5 Rekrutan Gratisan yang Diboyong Crystal Palace dari Sesama Klub EPL

Ada nama baru!

Crystal Palace merupakan salah satu klub asal London yang berkompetisi di English Premier League. Pada musim panas 2023 ini, The Eagles mulai aktif berburu pemain incarannya. Terbaru, mereka berhasil memboyong Jefferson Lerma dari Bournemouth.

Crystal Palace merekrut sang pemain secara gratis. Lerma mengikuti jejak para pemain sebelumnya yang bergabung ke skuad The Eagles dengan status bebas transfer. Lantas, siapa sajakah para pemain tersebut? Termasuk Lerma, inilah 5 rekrutan gratis Crystal Palace dari sesama klub EPL.

1. Gary Cahill

5 Rekrutan Gratisan yang Diboyong Crystal Palace dari Sesama Klub EPLGary Cahill (twitter.com/GaryJCahill)

Setelah mengukir kejayaan bersama Chelsea, Gary Cahill memutuskan untuk pindah. Ia hengkang usai tak memperpanjang kontraknya pada musim panas 2019. Cahill masih menetap di London dan memilih Crystal Palace sebagai klub barunya. Ia diharapkan bisa membawa pengaruh positif untuk tim.

Cahill membela The Eagles selama dua musim. Dalam waktu yang cukup singkat itu, jasanya masih rutin digunakan. Cahill tetap tampil prima dengan catatan 47 penampilan di semua kompetisi. Pada akhir musim 2020/2021, ia berpisah dengan Crystal Palace. Cahill lalu bergabung dengan Bournemouth.

2. Nathaniel Clyne

5 Rekrutan Gratisan yang Diboyong Crystal Palace dari Sesama Klub EPLNathaniel Clyne (instagram.com/nathaniel_clyne)

Crystal Palace berhasil mendapatkan jasa Nathaniel Clyne secara gratis. Sang pemain merapat usai kontraknya habis bersama Liverpool pada musim panas 2020. Hasilnya pun terlihat. Dengan pengalaman yang ia miliki, Clyne tak kesulitan menjadi pilihan utama sebagai bek kanan andalan The Eagles.

Pemain berusia 32 tahun ini masih menjadi sosok penting di dalam permainan Crystal Palace. Tercatat, Clyne sudah membukukan 196 penampilan di semua kompetisi bersama The Eagles.. Namun, kontraknya bakal berakhir pada Juni 2023 dan belum ada negosiasi lebih lanjut terkait perpanjangan kontrak.

Baca Juga: 9 Klub Sepak Bola Tertua di Inggris, Crystal Palace Nomor 1?

3. Nathan Ferguson

5 Rekrutan Gratisan yang Diboyong Crystal Palace dari Sesama Klub EPLNathan Ferguson (cpfc.co.uk)

Crystal Palace berhasil membajak produk akademi West Bromwich Albion, Nathan Ferguson. The Eagles mendapatkannya secara gratis pada musim panas 2020 lalu. Ia dinilai bisa menjadi pemain penting bagi Crystal Palace dalam beberapa musim mendatang. Namun, Ferguson masih belum menemukan performa terbaiknya.

Ia belum bisa menembus pilihan utama The Eagles. Beroperasi sebagai bek tengah, Ferguson harus bersaing dengan nama-nama lain, seperti Marc Guehi hingga Joachim Andersen. Alhasil, Ferguson hanya dipercaya sebagai pelapis. Ia baru mencatatkan sekali penampilan bersama Crystal Palace.

4. Sam Johnstone

5 Rekrutan Gratisan yang Diboyong Crystal Palace dari Sesama Klub EPLSam Johnstone (instagram.com/samjohnstone)

Setelah Ferguson, Crystal Palace kembali mencomot pemain West Bromwich Albion lainnya pada musim panas 2022. Kali ini, The Eagles berhasil mendapatkan Sam Johnstone secara gratis. Ia punya segudang pengalaman sebab pernah membela beberapa klub top, seperti Manchester United dan Aston Villa.

Johnstone dikontrak hingga akhir musim 2025/2026 mendatang. Sayangnya, Johnstone tak didapuk sebagai kiper utama The Eagles. Ia hanya ditunjuk sebagai pelapis dari Vicente Guaita. Total Johnstone baru bermain dalam 11 pertandingan dengan koleksi 5 clean sheet di berbagai ajang.

5. Jefferson Lerma

5 Rekrutan Gratisan yang Diboyong Crystal Palace dari Sesama Klub EPLJefferson Lerma (twitter.com/CPFC)

Crystal Palace sudah mendapatkan pemain anyar pada musim panas 2023. Pemain yang dimaksud itu adalah Jefferson Lerma. The Eagles tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk merekrutnya. Lerma bergabung dengan status bebas transfer sebab kontraknya bersama Bournemouth sudah berakhir.

Pemain berpaspor Kolombia ini diberikan kontrak selama empat musim hingga Juni 2027 mendatang. Kedatangannya menambah opsi di lini tengah The Eagles. Lerma dinilai tak bakal kesulitan beradaptasi bersama klub barunya tersebut. Apalagi ia sudah berkarier di English Premier League dalam waktu yang cukup lama.

Gratisan bukan berarti tak punya kualitas untuk bersaing. Kebanyakan dari para pemain di atas mampu menunjukkan aksi terbaik bersama Crystal Palace. Akankah ada nama lain yang bakal mengikuti jejak mereka dalam waktu dekat?

Baca Juga: 10 Potret Jefferson Lerma, Gelandang Baru Crystal Palace dari Kolombia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya