5 Pengguna Nomor Punggung 18 Napoli sebelum Giovanni Simeone

Napoli resmi memermanenkan Simeone dari Hellas Verona

Giovanni Simeone berjasa mengantarkan Napoli meraih scudetto pada 2022/2023. Meski tak selalu tampil, anak dari Diego Simeone ini acap kali jadi pembeda dalam beberapa pertandingan. Ia merupakan salah satu sosok penting di lini serang Partenopei.

Awalnya berstatus pinjaman, Napoli resmi memermanenkannya pada musim panas 2023. Ia ditebus dari Hellas Verona seharga 12 juta euro atau sekitar Rp197 miliar. Sejak pertama kali bergabung ke Napoli, Giovanni selalu memakai nomor punggung 18.

Nomor itu pernah dipakai beberapa pemain Napoli. Untuk menyegarkan ingatan, berikut ini lima pemain Napoli yang menggunakan nomor punggung 18 sebelum Giovanni Simeone.

1. Camilo Zuniga

5 Pengguna Nomor Punggung 18 Napoli sebelum Giovanni SimeoneCamilo Zuniga (uefa.com)

Camilo Zuniga awalnya tak memakai nomor punggung 18 di Napoli. Bergabung pada awal musim 2009/2010, ia sempat memakai nomor 16. Namun, setelah kepergian Mariano Bogliacino yang merupakan pemilik nomor tersebut, Zuniga lalu menggantinya. Ia selalu memakai nomor punggung tersebut hingga pertengahan musim 2015/2016.

Karier Zuniga bersama Partenopei berjalan cukup lama. Ia sempat menjadi andalan di posisi bek kanan Napoli. Terhitung, bek berpaspor Kolombia itu mampu mengantongi 162 penampilan di semua kompetisi. Ia lalu dipinjamkan ke Bologna dan Watford sebelum dilepas permanen ke Atletico Nacional pada musim dingin 2018.

2. Vasco Regini

5 Pengguna Nomor Punggung 18 Napoli sebelum Giovanni SimeoneVasco Regini (twitter.com/VRegini)

Nomor punggung 18 berlanjut ke tangan Vasco Regini. Kebetulan, ia baru saja bergabung dengan Napoli pada musim dingin 2016. Regini dipinjam Partenopei dari Sampdoria hingga akhir musim 2015/2016. Oleh sebab itu, kiprahnya bersama Napoli tak berlangsung lama. Apalagi kontribusinya juga tak terlalu berpengaruh.

Selama membela Napoli, Regini hanya menjadi cadangan di posisi bek kiri. Ia kalah bersaing dengan Faouzi Ghoulam yang selalu dipercaya tampil pada setiap pertandingan. Regini hanya tampil sekali. Itu pun hanya sebagai pemain pengganti selama 14 menit pada pekan ke-38 Serie A kontra Frosinone.

Baca Juga: 5 Pemain Asing Napoli dengan Gol Terbanyak, Termasuk Maradona

3. Leandrinho

5 Pengguna Nomor Punggung 18 Napoli sebelum Giovanni SimeoneLeandrinho (instagram.com/leandro_henrique98)

Nomor punggung 18 sempat tak bertuan usai ditinggal Vasco Regini. Ia tak dimiliki siapa pun selama paruh pertama musim 2016/2017. Enam bulan berlalu hingga Napoli merekrut winger anyar, Leandrinho, dari klub Brasil, Ponte Preta. Leandrinho menggunakan nomor punggung 18 tersebut.

Ia sendiri hanya memakainya selama 1,5 musim. Itu terjadi sebab Leandrinho dipinjamkan ke Atletico Mineiro. Ia kembali ke Napoli pada musim panas 2019. Namun, Leandrinho mengubah nomor punggungnya menjadi 98. Kiprahnya bersama Partenopei berakhir usai hengkang ke RB Bragantino pada musim panas 2020.

4. Gianluca Gaetano

5 Pengguna Nomor Punggung 18 Napoli sebelum Giovanni SimeoneGianluca Gaetano (twitter.com/en_sscnapoli)

Gianluca Gaetano merupakan jebolan akademi Napoli. Sejak promosi ke skuad utama, ia sebenarnya sudah terbiasa memakai nomor punggung 70. Namun, Gaetano sempat memakai nomor punggung 18 pada pertengahan musim 2018/2019. Ia menggunakannya karena sang pemilik, Leandrinho, tengah dipinjamkan ke Atletico Mineiro.

Sewaktu memakai nomor 18, Gaetano merupakan salah satu figur penting di lini tengah Partenopei. Dalam beberapa pertandingan, ia bahkan ditunjuk sebagai kapten tim. Kebersamaannya dengan nomor 18 hanya sementara. Gaetano kembali memakai nomor punggung 70 pada awal musim 2019/2020. 

5. Fernando Llorente

5 Pengguna Nomor Punggung 18 Napoli sebelum Giovanni SimeoneDries Mertens dan Fernando Llorente (twitter.com/llorentefer19)

Tongkat estafet pengguna nomor punggung 18 berlanjut ke Fernando Llorente. Ia sebenarnya tak memakai nomor tersebut pada musim debutnya di Napoli. Llorente awalnya memakai nomor punggung 9 pada 2019/2020. Namun, ia menggantinya menjadi nomor 18 sebab kedatangan penyerang anyar, Victor Osimhen.

Llorente menggunakan nomor punggung 18 selama setengah musim. Ia tak terlalu sering tampil karena hanya diplot sebagai pelapis di lini serang Partenopei. Total, Llorente hanya bermain sebanyak 19 kali dengan koleksi 1 gol. Ia lalu hengkang ke Udinese pada musim dingin 2021 lalu.

Nomor punggung 18 Napoli kini menjadi milik Giovanni Simeone. Ia mungkin akan terus menggunakannya setelah dipermanenkan. Mungkinkah Simeone bisa tajam dengan nomor punggung itu?

Baca Juga: 5 Klub yang Pernah Ditangani Rudi Garcia Sebelum Napoli

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya