5 Pembelian Mahal Chelsea dari Klub Ligue 1 dalam Sedekade Terakhir

Tak semuanya mampu tampil sesuai harapan

Performa Chelsea mengalami pasang surut dalam sedekade terakhir. Meski begitu, aktivitas transfer The Blues terus gencar dari musim ke musim. Beberapa rekrutannya digaet dengan harga mahal, bahkan memecahkan rekor transfer klub.

Chelsea tak kesulitan jor-joran di bursa transfer sebab punya kekuatan finansial yang melimpah. Itu yang membuat The Blues kerap merekrut pemain berharga fantastis yang berasal dari berbagai liga, termasuk kompetisi Ligue 1. Inilah 5 pembelian termahal Chelsea dari Ligue 1 dalam sedekade terakhir.

1. Tiemoue Bakayoko

5 Pembelian Mahal Chelsea dari Klub Ligue 1 dalam Sedekade TerakhirTiemoue Bakayoko (twitter.com/TimoeB08)

Chelsea kepincut dengan aksi Tiemoue Bakayoko selama berseragam AS Monaco. Alhasil, tawaran besar dilayangkan oleh The Blues pada musim panas 2017. Nominal sebesar 40 juta euro atau sekitar Rp643 miliar dikeluarkan oleh Chelsea demi bisa mendaratkan Bakayoko ke Stamford Bridge.

Bergabung dengan Chelsea, Bakayoko dibebani tekanan yang besar. Sayangnya, ia tak mampu membuktikan kualitasnya. Bakayoko justru gagal bersinar dan hanya menjadi pemain pelapis. Ia kekurangan menit bermain sehingga rutin dipinjamkan ke klub lain, seperti Napoli dan AC Milan pada musim 2022/2023 ini.

2. Michy Batshuayi

5 Pembelian Mahal Chelsea dari Klub Ligue 1 dalam Sedekade TerakhirMichy Bathsuayi (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea melakukan perjudian besar dengan merekrut Michy Batshuayi dari Olympique Marseille. Bagaimana tidak, The Blues berani mengeluarkan kocek yang cukup tinggi, yaitu 39 juta euro atau sekitar Rp627 miliar. Sang pemain diboyong pada bursa transfer musim panas 2016 lalu.

Batshuayi dinilai mampu berkembang pesat di Stamford Bridge. Sayangnya, kenyataan itu tak terwujud. Batshuayi kesulitan tampil reguler sebab lini depan Chelsea yang gemuk. Ia lebih banyak dipinjamkan, seperti ke Borussia Dortmund hingga Besiktas. Pada musim panas 2022 lalu, Batshuayi dilepas permanen ke Fenerbahce.

Baca Juga: Pochettino Hampir Pasti ke Chelsea, Sudah Bidik 4 Pemain Baru

3. Benoit Badiashile

5 Pembelian Mahal Chelsea dari Klub Ligue 1 dalam Sedekade TerakhirBenoit Badiashile (twitter.com/ChelseaFC)

Bursa transfer musim panas 2022 menjadi salah satu periode tersibuk Chelsea. Ini dibuktikan dengan banyaknya pemain baru yang berhasil diboyong oleh The Blues. Mayoritas diboyong dengan harga fantastis, termasuk Benoit Badiashile yang datang dari klub top Ligue 1, AS Monaco.

Badiashile yang masih berusia 22 tahun digaet dengan biaya 38 juta euro atau sekitar Rp610 miliar. Usianya yang masih muda membuat Badiashile jadi salah satu prospek berharga The Blues. Ia bahkan langsung menjadi pilihan utama pada musim debutnya. Badiashile sudah mengoleksi 27 penampilan di semua kompetisi.

4. David Luiz

5 Pembelian Mahal Chelsea dari Klub Ligue 1 dalam Sedekade TerakhirDavid Luiz (premierleague.com)

David Luiz pernah pindah ke Paris Saint-Germain pada musim 2014/2015. Dua musim berselang, Luiz memilih kembali merapat ke Chelsea. Dalam proses kepulangannya itu, pemain berpaspor Brasil tersebut ditebus dengan mahar senilai 35 juta euro atau sekitar Rp562 miliar.

Berseragam The Blues merupakan puncak performa dalam kariernya. Luiz menjelma jadi salah satu bek andalan Chelsea yang bermain dalam 248 penampilan di semua kompetisi. Ia terus dipercaya untuk mengisi jantung pertahanan Chelsea hingga akhir musim 2018/2019. Luiz lalu hijrah ke klub sekota, Arsenal.

5. Malo Gusto

5 Pembelian Mahal Chelsea dari Klub Ligue 1 dalam Sedekade TerakhirMalo Gusto (chelseafc.com)

Chelsea berhasil mengamankan jasa Malo Gusto pada musim dingin 2023. The Blues merekrutnya dari Olympique Lyon dengan biaya 30 juta euro atau sekitar Rp482 miliar. Gusto tak langsung bergabung ke Chelsea, tetapi masih membela Les Gones hingga akhir musim 2022/2023 nanti.

Tak tanggung-tanggung, The Blues mengikatnya dengan kontrak jangka panjang hingga Juni 2030 mendatang. Gusto bakal diproyeksikan sebagai kompetitor Reece James di sektor bek kanan. Apalagi, Chelsea juga bakal kehilangan Cesar Azpilicueta yang sudah tak muda lagi usianya.

Chelsea punya daya tarik yang tinggi Uang bukanlah masalah besar bagi Chelsea. Klub sekaliber The Blues punya dukungan finansial yang mewah sehingga begitu jor-joran di bursa transfer dalam sedekade terakhir.

Baca Juga: 9 Fakta Malo Gusto, Wonderkid Baru Chelsea dari Olympique Lyonnais

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya