Comscore Tracker

5 Penjualan Pemain Termahal Atletico Madrid, Griezmann Salah Satunya!

Atletico Madrid, tim kuat LaLiga yang juga jago bisnis

Pamor Atletico Madrid sebagai salah satu tim kuat LaLiga mungkin masih kalah dibandingkan Real Madrid dan Barcelona. Walaupun demikian, klub berjuluk Los Rojiblancos ini acap kali menjadi pengganggu dominasi keduanya di kancah domestik, seperti yang terjadi musim lalu. Atletico sukses mengungguli keduanya dengan merengkuh titel LaLiga.

Kunci dari kesuksesan tersebut tentu tak lepas dengan hadirnya pemain-pemain bintang. Selain itu, Los Rojiblancos juga dikenal cekatan melahirkan pemain potensial yang sukses dijual mahal ke klub lain. Berikut 5 penjualan termahal yang pernah dilakukan Atletico Madrid hingga saat ini.

1. Antoine Griezmann - 120 juta euro

5 Penjualan Pemain Termahal Atletico Madrid, Griezmann Salah Satunya!Antoine Griezmann (90min.com)

Atletico Madrid untung besar saat menjual Antoine Griezmann ke Barcelona. Hal itu terjadi di musim panas 2019 lalu saat Los Rojiblancos melepas Griezmann seharga 120 juta euro atau sekitar Rp2 triliun. Dengan nominal fantastis itu, Griezmann menahbiskan dirinya sebagai pemain termahal yang dilepas oleh Atletico.

Pemain berusia 30 tahun tersebut masih bertahan di Barcelona hingga saat ini. Sempat kesulitan di musim debutnya, Griezmann mulai menemukan performa terbaik di musim lalu dan menjadi salah satu pendulang gol utama Barcelona. Ia juga sukses membawa klub Catalan juara Copa Del Rey di musim yang sama.

2. Lucas Hernandez - 80 juta euro

5 Penjualan Pemain Termahal Atletico Madrid, Griezmann Salah Satunya!Lucas Hernandez (90min.com)

Bayern Munchen rela memecahkan rekor transfernya untuk menggaet Lucas Hernandez di musim 2019/2020. Die Bayern harus mengeluarkan dana sebesar 80 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun untuk mendaratkan pemain berpaspor Prancis itu. Sebelumnya, Hernandez merupakan penggawa Atletico selama 4 musim.

Hadirnya Hernandez di skuad Munchen membawa keuntungan tersendiri. Ia dikenal sebagai pemain serbabisa yang mampu menempati bek tengah dan bek kiri dengan sangat baik. Musim debut Hernandez di Munchen berjalan manis dengan kesuksesan timnya meraih treble winners.

Baca Juga: 10 Potret Lucas Hernandez, Bek Bayern Munchen yang Berparas Memikat

3. Rodri - 62,7 juta euro

5 Penjualan Pemain Termahal Atletico Madrid, Griezmann Salah Satunya!Rodri (goal.com)

Baru semusim bermain di Atletico, Rodri berhasil menarik minat Manchester City. Ia akhirnya hijrah ke klub berjuluk The Cityzens tersebut dengan banderol fantastis. Rodri didaratkan ke Etihad Stadium seharga 62,7 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Ia diproyeksikan sebagai pengganti Fernandinho yang sudah memasuki usia senja.

Sejauh ini Rodri mampu menampilkan permainan apik di City. Kendati tak punya kemampuan bertahan sebaik gelandang jangkar lainnya, pemain berusia 25 tahun tersebut merupakan poros permainan The Cityzens. Rodri juga sukses membawa timnya meraih 1 titel Premier League dan 1 titel Carabao Cup musim lalu.

4. Thomas Partey - 50 juta euro

5 Penjualan Pemain Termahal Atletico Madrid, Griezmann Salah Satunya!Thomas Partey (eurosport.com)

Musim 2019/2020 menjadi musim terakhir Thomas Partey berseragam Atletico Madrid. Ia memutuskan hengkang ke Arsenal dengan harga selangit, yaitu 50 juta euro atau sekitar Rp857 miliar. Ia diharapkan mampu mengatasi masalah di lini tengah The Gunners yang bermasalah selama beberapa musim terakhir.

Akan tetapi, pemain berpaspor Ghana itu justru tak tampil maksimal di musim debutnya. Selain gagal membawa The Gunners melenggang ke kompetisi Eropa musim depan, performa Partey juga masih angin-anginan. Ia telah melewatkan banyak pertandingan akibat cedera panjang yang menerpanya sewaktu di Inggris.

5. Radamel Falcao - 43 juta euro

5 Penjualan Pemain Termahal Atletico Madrid, Griezmann Salah Satunya!Radamel Falcao (goal.com)

Radamel Falcao melengkapi 5 besar daftar penjualan termahal yang pernah dilakukan Atletico Madrid. Ia dilego Los Rojiblancos ke AS Monaco di musim panas 2013 seharga 43 juta euro atau sekitar Rp737 miliar. Di sisi lain, perekrutan Falcao juga menjadi yang termahal dalam sejarah tim Ligue 1 tersebut.

Perjalanan Falcao bersama Monaco sempat penuh lika-liku. Ia sempat dipinjamkan ke Manchester United selama semusim dan gagal bersinar. Sekembalinya dari Manchester, pemain yang kini membela Galatasaray itu sukses tampil impresif di lini depan Monaco. Falcao bahkan membawa timnya itu juara Ligue 1 di musim 2016/2017 lalu.

 

Atletico Madrid mampu mengembangkan bakat-bakat potensial untuk dijual ke klub lain dengan harga mahal. Kendati menjual banyak bintangnya, Los Rojiblancos tetap mampu mempertahankan eksistensinya di papan atas LaLiga.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Menjadi Andalan Atletico Madrid

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya