Profil Amerika Serikat, Pernah Nyaris Juara di Piala Dunia Pertama

Jadi semifinalis di Piala Dunia 1930

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat menjadi salah satu kontestan Piala Dunia 2022, Qatar. Mereka lolos setelah finis fi peringkat tiga kualifikasi CONCACAF, dengan koleksi 25 poin, hasil dari tujuh kemenangan, empat hasil imbang, dan tiga kekalahan.

Sebenarnya, Amerika bukan tim yang baru di Piala Dunia. Negeri Paman Sam sudah 10 kali tampil di pesta sepak bola terbesar dunia tersebut. Dengan perjalanan yang panjang itu, Amerika juga sempat mencetak prestasi tertinggi di Piala Dunia.

Baca Juga: Kenapa Piala Dunia 2022 di Qatar Digelar Akhir Tahun?

1. Pernah lolos sampai semifinal

Profil Amerika Serikat, Pernah Nyaris Juara di Piala Dunia PertamaTimnas Amerika Serikat untuk Piala Dunia 1930. (ussoccer.com)

Amerika sebenarnya punya catatan bagus di Piala Dunia. Mereka sempat menembus semifinal di Piala Dunia edisi 1930, alias yang pertama.

Berlaga di Uruguay, Amerika menempati Grup 4. Mereka menjadi pemuncak klasemen Grup 4 dan langsung menembus semifinal. Sial, Amerika kala itu kalah dari Argentina dengan skor telak, 1-6, dan harus menempati peringkat tiga.

2. Momentum juara Piala Emas 2021

Profil Amerika Serikat, Pernah Nyaris Juara di Piala Dunia PertamaTimnas Amerika Serikat menjuarai Piala Emas CONCACAF 2021. (thebentmusket.com)

Amerika menatap Piala Dunia dengan penuh kepercayaan diri usai menjuarai Piala Emas CONCACAF 2021. Sepanjang turnamen, mereka sama sekali tidak menelan kekalahan mulai dari fase grup hingga final.

Di Grup B, Amerika berhasil menaklukkan ketiga lawannya, Kanada, Haiti, dan Martinik. Pada fase gugur, mereka mengalahkan Jamaika, Qatar, dan Meksiko. Berada di Grup B bersama Inggris, Iran, dan Wales, Amerika Serikat bisa dikatakan masih punya peluang untuk lolos ke fase gugur.

3. Andalkan trio Eropa

Profil Amerika Serikat, Pernah Nyaris Juara di Piala Dunia PertamaChristian Pulisic. (instagram.com/cmpulisic/)

Serupa dengan Iran, Amerika juga memiliki tiga pemain andalan yang merumput di Eropa dengan dua di antaranya berseragam tim Premier League. Ketiga pemain itu adalah Christian Pulisic (Chelsea), Antonee Robinson (Fulham), dan Ricardo Pepi (Groningen.

Selama kualifikasi CONCACAF kemarin, kontribusi ketiga pemain ini terhadap tim sangat besar. Pulisic memiliki catatan lima gol, Robinson dengan dua gol dan tiga assist, serta Pepi dengan tiga gol dilengkapi tiga assist. Menariknya, mereka berada di posisi berbeda. Pulisic biasa main sebagai winger, Robinson bek kiri, dan Pepi striker.

Menarik dinanti bagaimana kiprah The Yanks di Piala Dunia 2022. Berada di Grup B bersama Inggris, Iran, dan Wales, mampukah Amerika berbicara banyak?

Baca Juga: Inggris, Raksasa yang Juara Dunia Setengah Abad Lalu

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya