5 Rekrutan Gratis Borussia Dortmund dari Sesama Klub Bundesliga

Ramy Bensebaini resmi menjadi nama terbaru

Borussia Dortmund mulai berbenah pada bursa transfer musim panas 2023. Setelah kehilangan Raphael Guerreiro, Die Borussen segera mendapatkan penggantinya. Dia adalah Ramy Bensebaini yang bergabung dari Borussia Moenchengladbach.

Bensebaini direkrut Borussia Dortmund dengan status bebas transfer. Ia menyusul beberapa nama yang juga merapat ke Signal Iduna Park secara gratis dari klub Bundesliga Jerman lain. Termasuk Bensebaini, inilah lima rekrutan gratis Borussia Dortmund dari sesama klub Bundesliga.

1. Ji Dong Won

5 Rekrutan Gratis Borussia Dortmund dari Sesama Klub BundesligaJi Dong Won (twitter.com/Bundesliga_EN)

Ekspansi pemain-pemain Asia di Bundesliga sudah berkembang sejak lama. Borussia Dortmund juga pernah memiliki beberapa pemain dari Asia, salah satunya Ji Dong Won. Ia bergabung dengan Die Borussen pada musim panas 2014 lalu. Dong Won direkrut secara gratis usai kontraknya bersama Augsburg sudah berakhir.

Ia sebenarnya cukup lama berseragam Borussia Dortmund. Sayangnya, Dong Won tak pernah mencicipi penampilan di skuad utama. Itu disebabkan persaingan yang ketat di tim inti Die Borussen. Dong Won sempat dipinjamkan ke Darmstadt 98. Ia akhirnya dilepas permanen ke Mainz 05 pada awal musim 2019/2020.

2. Marwin Hitz

5 Rekrutan Gratis Borussia Dortmund dari Sesama Klub BundesligaMarwin Hitz (twitter.com/BlackYellow)

Borussia Dortmund punya hubungan erat dengan kiper asal Swiss. Selain Roman Burki dan Gregor Kobel, Die Borussen juga pernah merekrut kiper Swiss lainnya. Pemain yang dimaksud adalah Marwin Hitz. Ia direkrut Die Borussen dengan status bebas transfer dari Augsburg pada musim panas 2018.

Meski begitu, nasibnya tak sebaik kedua rekan senegaranya tersebut. Hitz tak menjadi pilihan utama Borussia Dortmund di bawah mistar gawang. Ia hanya diproyeksikan sebagai kiper cadangan. Selama 4 musim membela Die Borussen, Hitz hanya diturunkan sebanyak 46 kali di semua kompetisi.

Baca Juga: 6 Pemain yang Menyebrang dari Borussia Dortmund ke Bayern Munich

3. Marcel Lotka

5 Rekrutan Gratis Borussia Dortmund dari Sesama Klub BundesligaMarcel Lotka (instagram.com/marcel_lotka1)

Gregor Kobel tidak memiliki rival usai kepergian Roman Burki. Oleh sebab itu, Borussia Dortmund merekrut kiper anyar pada musim panas 2022. Pilihan manajemen Die Borussen tertuju kepada Marcel Lotka. Ia bergabung dengan status bebas transfer sebab kontraknya sudah berakhir bersama Hertha Berlin.

Perekrutan ini juga merupakan bentuk investasi bagi Die Borussen. Sebab, Lotka masih berusia 22 tahun. Sayangnya, ia belum mendapatkan kesempatan untuk bermain. Pada musim debutnya, Lotka bahkan tak pernah bermain sama sekali. Ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

4. Niklas Sule

5 Rekrutan Gratis Borussia Dortmund dari Sesama Klub BundesligaNiklas Sule (bundesliga.com)

Meski bersaing ketat di papan atas Bundesliga, Borussia Dortmund dan Bayern Munich memiliki hubungan transfer yang baik. Beberapa pemain pernah berseragam kedua klub itu. Niklas Sule salah satunya. Ia menyeberang ke Borussia Dortmund usai kontraknya bersama Die Roten berakhir pada Juni 2022.

Dengan kualitas yang ia miliki, Sule tak kesulitan menjadi pilihan utama. Ia langsung menyegel satu tempat di lini belakang Die Borussen. Sule juga mampu tampil solid pada musim debutnya. Secara keseluruhan, pemain berkebangsaan Jerman itu sudah membukukan 41 penampilan di semua kompetisi.

5. Ramy Bensebaini

5 Rekrutan Gratis Borussia Dortmund dari Sesama Klub BundesligaRamy Bensebaini (instagram.com/ramy_bens15_21)

Borussia Dortmund mulai berbenah pada musim panas 2023. Die Borussen bahkan sudah mendapatkan pemain anyar. Die Borussen berhasil menggaet Ramy Bensebaini dari Borussia Moenchengladbach. Bensebaini bergabung dengan status bebas transfer alias tanpa biaya sama sekali.

Ia dikontrak Die Borussen selama 4 tahun hingga Juni 2027 mendatang. Ia direkrut untuk mengisi kekosongan di sisi kiri pertahanan Borussia Dortmund. Itu terjadi sebab bek kiri andalan Die Borussen, Raphael Guerreiro, baru saja hengkang setelah sepakat untuk tak memperpanjang kontraknya.

Kebanyakan dari nama di atas justru tak berkembang di Borussia Dortmund. Mereka gagal mendapatkan tempat utama. Hanya Niklas Sule yang mampu membuktikan kapasitasnya bersama Die Borussen di Bundesliga.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Borussia Dortmund ke Klub LaLiga

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya