5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Didatangkan dari Sesama Klub LaLiga

Tak semuanya mampu bersinar

Aktivitas transfer Barcelona mendapatkan stigma negatif dalam beberapa tahun belakangan. Kebiasaan La Blaugrana merekrut pemain berharga tinggi justru tak sejalan dengan pelepasan pemain yang hanya dibanderol murah. Hal tersebut berperan besar di balik krisis finansial yang sempat menerpa klub Catalan ini.

Dari sekian rekrutan transfer Barcelona, nama Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho menjadi yang paling disorot lantaran didatangkan dengan harga mahal. Selain keduanya, La Blaugrana ternyata juga aktif menggaet beberapa pemain dari sesama klub LaLiga lainnya. Berikut 5 rekrutan terakhir Barcelona yang didatangkan dari sesama klub LaLiga.

1. Clement Lenglet

5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Didatangkan dari Sesama Klub LaLigaClement Lenglet (twitter.com/FCBarcelonaFl)

Rezim kepelatihan Ernesto Valverde di Barcelona kerap mendatangkan pemain dengan harga fantastis. Salah satu rekrutan mahal di bawah kepelatihannya adalah Clement Lenglet, bek berpaspor Prancis yang diboyong dari Sevilla. Lenglet ditebus dengan banderol 36 juta euro atau sekitar Rp618 miliar di musim panas 2018 lalu.

Pada awalnya, Lenglet hanya diproyeksikan sebagai kompetitor Samuel Umtiti di jantung pertahanan. Situasi tersebut justru berubah drastis udai Umtiti harus menepi lama akibat diterpa cedera. Lenglet memanfaatkan kesempatan emas tersebut dan sukses tampil reguler meski acap kali membuat blunder di sejumlah laga.

2. Junior Firpo

5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Didatangkan dari Sesama Klub LaLigaJunior Firpo (twitter.com/BarcaUniversal)

Kondisi Jordi Alba yang makin tergerus usia membuat Barcelona harus mencari pelapis sepadan untuknya. Usai melepas Lucas Digne, La Blaugrana membidik bek kiri baru, yaitu Junior Firpo. Barca lantas mendatangkannya di musim 2019/2020 dari Real Betis seharga 20 juta euro atau sekitar Rp343 miliar.

Penampilan superior Alba yang nyaris tak tersentuh mempengaruhi menit bermain Firpo. Ia jarang diturunkan dan lebih sering tampil sebagai pemain pengganti. Tercatat, Firpo hanya membuat 41 penampilan untuk Barca di semua ajang. Ia cuma bertahan selama 2 musim dan dilepas ke Leeds United di bursa transfer musim panas tahun ini.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Didatangkan dari Premier League

3. Neto

5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Didatangkan dari Sesama Klub LaLigaNeto (twitter.com/barcacentre)

Barcelona melakukan pertukaran kiper dengan Valencia di musim panas 2019. Jasper Cillessen yang hanya menjadi pelapis di Barca memilih hengkang ke klub berlogo kelelawar. Sebagai gantinya, Valencia menyerahkan Neto yang gantian berkostum La Blaugrana. Kehadiran kiper Brasil itu diharapkan bisa menyaingi Marc-Andre ter Stegen.

Akan tetapi, Neto tak mampu mematahkan dominasi ter Stegen sebagai kiper utama Barca. Pria berusia 32 tahun tersebut justru lebih akrab dengan bangku cadangan dengan baru mencatatkan 17 penampilan. Kini, Neto tengah dikaitkan ke beberapa klub top Eropa lantaran masa depannya yang belum jelas bersama klub Catalan.

4. Antoine Griezmann

5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Didatangkan dari Sesama Klub LaLigaAntoine Griezmann (twitter.com/FCBarcelonaFl)

Saga transfer Antoine Griezmann akhirnya terwujud di bursa transfer musim panas tahun 2019 lalu. Setelah melewati proses negosiasi yang cukup rumit, Barcelona sukses mendaratkannya ke Camp Nou dengan biaya 120 juta euro atau sekitar Rp2 triliun. Nominal itu membuat Griezmann masuk jajaran rekrutan termahal La Blaugrana.

Performanya selama membela Barca sempat mendapatkan keraguan. Maklum, musim debut Griezmann tak berjalan mulus lantaran tak punya chemistry yang bagus dengan rekan setimnya macam Luis Suarez dan Lionel Messi. Akan tetapi, performanya mulai terlihat di musim lalu dengan menjadi top skor kedua Barca di semua kompetisi.

5. Emerson Royal

5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Didatangkan dari Sesama Klub LaLigaEmerson Royal (fcbarcelona.com)

Geliat Barcelona di bursa transfer musim panas tahun ini terbilang cukup sibuk dengan mendatangkan sejumlah pemain anyar. Salah satu nama yang diboyong Barca ke Camp Nou itu adalah Emerson Royal. Ia dibawa pulang La Blaugrana usai menjalani 3 musim yang gemilang bersama Real Betis.

Dalam usahanya mendatangkan Emerson, Barcelona hanya mengeluarkan kocek sebesar 9 juta euro atau sekitar Rp154 miliar. Kedatangan pemain berpaspor Brasil tersebut bakal menambah stok bek kanan Barcelona. Emerson akan bersaing mendapatkan tempat utama dengan pemain Barca lain, seperti Sergino Dest dan Sergi Roberto.

 

Sebagian besar dari rekrutan Barcelona di atas masih bertahan dengan klub Catalan itu hingga sekarang. Hanya Junior Firpo yang sudah memutuskan untuk angkat kaki dan bergabung ke klub lain.

Baca Juga: Tampil Sangat Baik di Real Betis, Barcelona Resmi Dapatkan Emerson

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya