TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Piala Asia 2019: Arab Saudi Libas Korea Utara Tanpa Ampun

Awal sempurna bagi perjuangan The Green Falcons

Ahmed Ramzan/Gulf News

Sempat diperkirakan berjalan alot, ternyata Arab Saudi berhasil memetik tiga angka dengan mudah. Berjumpa Korea Utara di Stadion Maktoum bin Rashid Al Maktoum Dubai pada Selasa (8/1/2019) malam waktu setempat sebagai partai pembuka Grup F, mereka berhasil menang dengan skor telak empat gol tanpa balas.

The Green Falcons langsung menggebrak di menit ke-29. Usai menerima umpan dari sang kolega di lini tengah yakni Abdulaziz Al-Bishi, Hattan Bahebri langsung melepas tembakan dari sisi kiri kotak penalti alih-alih kembali mengoper. Tak sia-sia, bola langsung meluncur jauh ke tiang jauh gawang Korut, tinggalkan kiper Ri Myong-guk yang berdiri terpana.

Baca Juga: Piala Asia 2019: Irak Tundukkan Vietnam dengan Susah Payah

1. Salem Al-Dawsari, kapten tim Arab Saudi, turut menyumbang angka

FOX Sports Asia

Arab Saudi gandakan keunggulan sembilan menit berselang diawali dari tendangan bebas Housein Al-Mogahwi yang meluncur deras ke jantung pertahanan Korut. Di tengah kepungan, kaki kanan bek Mohammed Al-Fatil sedikit menyentuh bola yang masih melayang. Alhasil arahnya pun berbelok, mengejutkan empat bek berseragam merah di bibir gawang. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Tim asuhan Juan Antonio Pizzi tersebut kian menggila selepas turun minum. Saat umur pertandingan menginjak menit ke-70, giliran kapten tim Salem Al-Dawsari yang catatkan nama di papan skor. Sepakan kerasnya di kotak penalti Korut usai menerima asis (lagi-lagi) dari Al-Bishi gagal dipotong oleh palang pintu Kim Song-gi yang sebenarnya sudah berdiri di jalur bola.

2. Palang pintu senior Korea Utara, Kim Song-gi (4), jadi titik lemah di sektor belakang

AFP/New Straits Times

Kim Song-gi tampaknya jadi titik lemah di lini belakang. Bek yang merumput di Divisi 3 Jepang tersebut kembali lakukan kesalahan pada menit ke-87. Dirinya gagal memotong umpan Hamdan Al-Shamrani. Bola yang luput tiba di kaki sang ujung tombak Fahad Al-Muwallad. Peluang tak disia-siakan meski sudah ditempel ketat oleh Ri Chang-ho yang masuh sebagai pemain pengganti.

Saat peluit panjang ditiup Peter Green (Australia), angka 4-0 terpampang jelas di papan skor. Tiga poin membawa Arab Saudi duduki puncak klasemen sementara Grup E sembari menunggu hasil laga Qatar kontra Lebanon pada Rabu (9/1/2018) malam.

Menilik statistik, Chollima bahkan tak banyak berkutik. Mereka kalah dari segi persentase penguasaan aliran bola (26% - 74%) hingga jumlah peluang sepanjang waktu normal (7 berbanding 16). Derita makin lengkap akibat kartu merah penyerang muda Han Kwang-son di penghujung babak pertama.

Baca Juga: 3 Tim Asia Tenggara Tak Berdaya di Laga Pertama Piala Asia 2019

Verified Writer

Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya