5 Rekrutan Perdana Erik ten Hag selama Membesut Manchester United

Ada dua mantan pemain Ajax!

Erik ten Hag ditunjuk sebagai pelatih Manchester United pada awal musim 2022/2023. Ketika datang, ia dihadapkan tugas berat membawa Setan Merah bangkit dari keterpurukan. Hasilnya pun terlihat cukup positif pada musim debutnya.

Ten Hag merombak komposisi skuad Manchester United. Beberapa pemain yang sekiranya tak dibutuhkan lagi langsung dilepas ke klub lain. Sementara itu, ten Hag juga merekrut sejumlah pemain anyar ke Old Trafford. Kelima nama rekrutan perdana Erik ten Hag di Manchester United ini boleh dibilang jadi tonggak awal kiprah kerja sama yang menjanjikan.

1. Tyrell Malacia

5 Rekrutan Perdana Erik ten Hag selama Membesut Manchester UnitedTyrell Malacia (twitter.com/TyrellMalaciia)

Tyrell Malacia merupakan rekrutan pertama Erik ten Hag sebagai pelatih Manchester United. Ia bergabung dari klub Eredivisie, Feyenoord. Untuk mendapatkan jasa sang pemain, Manchester United menebusnya dengan biaya 15 juta euro atau sekitar Rp246 miliar. Malacia dikontrak hingga akhir musim 2025/2026 mendatang.

Ia diproyeksikan sebagai kompetitor Luke Shaw di posisi bek kiri. Performa Malacia pun cukup konsisten pada musim debutnya. Ia menjadi salah satu pemain andalan sang pelatih di lini belakang. Tercatat, pemain berpaspor Belanda itu sudah membukukan 39 penampilan di semua kompetisi bersama Manchester United.

Baca Juga: 6 Pemain Paling Sering Dimainkan Erik Ten Hag, Ada Penggawa MU?

2. Christian Eriksen

5 Rekrutan Perdana Erik ten Hag selama Membesut Manchester UnitedChristian Eriksen (twitter.com/ManUtd)

Manchester United berhasil mendapatkan jasa Christian Eriksen secara gratis. Ini terjadi sebab kontrak Eriksen bersama Brentford berakhir. Eriksen direkrut untuk menambah kekuatan di lini tengah Setan Merah. Hasilnya pun terlihat. Dengan pengalaman yang ia miliki, Eriksen langsung menjadi andalan.

Eriksen mampu tampil impresif pada musim debutnya. Ia memberikan sentuhan baru dalam permainan Manchester United. Ia juga sering terlibat dalam gol-gol yang dicetak oleh Setan Merah. Secara keseluruhan, Eriksen sudah mengantongi 2 gol dan 10 assist dari 44 penampilan di semua kompetisi.

3. Lisandro Martinez

5 Rekrutan Perdana Erik ten Hag selama Membesut Manchester UnitedLisandro Martinez (instagram.com/lisandromartinezzz)

Erik ten Hag turut mengajak beberapa mantan anak asuhnya di Ajax. Salah satu pemain yang ia ajak ke Old Trafford itu adalah Lisandro Martinez. Ia direkrut oleh Setan Merah dengan mahar 57 juta euro atau sekitar Rp934 miliar. Awal kedatangannya sempat diremehkan karena Lisandro tak memiliki postur yang menjulang untuk ukuran seorang pemain bertahan.

Namun, pemain berpaspor Argentina itu mampu membuktikan kualitas terbaiknya. Lisandro tampil solid di lini belakang Manchester United. Ia berhasil menggeser posisi bek Setan Merah lainnya, seperti Harry Maguire dan Victor Lindelof. Tercatat, Lisandro sudah mengoleksi 45 penampilan di semua kompetisi.

4. Casemiro

5 Rekrutan Perdana Erik ten Hag selama Membesut Manchester UnitedCasemiro (premierleague.com)

Manchester United berhasil mendaratkan Casemiro ke Old Trafford. Sang pemain bergabung usai mengakhiri petualangan indahnya bersama Real Madrid. Dalam kesepakatan transfer ini, Setan Merah harus merogoh kocek sebesar 71 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

Casemiro dengan cepat menjadi andalan di lini tengah Manchester United. Dengan pengalaman dan kualitas yang ia miliki, Casemiro membawa warna berbeda dalam permainan Setan Merah. Casemiro sendiri sudah bermain sebanyak 53 kali dengan koleksi 7 gol dan 7 assist pada musim debutnya bersama Manchester United.

5. Antony

5 Rekrutan Perdana Erik ten Hag selama Membesut Manchester UnitedAntony (twitter.com/antony00)

Sesudah Lisandro, Manchester United kembali merekrut pemain Ajax lainnya. Kali ini, giliran Antony yang direkrut oleh Setan Merah. Transfer pemain berpaspor Brasil itu mendapatkan sorotan karena harga tebusan selangit. Manchester United harus merogoh kocek hingga 95 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun untuk merekrutnya.

Dengan harga semahal itu, Antony dibebani tekanan besar demi membuktikan kualitasnya. Ia pun belum bisa menunjukkan hal itu sepenuhnya. Performanya di lini serang Manchester United kerap disorot. Sejauh ini, Antony baru mencatatkan 10 gol dan 5 assist dari 47 penampilan pada musim debutnya.

Manchester United menunjukkan kemajuan yang positif di bawah asuhan Erik ten Hag. Itu tak terlepas dari peran kelima pemain di atas. Pada bursa transfer musim panas 2023 ini, Erik ten Hag diharapkan lebih cermat untuk menambal beberapa sektor kebutuhan skuad. 

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Tersisihkan pada Era Erik ten Hag

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya