5 Pembelian Mahal Liverpool yang Direkrut dari Luar Liga Top Eropa

Tak semuanya mampu memenuhi ekspektasi

Liverpool terus menunjukkan tajinya dalam beberapa musim terakhir. Skuad asuhan Jurgen Klopp ini punya komposisi skuad yang solid sehingga mampu bersaing di papan atas. Ini tak terlepas dari aktivitas transfer yang dijalani oleh The Reds.

Selain dari sesama klub top, Liverpool juga kerap merekrut pemain dari luar liga top Eropa. Beberapa pemain bahkan ditebus dengan harga yang tinggi oleh The Reds. Siapa sajakah para rekrutan mahal Liverpool dari luar liga top Eropa itu? Berikut ulasannya.

1. Lazar Markovic

5 Pembelian Mahal Liverpool yang Direkrut dari Luar Liga Top EropaLazar Markovic (twitter.com/LFC)

Lazar Markovic menjadi buah bibir selepas musim debutnya yang impresif di Benfica. Beberapa klub memburunya pada bursa transfer. Pada akhirnya Liverpool menjadi klub baru dipilih oleh Markovic. Ia merapat ke Anfield pada musim panas 2014.

The Reds harus membayar 25 juta euro atau sekitar Rp413 miliar untuk menebusnya. Namun, keputusan Liverpool itu justru berbuah bencana. Markovic gagal membuktikan kualitasnya. Ia hanya membela The Reds selama semusim.

2. Luis Suarez

5 Pembelian Mahal Liverpool yang Direkrut dari Luar Liga Top EropaLuis Suarez (twitter.com/LFC)

Ajax melahirkan banyak pemain hebat, termasuk Luis Suarez. Bintang asal Uruguay itu dijual ke Liverpool pada musim dingin 2011. Saat itu Suarez dibeli oleh The Reds dengan mahar 26,5 juta euro atau sekitar Rp437 miliar.

Pindah ke Liverpool merupakan pilihan tepat baginya. Suarez bersinar sebagai mesin gol klub Merseyside itu. Ia mampu memproduksi 82 gol dan 46 assist dari 133 penampilan. Suarez membela Liverpool hingga akhir musim 2013/2014.

Baca Juga: Hormat Suarez Buat Messi: Jangan Pernah Lelah Jadi GOAT

3. Cody Gakpo

5 Pembelian Mahal Liverpool yang Direkrut dari Luar Liga Top EropaCody Gakpo (twitter.com/LFC)

Cody Gakpo menjadi pemain baru Liverpool pada musim dingin 2023. Transfer ini cukup disorot sebab Gakpo sempat diincar beberapa klub lain, termasuk Manchester United. Namun, ia menjatuhkan pilihan akhirnya kepada skuad asuhan Jurgen Klopp.

Gakpo hengkang dari PSV Eindhoven dengan biaya 42 juta euro atau sekitar Rp693 miliar. Ia menambal lini serang The Reds yang sempat diterpa badai cedera. Adaptasinya pun berjalan dengan baik. Gakpo sudah bermain sebanyak 19 kali.

4. Luis Diaz

5 Pembelian Mahal Liverpool yang Direkrut dari Luar Liga Top EropaLuis Diaz (instagram.com/luisdiaz19_)

Liverpool berhasil mendapatkan jasa Luis Diaz pada musim dingin 2022. Diaz direkrut dari klub Portugal, Porto. Untuk menebus pemain berpaspor Kolombia itu, Liverpool merogoh kocek hingga 47 juta euro atau sekitar Rp776 miliar.

Harga mahal yang dikeluarkan oleh Liverpool itu tak sia-sia. Pasalnya, Diaz mampu menunjukkan kualitasnya di lini serang. Ia tampil menjanjikan dengan catatan 10 gol dan 8 assist dari 40 penampilan di semua kompetisi.

5. Darwin Nunez

5 Pembelian Mahal Liverpool yang Direkrut dari Luar Liga Top EropaDarwin Nunez (instagram.com/darwin_n9)

Liverpool tak butuh waktu lama mencari pengganti Sadio Mane. The Reds memilih Darwin Nunez sebagai opsi terbaik. Alhasil, Nunez direkrut ke Anfield pada musim panas 2022. Transfer ini disorot sebab memakan biaya 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun.

Dengan harga semahal itu, Nunez punya beban yang besar. Sayangnya, ia belum bisa tampil maksimal. Performanya masih inkonsisten di lini serang The Reds. Nunez baru mencetak 15 gol dan 4 assist dari 38 penampilan di semua ajang.

 

Kelima nama di atas sama-sama beroperasi di lini depan. Ini membuktikan keseriusan Liverpool dalam memperkuat daya serangnya. Meski begitu, tak semua transfer ini membuahkan hasil sesuai ekspektasi.

Baca Juga: 5 Top Skor Sementara Benfica pada 2022/2023, Sukses Gantikan Nunez!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya