6 Pemain yang Menyebrang dari Borussia Dortmund ke Bayern Munich

Raphael Guerreiro menjadi nama terbaru!

Borussia Dortmund dan Bayern Munich kerap terlibat persaingan panas dalam perebutan gelar juara Bundesliga. Itu telah terjadi dalam sedekade terakhir. Kedua tim memang memiliki materi pemain yang tak jauh berbeda secara kualitas. Tak heran kedua klub memiliki ketertarikan untuk memboyong pemain rivalnya satu sama lain.

Dari pihak Bayern Munich, mereka tercatat telah enam kali mendatangkan pemain dari Borussia Dortmund. Salah satunya ialah Raphael Guerreiro yang baru menyebrang pada musim panas 2023. Termasuk pemain asal Portugal tersebut, berikut ini enam pemain yang pernah pindah dari Borussia Dortmund untuk bergabung dengan Bayern Munich.

1. Thomas Helmer

6 Pemain yang Menyebrang dari Borussia Dortmund ke Bayern MunichThomas Helmer (dfb.de)

Pemain pertama yang diboyong Bayern Munich dari Borussia Dortmund adalah seorang bek. Dia adalah Thomas Helmer yang bergabung dengan Bayern Munich pada musim panas 1992. Pria yang sekarang menjadi anggota board Arminia Bielefeld ini membela Borussia Dortmund selama 6 tahun (1986--1992). Setelah itu, ia membela Bayern Munich selama 7 tahun (1992--1999).

2. Torsten Frings

6 Pemain yang Menyebrang dari Borussia Dortmund ke Bayern MunichTorsten Frings (dfb.de)

Torsten Frings merupakan gelandang andalan Timnas Jerman yang terkenal dengan rambut gondrongnya. Frings pindah dari Borussia Dortmund ke Bayern Munich pada 2004 setelah dua musim membela Die Borussen. Namun, ia hanya bertahan selama semusim (2004/2005) ketika berseragam Bayern Munich. Jika bicara soal performa, Torsten Frings tergolong bermain cukup baik dan sering diandalkan bersama dua klub tersebut.

3. Mario Gotze

6 Pemain yang Menyebrang dari Borussia Dortmund ke Bayern MunichMario Gotze (fcbayern.com)

Di tengah persaingan antara Borussia Dortmund dan Bayern Munich yang memanas, Mario Gotze justru menyebrang ke Bavaria. Padahal, Mario Gotze merupakan pemain yang sangat diandalkan Jurgen Klopp di Borussia Dortmund kala itu. Hal tersebut terjadi pada musim panas 2013. Sayangnya, keputusan Gotze untuk menyebrang ke Bayern Munich ternyata sebuah kesalahan. Ia gagal bersinar karena cedera kambuhan dan peran yang tak sesuai dengan gaya permainan Pep Guardiola di Bayern Munich kala itu.

Baca Juga: Lothar Matthaus: Mario Gotze Lebih Cocok Bermain di Serie A

4. Robert Lewandowski

6 Pemain yang Menyebrang dari Borussia Dortmund ke Bayern MunichRobert Lewandowski (bundesliga.com)

Setahun setelah Mario Gotze pindah, Robert Lewandowski mengikuti langkah Gotze. Pemain asal Polandia ini diboyong secara gratis pada 2014. Namun, berbeda dengan Gotze yang menurun, Lewandowski justru tampil sangat menawan dan meroket. Ia menjadi pemain andalan Bayern Munich selama bertahun-tahun dengan catatan gol yang luar biasa. Robert Lewandowski pun mendapatkan berbagai gelar juara dan mencetak beberapa rekor pribadi.

5. Mats Hummels

6 Pemain yang Menyebrang dari Borussia Dortmund ke Bayern MunichMats Hummels (twitter.com/championsleague)

Setelah Mario Gotze dan Robert Lewandowski, Mats Hummels pun menyusul dengan hengkang ke Bayern Munich pada tahun 2016. Sejatinya ini bukanlah kali pertama Hummels berseragam Die Bavaria. Pasalnya, ia adalah pemain jebolan tim akademi Bayern Munich sebelum pindah dan meroket bersama Borussia Dortmund. Secara garis besar, Mats Hummels sangat sukses dan tampil gemilang di Bayern Munich.

6. Raphael Guerreiro

6 Pemain yang Menyebrang dari Borussia Dortmund ke Bayern MunichRaphael Guerreiro (bvb.de)

Pemain teranyar yang menyebrang dari Borussia Dortmund ke Bayern Munich adalah Raphael Guerreiro. Bek kiri asal Portugal ini meninggalkan Borussia Dortmund secara gratis setelah 7 tahun mengabdi di Signal Iduna Park. Dirumorkan akan pindah ke LaLiga ataupun English Premier League, Raphael Guerreiro justru mendekat ke Bayern Munich. Saat Fabrizio Romano (11/6/2023) mengumumkan kepindahannya, sontak komentar negatif terhadap Guerreiro berdatangan.

 

Meski tampak memiliki rivalitas yang cukup ketat, kerja sama transfer antara Borussia Dortmund dan Bayern Munich masih tetap berjalan. Di sisi lain, Borussia Dortmund pernah mendatangkan delapan pemain dari Die Bavaria. Mereka adalah Burkhard Segler, Jurgen Wegmann, Michael Rummenigge, Christian Nerlinger, Mats Hummels, Mario Gotze, Sebastian Rode, dan Niklas Suele.

Baca Juga: 15 Potret Raphael Guerreiro, Bek Kiri Borussia Dortmund asal Portugal

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya