5 Rekrutan Perdana Julian Nagelsmann saat Melatih Bayern Munich

Ada yang sudah pindah ke klub lain

Karier kepelatihan Julian Nagelsmann di Bayern Munich terhenti pada akhir Maret 2023. Die Roten langsung menunjuk Thomas Tuchel usai memecat sang pelatih.

Selama 21 bulan menangani Bayern Munich, prestasi Nagelsmann sebenarnya tak begitu buruk. Ia tengah memimpin skuadnya menjadi pemuncak klasemen Bundesliga Jerman dan melenggang ke fase gugur Liga Champions Eropa 2022/2023.

Pada masa kepemimpinannya, beberapa pemain baru sukses direkrutnya ke Allianz Arena. Inilah lima rekrutan perdana Julian Nagelsmann selama melatih Bayern Munich.

1. Sven Ulreich

5 Rekrutan Perdana Julian Nagelsmann saat Melatih Bayern MunichSven Ulreich (instagram.com/svenulreichoffiziell)

Bayern Munich merekrut Sven Ulreich untuk yang kedua kalinya. Itu terjadi sesaat setelah Julian Nagelsmann ditunjuk sebagai pelatih anyar Die Roten.

Semuanya masih sama. Ulreich direkrut untuk menjadi cadangan Manuel Neuer di bawah mistar gawang.

Selama ditangani Nagelsmann, kiper berusia 34 tahun itu tak banyak diturunkan. Ulreich hanya turun dalam 16 pertandingan di semua kompetisi. Walaupun begitu, pengalamannya tentu masih dibutuhkan tim.

2. Omar Richards

5 Rekrutan Perdana Julian Nagelsmann saat Melatih Bayern MunichOmar Richards (instagram.com/omar.richards)

Kontraknya bersama Reading berakhir pada musim panas 2021. Situasi ini dipantau Bayern Munich. Die Roten di bawah kepelatihan Julian Nagelsmann segera membawa Richards ke Jerman. Ia dinilai punya potensi besar untuk bersinar.

Richards diproyeksikan untuk mengisi sisi kiri pertahanan Bayern Munich. Namun, karena masih muda dan harus bersaing dengan Alphonso Davies, Richards hanya jadi pelapis.

Kiprahnya hanya bertahan semusim. Ia kini sudah pindah ke Nottingham Forest.

Baca Juga: 5 Calon Klub Baru Julian Nagelsmann setelah Dipecat Bayern Munich

3. Marcel Sabitzer

5 Rekrutan Perdana Julian Nagelsmann saat Melatih Bayern MunichMarcel Sabitzer (premierleague.com)

Julian Nagelsmann membawa salah satu anak asuhnya di RB Leipzig, Marcel Sabitzer, ke Bayern Munich. Proses kepindahan ini tuntas pada musim panas 2021. Sabitzer ditebus dengan biaya 15 juta euro atau sekitar Rp 245 miliar.

Walaupun pernah bekerja sama, Sabitzer justru tak mendapatkan menit bermain yang cukup. Ia gagal bersaing dengan Leon Goretzka dan Joshua Kimmich yang jadi pilihan utama. Sabitzer bahkan dipinjamkan ke Manchester United pada musim dingin 2023.

4. Noussair Mazraoui

5 Rekrutan Perdana Julian Nagelsmann saat Melatih Bayern MunichNoussair Mazraoui (instagram.com/nousmaz97)

Bayern Munich memenangi perburuan bek kanan muda milik Ajax Amsterdam, Noussair Mazraoui. Ia merapat ke Allianz Arena setelah sempat diincar Barcelona. Die Roten beruntung sebab sang pemain datang dengan status bebas transfer.

Mazraoui memperkuat sisi kanan pertahanan Bayern Munich yang sudah diisi beberapa nama, seperti Benjamin Pavard dan Josep Stanisic. Namun, ia belum mampu tampil maksimal. Mazraoui baru bermain 20 kali karena berkutat dengan cedera.

5. Ryan Gravenberch

5 Rekrutan Perdana Julian Nagelsmann saat Melatih Bayern MunichRyan Gravenberch (instagram.com/ryanjiro_)

Sesudah Mazraoui, Die Roten memboyong pemain Ajax lainnya pada musim panas 2022. Dia adalah Ryan Gravenberch. Pemuda berusia 20 tahun itu ditebus dengan mahar 18,5 juta euro atau sekitar Rp302 miliar.

Hadirnya Gravenberch membuat lini tengah Bayern Munich makin solid. Ia punya potensi yang besar dan masih muda. Sayangnya, Gravenberch kesulitan mendapatkan tempat utama karena baru bermain sebanyak 27 kali.

Julian Nagelsmann tak memiliki perjalanan yang panjang selama melatih Bayern Munich. Meski begitu, ia masih punya daya tarik untuk menangani klub besar Eropa lainnya.

Baca Juga: Real Madrid Bidik Julian Nagelsmann Demi Gantikan Ancelotti

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya