5 Striker Muda Nigeria yang Membela Klub Top Eropa, Generasi Emas!

Victor Osimhen salah satunya

Di dunia sepak bola, Nigeria merupakan salah satu penguasa di Afrika. Kecuali di Piala Dunia 2022, Nigeria rutin bermain di hajatan akbar 4 tahunan tersebut. Nigeria mampu melakukannya karena punya sumber daya yang mendukung, termasuk pemain jempolan.

Dari waktu ke waktu, selalu ada nama potensial dari negara ini. Kini, beberapa pemain muda Nigeria tengah menjajal kompetisi top Eropa. Mereka bahkan menjadi andalan klubnya masing-masing, khususnya kelima striker muda berikut ini.

1. Emmanuel Dennis

5 Striker Muda Nigeria yang Membela Klub Top Eropa, Generasi Emas!Emmanuel Dennis (twitter.com/NFFC)

Nottingham Forest belanja besar-besaran dalam mempersiapkan diri usai promosi ke English Premier League (EPL). Banyak pemain anyar yang diboyong, salah satunya Emmanuel Dennis. Ia direkrut dari klub Championship, Watford.

Dennis menambah variasi di lini serang The Tricky Trees. Pengalamannya yang pernah bermain di Premier League diharapkan bisa membawa pengaruh positif. Sayangnya, Dennis masih kesulitan sebab baru mencetak 1 gol dan 2 assist dari 21 penampilan pada 2022/2023.

2. Samuel Chukwueze

5 Striker Muda Nigeria yang Membela Klub Top Eropa, Generasi Emas!Samuel Chukwueze (twitter.com/chukwueze_8)

Samuel Chukwueze mampu menjadi andalan lini depan Villarreal. Pada usianya yang masih 23 tahun, posisinya sulit tergantikan. Peran sang pemain di sisi sayap juga sangat vital. Ia menambah agresivitas permainan The Yellow Submarine.

Sejak menembus skuad utama pada November 2018, Chukwueze tampil konsisten. Ia sudah dipercaya untuk bermain dalam 192 pertandingan di semua ajang. Dari laga tersebut, Chukwueze mampu mengemas 34 gol dan 31 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Nigeria yang Mentas di Premier League Musim 2022/2023

3. Taiwo Awoniyi

5 Striker Muda Nigeria yang Membela Klub Top Eropa, Generasi Emas!Taiwo Awoniyi (premierleague.com)

Selain Dennis, Nottingham Forest juga memiliki penyerang muda Nigeria lain pada 2022/2023. Dia adalah Taiwo Awoniyi, rekrutanyang didatangkan dari Union Berlin. Ia datang dengan kepercayaan diri yang tinggi.

Awoniyi punya pengalaman di Premier League sebab pernah membela Liverpool. Itu menjadi modal bagus baginya. Bersama Nottingham Forest, Awoniyi telah tampil sebanyak 19 kali dengan koleksi 5 gol di semua kompetisi.

4. Ademola Lookman

5 Striker Muda Nigeria yang Membela Klub Top Eropa, Generasi Emas!Ademola Lookman (twitter.com/Alookman_)

Secara usia, Ademola Lookman tengah menuju puncak. Dirinya juga sudah berpengalaman membela beberapa klub besar. Lookman pernah singgah ke RB Leipzig, Leicester City, Everton, dan Fulham.

Pada musim panas 2022, Lookman memulai karier baru. Ia pindah ke Atalanta. Keputusannya itu jitu sebab Lookman tampil ganas sebagai mesin gol. Ia sudah mencetak 14 gol dan 5 assist dari 27 penampilan bersama La Dea.

5. Victor Osimhen

5 Striker Muda Nigeria yang Membela Klub Top Eropa, Generasi Emas!Victor Osimhen (twitter.com/victorosimhen9)

Performa Napoli menggila hingga pertengahan 2022/2023. Partenopei betah di puncak klasemen Serie A Italia. Mereka berpeluang besar meraih scudetto.

Itu tak terlepas dari performa impresif para pemainnya, termasuk Victor Osimhen. Ia mulai menunjukkan kapasitasnya di lini depan Partenopei.

Sempat dicap sebagai rekrutan mahal yang gagal, Osimhen sukses mematahkan keraguan. Ia menjadi juru gedor utama Napoli yang mampu mencetak 21 gol dan 5 assist dari 27 penampilan musim ini.

Kelima pemain di atas membawa harapan besar untuk masa depan sepak bola Nigeria. Mereka dinilai potensial dan mampu mengangkat performa negaranya yang sempat terpuruk akhir-akhir ini.

Baca Juga: Kisah Pele Menyamar Jadi Pilot, Demi Kabur dari Nigeria!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya