Terdegradasi dari EPL, 5 Pemain Ini Gabung dengan Klub Top Eropa

Termasuk Aaron Ramsdale!

Terdegradasi dari kasta tertinggi suatu liga bukanlah capaian yang bagus. Setidaknya, hal tersebut menunjukkan bahwa performa tim yang mengalaminya tengah kacau dan tak sebaik tim-tim lain. Terlebih tim tersebut juga berpotensi ditinggal para pemain andalannya.

Berkaca pada beberapa musim terakhir, banyak pemain top yang sejatinya membela klub medioker, khususnya di Premier League. Sayangnya, karena timnya harus terdegradasi, para pemain itu memilih pindah ke klub besar Eropa. Lantas, siapa sajakah pemain yang dimaksud itu?

1. Nathan Ake

Terdegradasi dari EPL, 5 Pemain Ini Gabung dengan Klub Top EropaNathan Ake (twitter.com/ManCity)

Meski gagal menyelamatkan Bournemouth dari lubang jarum, penampilan Nathan Ake tetap menarik minat beberapa klub top Eropa. Selepas timnya terdegradasi, Ake langsung direkrut Manchester City pada musim panas 2020. Biaya 45 juta euro atau setara Rp703 miliar dikeluarkan demi mendapatkan pria Belanda itu.

Pindah ke Manchester City merupakan peningkatan karier yang pesat. Namun, sejauh ini, Ake belum mendapatkan kesempatan bermain secara reguler.

Bersaing dengan bek-bek tangguh lainnya, ia baru tampil 40 kali di semua ajang. Meski begitu, Ake telah sukses merengkuh berbagai gelar bergengsi seperti juara Premier League.

2. Andre Zambo Anguissa

Terdegradasi dari EPL, 5 Pemain Ini Gabung dengan Klub Top EropaAndre Zambo Anguissa (twitter.com/IFTVofficial)

Fulham menelan pil pahit lantaran terdegradasi ke Championship pada akhir musim 2020/2021. Tak hanya itu, The Cottagers juga kehilangan beberapa pilar andalannya yang merapat ke klub lain, termasuk Andre Zambo Anguissa. Gelandang berusia 26 tahun itu langsung hijrah ke Napoli dengan status pinjaman.

Bermain di bawah asuhan Luciano Spalletti, Anguissa sukses mengamankan satu tempat di lini tengah Partenopei. Ia dipercaya tampil 30 kali di semua kompetisi.

Tak heran apabila Napoli kepincut untuk mempermanenkannya. Anguissa lantas ditebus dengan banderol 15 juta euro atau sekitar Rp234 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain yang Layak Diambil dari Tim Degradasi Premier League

3. Eric Maxim Choupo-Moting

Terdegradasi dari EPL, 5 Pemain Ini Gabung dengan Klub Top EropaEric Maxim Choupo-Moting (instagram.com/mr.choupo)

Di saat Stoke City terpuruk di Premier League 2017/2018, keberuntungan justru menaungi salah satu pemainnya, Eric Maxim Choupo-Moting. Meski terdegradasi, ia berhasil didatangkan salah satu klub top Eropa, Paris Saint-Germain. Pemain berpaspor Kamerun itu diboyong secara gratis alias tanpa biaya.

Choupo-Moting sejatinya tak banyak tampil lantaran hanya jadi pelapis. Namun, dari segi prestasi, koleksi gelarnya meningkat bersama Les Parisiens. Usai menghabiskan dua musim di Prancis, Choupo-Moting meneruskan petualangannya ke Bayern Munchen pada musim panas 2020 lalu.

4. Pervis Estupinan

Terdegradasi dari EPL, 5 Pemain Ini Gabung dengan Klub Top EropaPervis Estupinan (instagram.com/pervisestupinan_oficial)

Usai timnya, Watford, dipastikan terdegradasi ke Championship, Pervis Estupinan tak butuh waktu lama untuk mendapatkan klub baru. Ia merapat ke Villarreal pada 2020 lalu. Dalam proses kepindahannya itu, Estupinan yang beroperasi sebagai bek kiri ini direkrut dengan mahar 16 juta euro atau sekitar Rp250 miliar.

Hasilnya pun terbukti. Meski datang dari tim degradasi, Estupinan sukses menunjukkan kualitasnya bersama The Yellow Submarine. Ia dengan cepat mengambil pos bek kiri utama Villarreal hingga sekarang. Tercatat, Estupinan sudah mengoleksi 74 penampilan dengan torehan 4 assists di semua ajang.

5. Aaron Ramsdale

Terdegradasi dari EPL, 5 Pemain Ini Gabung dengan Klub Top EropaAaron Ramsdale (twitter.com/Arsenal)

Aaron Ramsdale pernah memiliki catatan buruk usai terdegradasi bersama dua klub berbeda di Premier League. Namun, momen pahit itu akhirnya terhenti setelah Ramsdale hengkang ke Arsenal.

Dibeli dari Sheffield United pada musim panas 2021, Ramsdale dibanderol dengan biaya 28 juta euro atau sekitar Rp437 miliar. Kiper berusia 24 tahun itu sukses unjuk gigi bersama The Gunners.

Bagaimana tidak, Ramsdale menggusur posisi Bernd Leno sebagai kiper utama. Ia nyaris dipercaya tampil di semua laga yang dijalani oleh Arsenal. Secara keseluruhan, Ramsdale sudah tampil 38 kali dengan koleksi 15 clean sheets.

 

Kelima pemain di atas mengalami peningkatan karier usai pindah ke klub besar Eropa. Akankah ada pemain-pemain lain yang mengikuti jejak mereka pada musim panas 2022 kali ini.

Baca Juga: 5 Klub Juara Championship Ini Langsung Degradasi pada Musim Berikutnya

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya