5 Pemain Iran dengan Caps Terbanyak bersama Timnas, Ada Pencetak Rekor

Sebagian besar pernah bermain di Eropa

Iran adalah salah satu negara Asia terkuat di dunia sepak bola. Timnas Iran pernah 3 kali menjuarai Piala Asia dan 6 kali lolos ke Piala Dunia. Iran juga kerap menghasilkan pemain yang cukup berkualitas untuk bermain di liga-liga top Eropa, bahkan membela klub besar.

Banyak pemain Iran yang pernah bermain di Eropa akhirnya juga jadi andalan di timnas. Inilah lima pemain Iran dengan penampilan terbanyak bersama timnas. Salah satunya berhasil menciptakan rekor hebat, lho.

1. Javad Nekounam (151 caps)

5 Pemain Iran dengan Caps Terbanyak bersama Timnas, Ada Pencetak RekorJavad Nekounam berseragam Osasuna (instagram.com/javadnekounam)

Pemain dengan caps terbanyak sepanjang masa Timnas Iran adalah Javad Nekounam. Nekounam merupakan mantan gelandang yang pernah bermain di LaLiga Spanyol selama 6 tahun bersama Osasuna. Nekounam bahkan cukup diandalkan Osasuna dengan total 149 penampilan dan 24 gol di LaLiga.

Bersama timnas, Nekounam bermain pada periode 2000–2015 dengan torehan 151 caps dan 39 gol. Nekounam pernah bermain di dua edisi Piala Dunia, sementara prestasi terbaiknya di Piala Asia adalah juara ketiga edisi 2004. Nekounam pensiun pada 2016 dan kini melanjutkan karier sebagai pelatih.

2. Ali Daei (149 caps)

5 Pemain Iran dengan Caps Terbanyak bersama Timnas, Ada Pencetak RekorAli Daei berseragam Bayern Munich (instagram.com/alidaei)

Berikutnya ada Ali Daei, striker legendaris Iran yang pernah membela tiga klub Jerman, termasuk Bayern Munich. Daei adalah top skor sepanjang masa Timnas Iran. Ia mencetak 109 gol dalam 149 caps selama membela timnas pada periode 1993–2006.

Torehan 109 gol Ali Daei bersama timnas adalah rekor tersendiri. Ia menjadi pemain pertama di dunia yang berhasil mencapai 100 gol di level internasional. Jumlah itu juga sempat membuat Daei merajai daftar gol internasional terbanyak sebelum disalip Cristiano Ronaldo pada 2021.

Baca Juga: Rekor Golnya Disalip Ronaldo, 10 Fakta Ali Daei yang Perlu Kamu Tahu

3. Ali Karimi (127 caps)

5 Pemain Iran dengan Caps Terbanyak bersama Timnas, Ada Pencetak RekorAli Karimi berseragam Bayern Munich (fcbayern.com)

Ali Karimi juga adalah mantan pemain Iran yang pernah membela Bayern Munich. Karimi bahkan turut memenangi trofi Bundesliga dan DFB-Pokal bersama Bayern pada 2005/2006. Selain itu, Karimi juga sempat membela Schalke 04 dan meraih trofi DFB-Pokal 2010/2011.

Bersama timnas, Karimi juga sangat diandalkan. Ia mencatat 127 caps dan menorehkan 38 gol bagi negaranya. Prestasi terbaik Karimi bersama timnas adalah menjadi top skor Piala Asia 2004 dengan 5 gol, sekaligus membawa Iran menyabet medali perunggu.

4. Ehsan Hajsafi (119 caps)

5 Pemain Iran dengan Caps Terbanyak bersama Timnas, Ada Pencetak RekorEhsan Hajsafi berseragam Timnas Iran (skysports.com)

Ehsan Hajsafi adalah pemain aktif dengan penampilan terbanyak di Timnas Iran saat ini. Hajsafi merupakan bek kiri berusia 32 tahun yang saat ini membela AEK Athens di Liga Super Yunani. Hajsafi sudah membela timnas sejak 2008 dan sejauh ini ia sudah tampil 119 kali dengan torehan 7 gol.

Bahkan, Hajsafi saat ini menjabat sebagai kapten Timnas Iran. Prestasi terbaiknya sejauh ini adalah mengantarkan Iran ke semifinal Piala Asia 2019. Hajsafi juga sudah meloloskan Iran ke Piala Dunia 2022 dan kemungkinan besar akan jadi andalan negaranya di Qatar nanti.

5. Jalal Hosseini (115 caps) 

5 Pemain Iran dengan Caps Terbanyak bersama Timnas, Ada Pencetak RekorJalal Hosseini berseragam Timnas Iran (instagram.com/seyedjalal)

Terakhir, ada Jalal Hosseini, mantan bek tengah yang baru saja pensiun sebagai pemain pada Juni 2022. Hosseini adalah satu-satunya pemain di daftar ini yang tak pernah bermain di Eropa. Ia menghabiskan sebagian besar kariernya di negaranya sendiri, paling lama membela Persepolis.

Semasa bermain, Hosseini sempat membela Timnas Iran pada 2007–2018 dan mencatat 115 caps. Sebagai bek, Hosseini juga cukup produktif dengan torehan 8 gol. Setelah pensiun, Hosseini alih profesi menjadi asisten pelatih di klubnya, Persepolis.

 

Lima nama di atas adalah para pemain penting dalam sejarah sepak bola Iran. Ali Daei bahkan telah mengukir namanya di kancah dunia berkat catatan golnya yang luar biasa. Apakah di masa depan Iran akan melahirkan pemain lain yang namanya bisa mendunia?

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Sepak Bola Iran yang Berlatar Belakang Minoritas 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya