9 Klub Sepak Bola Tertua di Inggris, Crystal Palace Nomor 1?

Ada pula Nottingham Forest

Inggris terkenal akan sepak bolanya. Mereka bahkan disebut-sebut sebagai negara pencipta olahraga permainan ini. Tidak heran "football is coming home" menjadi mimpi besar Timnas Inggris di tiap kompetisi yang mereka ikuti.

Klub sepak bola Inggris juga terkenal di mana-mana. English Premier League (EPL) menggaungkan nama mereka ke seantero dunia. Namun, tahukah kamu tentang klub sepak bola tertua di Inggris? Untuk menyegarkan ingatan, coba simak cerita berikut!

1. Crystal Palace

9 Klub Sepak Bola Tertua di Inggris, Crystal Palace Nomor 1?Crystal Palace (cpfc.co.uk)

Crystal Palace finis di peringkat sebelas di Premier League 2022/2023. Posisi mereka aman dari jerat degradasi. Crystal Palace pun bisa melanjutkan perjalanan mereka di kasta tertinggi musim depan.

Crystal Palace sendiri dikenal sebagai klub tua. Mereka terbentuk secara profesional pada 1905. Namun, jika melihat rekam jejaknya sejak amatir, Crystal Palace sudah ada mulai dari 1861. Usianya lebih dari 1,5 abad.

2. Stoke City

9 Klub Sepak Bola Tertua di Inggris, Crystal Palace Nomor 1?Stoke City pada zaman dahulu kala (stokecityfc.com)

StokeCity merupakan klub sepak bola tertua dalam sejarah sepak bola Inggris. Klub ini didirikan pada 1863 dengan nama awal StokeRamblers. Mereka akhirnya berganti nama menjadi Stoke Football Club pada 1878. Dalam sejarahnya, klub ini sempat menjuarai Liga Inggris pada 1933 dan 1963.

Pada 1925, klub tersebut resmi berganti nama menjadi Stoke City hingga saat ini. Memiliki julukan The Potters, Stoke City saat ini masih berada di Championship setelah hanya menduduki posisi ke-16 pada 2022/2023.

3. Nottingham Forest

9 Klub Sepak Bola Tertua di Inggris, Crystal Palace Nomor 1?Para pemain Nottingham Forest merayakan kelolosan menuju Premier League 2022/2023. (twitter.com/DjedSpence)

Nottingham Forest kembali ke Premier League pada 2022/2023 setelah 23 tahun tak mencicipi kasta tertinggi. Mereka melakukannya setelah mengalahkan Huddersfield Town pada final babak playoff dengan skor 1-0 pada 2022 lalu. Sempat kewalahan di kasta tertinggi pada 2022/2023, Nottingham bertahan habis-habisan. Mereka pun keluar dari jerat degradasi untuk tetap di EPL musim depan.

Nottingham Forest saat ini menjadi klub sepak bola tertua kedua di EPL. Mereka didirikan pada 1865 (selisih 4 tahun dengan Crystal Palace). Nottingham Forest lahir di City Ground yang berkapasitas hampir 31.000 penonton. Mereka sempat menjuarai Piala Eropa pada masa keemasannya pada 1978/1979 dan 1979/1980.

4. Sheffield Wednesday

9 Klub Sepak Bola Tertua di Inggris, Crystal Palace Nomor 1?para pemain Sheffield Wednesday (swfc.co.uk)

Sheffield Wednesday merupakan klub rival Sheffield United. Mereka termasuk klub sepak bola tertua di Inggris karena didirikan pada 1867. Pada 2022/2023, klub ini bermain di kompetisi kasta ketiga Liga Inggris, League One. Mereka finis di peringkat ketiga di bawah Plymouth Argyle dan Ipswich Town.

Sheffield Wednesday sempat akan naik ke Championship pada 2022 lalu. Namun, mereka harus kalah pada babak playoff League One yang pada akhirnya diraih Sunderland. Meski begitu, Sheffield Wednesday masih menjadi salah satu klub sepak bola Inggris terbaik dalam sejarah. Mereka pernah menorehkan empat trofi kasta tertinggi Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris Termahal di Nottingham Forest pada 2022/2023

5. Reading

9 Klub Sepak Bola Tertua di Inggris, Crystal Palace Nomor 1?Andy Carroll bermain bersama Reading. (getreading.co.uk)

Reading seharusnya terdegradasi ke League One pada 2022/2023. Namun, pengurangan poin bagi Derby County sebanyak 21 poin membuat mereka selamat. Reading keluar dari zona degradasi Championship 2021/2022. Sayangnya, mereka kembali melempem pada musim ini sehingga terdampar di peringkat 22 kasta kedua.

Terlepas dari hal tersebut, Reading merupakan klub sepak bola tertua di Inggris. Mereka punya sejarah yang panjang. Hanya saja, sejak berdiri pada 1871, Reading belum pernah mencicipi gelar juara kasta tertinggi Liga Inggris.

6. Aston Villa

9 Klub Sepak Bola Tertua di Inggris, Crystal Palace Nomor 1?Aston Villa menjuarai Liga Champions 1982. (avfc.co.uk)

Aston Villa juga merupakan klub yang dikenal memiliki sejarah besar di Inggris. Klub ini tercatat sebagai klub tertua keenam di sana karena didirikan pada 1874. Meski jarang berprestasi dalam sedekade terakhir, Aston Villa sempat menjuarai Piala Eropa pada 1982.

The Villans juga dikenal memiliki akademi yang tergolong baik. Jack Grealish merupakan salah satu lulusan akademi Aston Villa yang namanya sedang tenar dalam beberapa tahun terakhir. Grealish bahkan mampu meraih treble winners bersama Manchester City pada 2022/2023 ini.

7. Bolton Wanderers

9 Klub Sepak Bola Tertua di Inggris, Crystal Palace Nomor 1?Bolton juara playoff 1995. (bwfc.co.uk)

Selain Aston Villa, Bolton Wanderers didirikan pada 1874 dengan nama awal Christ Church Football Club. Klub tersebut berubah nama menjadi Bolton Wanderers pada 1877. Sejak itu, mereka selalu dikenal dengan nama tersebut.

Bolton sendiri menggunakan University of Bolton Stadium yang fasilitasnya tak kalah bagus dengan stadion klub-klub besar. Dalam sejarahnya, mereka sebenarnya belum pernah merasakan gelar juara kasta tertinggi Liga Inggris. Meski begitu, Bolton sempat merasakan gelar juara Championship pada 1909, 1978, dan 1997.

8. Birmingham City

9 Klub Sepak Bola Tertua di Inggris, Crystal Palace Nomor 1?Jesse Lingard tampil gemilang dalam masa peminjaman di Birmingham City. (twitter.com/BCFC)

Birmingham City tidak terkenal-terkenal amat belakangan ini. Namun, mereka pernah dihuni beberapa pemain beken. Dua di antaranya adalah Jude Bellingham dan Jesse Lingard. Bellingham sendiri merupakan pemain muda Inggris paling disorot saat ini. Dia baru direkrut Real Madrid dengan harga fantastis.

Birmingham City juga bukan klub main-main. Eksistensi mereka terjaga sejak lama. Birmingham sudah ada sejak 1875. Mereka terbentuk sebagai Small Heath Alliance. Namanya berubah menjadi Small Heath pada 1888, lalu Birmingham pada 1905. Mereka baru menjadi Birmingham City pada 1943.

9. Blackburn Rovers

9 Klub Sepak Bola Tertua di Inggris, Crystal Palace Nomor 1?Blackburn Rovers (rovers.co.uk)

Blackburn Rovers juga bukan nama sembarangan. Mereka pernah menghiasi kasta tertinggi Liga Inggris. Klub sepak bola asal Blackburn ini bahkan pernah juara tiga kali. Namun, mereka kesulitan kembali ke Premier League karena naik-turun kasta.

Blackburn Rovers terbentuk pada 1875. Usianya sama dengan Birmingham City. Bedanya, Blackburn Rovers tidak punya Bellingham. Mereka punya pemain legendaris sekelas Alan Shearer. Pelatih ternama Kenny Dalglish juga sempat menangani klub ini.

Dari daftar di atas, hanya Crystal Palace dan Nottingham Forest yang menjadi klub sepak bola tertua di Inggris yang bermain di EPL. Sisanya tersebar di kasta bawah. Namun, mungkinkah mereka kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris suatu hari nanti? Kita nantikan saja, ya! 

Baca Juga: Profil Jude Bellingham, Gelandang Muda Anyar Real Madrid

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya