Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Serie A

Bagaimana kiprahnya di Negeri Pizza?

Arsenal telah memiliki reputasi besar sebagai salah satu klub top di Inggris. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri yang memungkinkan banyak pemain untuk berkarier di klub London Utara tersebut. Para pemain datang silih berganti pada tiap musimnya.

Kebanyakan penggawa The Gunners melanjutkan kariernya ke klub lain. Hal ini terlihat pada aktivitas transfer Arsenal dalam beberapa musim terakhir. Setidaknya, ada sejumlah pemain top yang hengkang ke liga lain, termasuk Serie A. Siapa saja?

1. Gervinho

Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Serie AGervinho (twitter.com/Squawka)

Usai menghabiskan dua musim bersama Arsenal, Gervinho memilih hengkang ke Italia. Ia merapat ke AS Roma pada musim panas 2013 lalu. Keputusan itu ternyata berbuah manis. Pasalnya, Gervinho mampu bersinar dan tampil moncer di lini depan Il Giallorossi.

Pemain berpaspor Pantai Gading itu sukses membukukan 26 gol dan 20 assist dari 88 penampilan. Kiprah Gervinho bersama AS Roma terjalin hingga awal 2016 lalu. Selanjutnya, ia bertualang ke China dengan membela Hebei China Fortune.

2. Wojciech Szczesny

Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Serie AWojciech Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Masa depan Wojciech Szczesny di Arsenal terancam akibat kedatangan nama-nama baru. Benar saja, ia dipastikan tersingkir dari skuad The Gunners pada musim panas 2015. Szczesny dipinjamkan ke Juventus selama dua musim berturut-turut.

Kepindahannya ke klub asal Turin itu merupakan pilihan yang tepat. Szczesny mendapatkan menit bermain yang cukup, bahkan menggusur dominasi Gianluigi Buffon. Jasanya telah dipermanenkan dan terus menjadi kiper andalan Si Nyonya Tua hingga sekarang.

Baca Juga: Disia-siakan, 5 Pemain Muda Arsenal Ini Bersinar di Klub Lain

3. Aaron Ramsey

Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Serie AAaron Ramsey (twitter.com/brfootball)

Aaron Ramsey meninggalkan Arsenal pada 2019 lalu. Ia sepakat untuk tak memperpanjang kontraknya bersama The Gunners. Padahal, Ramsey sudah membela Arsenal selama sedekade. Ia memutuskan untuk pindah demi mencari tantangan batu.

Ramsey langsung merapat ke Juventus dengan status free agent. Sayangnya, ia cukup kesulitan untuk tampil reguler. Gemuknya lini tengah Juventus memaksanya baru tampil 69 kali sejauh ini. Ramsey bahkan sempat dipinjamkan ke Rangers pada awal 2022 lalu.

4. David Ospina

Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Serie ADavid Ospina (instagram.com/d_ospina1)

Kiprah David Ospina bersama Arsenal berakhir pada 2018 lalu. Posisinya tergusur akibat kedatangan Bernd Leno. Ospina tak lagi menjadi pilihan utama The Gunners di bawah mistar gawang. Tak mau jadi pelapis, dirinya hijrah ke Napoli dengan status pinjaman.

Pindah ke Italia membuka lembaran baru bagi kiper 33 tahun itu. Ospina sukses mendapatkan tempat sebagai kiper utama Partenopei. Ia bahkan dipermanenkan dengan catatan 103 penampilan. Pada musim panas 2022, Ospina hijrah ke klub Arab Saudi, Al-Nassr FC.

5. Henrikh Mkhitaryan

Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Serie AHenrikh Mkhitaryan (twitter.com/HenrikhMkh)

Henrikh Mkhitaryan tak menjalani petualangan yang mulus bersama Arsenal. Terlebih dirinya juga tak masuk skema Mikel Arteta. Hal itu seolah membuka pintu keluar baginya dari Emirates Stadium. Mkhitaryan akhirnya pindah ke AS Roma pada 2019 lalu.

Bersama Il Giallorossi, karier Mkhitaryan kembali membaik. Ia tampil impresif dengan koleksi 29 gol dan 28 assists dari 117 penampilan. Usai mengantarkan timnya meraih gelar UEFA Conference League, Mkhitaryan hengkang ke Inter Milan pada musim panas 2022 ini.

 

Uniknya, kebanyakan dari para pemain di atas hengkang dari Arsenal dengan status pinjaman. Sedangkan pemain lain memilih pindah dari London lantaran beragam alasan, seperti ingin mencoba tantangan baru.

Baca Juga: Tampil Apik, 5 Pemain Muda Ini Dibeli dengan Harga Mahal oleh Arsenal

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya