisukan Hengkang, 6 Calon Klub Baru bagi Ousmane Dembele!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya