TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Timnas Iran, Raja Asia yang Ikut Piala Dunia Tiga Kali Beruntun

Belum pernah lolos fase grup

Timnas Iran (twitter.com/IRANinSWEDEN)

Jakarta, IDN Times - Timnas Iran telah resmi akan mentas di Piala Dunia 2022 di Qatar mulai November mendatang. Mereka dipastikan lolos usai memuncaki Grup A Kualifikasi AFC Putaran Ketiga dengan total Raihan 25 poin dari delapan kemenangan, satu kali hasil imbang, dan satu kekalahan.

Pada ajang empat tahunan tersebut, tim asuhan Carlos Queiroz tercatat baru lima kali tampil yaitu pada edisi 1978, 1998, 2006, 2014, dan 2018. Mereka pun sama sekali belum pernah lolos dari babak fase grup.

Baca Juga: Demi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Afrika 2023 Digeser

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Sepak Bola Iran yang Berlatar Belakang Minoritas 

1. Andalkan trio Eropa

Alireza Jahanbakhsh. (instagram.com/teammellifootball)

Selama mengarungi babak kualifikasi putaran ketiga, timnas Iran sangat bertumpu pada tiga pemain depan mereka yang berkiprah di Eropa, Alireza Jahanbakhsh, Mehdi Taremi, dan Sardar Azmoun. Jahanbakhsh bermain untuk Feyenoord, Taremi bermain untuk FC Porto, dan Azmoun bermain untuk Bayer Leverkusen.

Ketiganya sangat produktif bersama timnas Iran. Jahanbakhsh dan Taremi masing-masing mengemas empat gol sedangkan Azmoun mengoleksi tiga gol.

2. Dominasi Asia

twitter.com/ajplus

Timnas Iran merupakan salah satu tim kuat di Asia. Mereka sudah tiga kali menjuarai Piala Asia dan lima kali jadi juara ketiga kompetisi tersebut.

Meski begitu, mereka sudah lama mendapatkan tiga medali emas tersebut.  Terakhir, mereka memenangkannya pada edisi 1976. Sedangkan medali perunggu mereka dapatkan terakhir kali pada 2004.

Baca Juga: 5 Pemain Iran dengan Caps Terbanyak bersama Timnas, Ada Pencetak Rekor

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya