TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Meksiko, Raja CONCACAF yang Rutin Ikut Piala Dunia

Meksiko hanya absen di lima edisi

potret Timnas Meksiko (twitter.com/miseleccionmxEN)

Jakarta, IDN Times - Meksiko akan menjalani Piala Dunia ke-17 pada edisi 2022 di Qatar. Ya, penampilan yang begitu sering, karena Meksiko memang menjadi salah satu langganan dalam pesta sepak bola terbesar dunia itu.

El Tri lolos ke putaran final usai menjadi runner-up pada Kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF 2021/22. Dari 14 laga, Meksiko berhasil menang delapan kali dan empat kali imbang. Mereka berada di Grup C bersama Argentina, Arab Saudi, dan Polandia.

Baca Juga: Profil Amerika Serikat, Pernah Nyaris Juara di Piala Dunia Pertama

1. Sering lolos dari fase grup

Timnas Negara Meksiko (thesun.co.uk)

Sebagai langganan, Meksiko tak bisa dianggap enteng. Mereka selalu lolos dari fase grup dalam tujuh edisi Piala Dunia terakhir.

Bahkan, pada 2018 lalu, Meksiko sempat bikin kejutan dengan mengalahkan Jerman di fase grup lewat gol tunggal Hirving Lozano. Sayangnya, pemenang Piala Emas CONCACAF 11 kali ini selalu terhenti di fase gugur, seperti saat menghadapi Brasil pada 2018, Belanda di 2014, dan Argentina dalam edisi 2010 lalu.

2. Dua kali lolos ke perempat final

https://bleacherreport.com

Langkah terjauh Meksiko di Piala Dunia adalah mencapai perempat final. Total, mereka menginjakkan kakinya di delapan besar sebanyak dua kali.

Uniknya, pencapaian mereka itu dilakukan saat mereka menjadi tuan rumah. Meksiko dua kali menjadi tuan rumah pada edisi 1970 dan 1986.

Baca Juga: Profil Wales, Melepas Kerinduan Panjang dari Piala Dunia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya